Thursday, 8 June 2017

5 Bahaya dan Dampak Negatif Menaruh TV di Kamar Anak

Tags
5 Bahaya dan dampak negatif menaruh TV di kamar anak _ Salah satu kegiatan yang cukup disenangi oleh sebagian anak adalah menonton TV, beberapa tayangan yang biasanya disukai anak seperti film kartun, tayangan anak dan beberapa tontonan lainnya. Sehingga tak sedikit anak yang meminta kepada orangtuanya agar menaruh TV di kamarnya agar bisa menonton berbagai hal yang dia senangi.


Orangtua yang belum memahami tentang hal-hal kurang baik yang bisa muncul akibat menaruh TV di kamar anaknya, kemungkinan akan menuruti keinginan anaknya, apalagi jika mindset sebagian orangtua yang berpendapat, bahwa dengan banyak melakukan aktivitas menonton TV membuat  waktunya terlalu tersita untuk mengurus sang buah hati.

Namun perlu dipahami bahwa kegiatan menonton TV bagi anak apalagi dengan waktu yang lama disertai tidak adanya pendampingan orangtua bisa berbahaya bagi anak dan bisa memicu munculnya beberapa efek negatif yang kurang baik untuk anak. Berikut beberapa bahaya dan dampak negatif menaruh TV di kmar anak.
Bahaya dan dampak negatif menaruh TV di kamar anak

1. Bahaya obesitas bagi anak
Bahaya atau dampak negatif yang bisa muncul akibat membiarkan anak memiliki TV sendiri di dalam kamarnya adalah resiko anak yang bisa terkena obesitas. Penelitian yang pernah dilakukan di amerika serikat, menyebutkan bahwasanya anak yang memiliki TV dalam kamarnya, cukup rentang terkena penyakit obesitas, terlebih-lebih bagi anak perempuan.

Sehingga sangat dianjurkan agar jangan menaruh TV di kamar anak dan sebaiknya TV disimpan saja di ruang keluarga, agar bisa meminimalisir kemungkinan anak terkena obesitas karena pengaruh televisi (TV).

2. Tidak mendapat pengawasan dari orangtua
Selanjutnya bahaya dan dampak negatif ketika menaruh TV pribadi di kamar anak adalah orangtua tidak bisa mengontrol tayangan/tontonan yang disaksikan anak. Padahal saat ini ada banyak tononan/tayangan yang tidak sesuai untuk disaksikana anak.

Misalnya saya beberapa tontonan/tayangan televisi saat ini memiliki unsur dewasa, kekerasan, pxnxgrafi dan beberapa konten lainnya yang sangat berbahaya bagi proses pembentukan pola pikir anak-anak.

3. Bahaya radiasi televisi
Menonton TV dalam waktu wajar dan dalam jarak yang cukup jauh dari televisi mungkin memang tidak berbahaya, namun  jika menonton TV dalam waktu lama dan jarak antara yang menonton dengan televisi cukup dekat maka potensi terkena radiasi dari televisi bisa terjadi.

Radiasi televisi (TV) cukup berbahaya bagi kesehatan manusia, apalagi bagi anak-anak yangserta merta belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka potensi bisa terkena efek buruk dari radiasi televisi cukup besar.

4. Bisa membuat anak menjadi malas belajar
Memiliki anak yang berprestasi mungkin menjadi tujuan sebagian besar orangtua, namun jika anda memutuskan untuk menaruh TV di kamar anak anda, maka jangan heran jika prestasi dan semangat belajarnya mulai menurun.

Hal tersebut bisa jadi tak lepas dari kegemaran anak menonton TV sehingga lupa waktu untuk belajar, apalagi jika anak-anak telah kecanduan dengan berbagai tayangan TV favoritnya maka frekuensi belajar anak bisa saja semakin berkurang.

5. Membuat anak malas beraktivitas
Aktivitas yang cukup bagi anak-anak sangat menunjang dalam proses tumbuh kembang anak, namun apa jadinya jika di kamar anak terdapat televisi? Bisa jadi anak akan meghabiskan banyak waktu untuk menonton TV sehingga lupa untuk melakukan aktivitas bersama teman sejawatnya.

Setidaknya ada beberapah hal yang kurang baik yang bisa terjadi jika anak kebanyakan menghabiskan waktu menonton TV sendiri di kamarnya seperti, bahaya kesehatan, tidak cakap bersosialisasi dan menjadi pribadi yang malas.

Demikianlah 5 Bahaya dan dampak negatif menaruh TV di kamar anak yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebagai orangtua, untuk berpikir dua atau tiga kali sebelum menaruh TV di kamar anak anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon