Friday, 28 April 2017

6 Sifat yang Harus Dimiliki Oleh Penjual Agar Disukai Konsumen Atau Pembeli

Tags
Sifat-sifat yang Harus Dimiliki Oleh Penjual Agar Disukai Konsumen Atau Pembeli

6 Sifat yang Harus Dimiliki Oleh Penjual Agar Disukai Konsumen Atau Pembeli_ Menjalankan bisnis atau usaha yang bisa sukses selain memerlukan modal berupa uang juga membutuhkan modal berupa softskill agar bisa saling melengkapi sehingga usaha atau bisnis yang Anda jalankan bisa berkembang dan menjadi sukses.

Selain harus menguasai ilmu bisnis usaha yang dijalankan juga harus mengerti tantangan apa yang yang ada disekitar, seperti pesaing bisnis. Selain tantangan penjual juga harus bisa melihat peluang atau potensi yang ada disekitar, yang bisa meningkatkan statistik penjualan. Jika beberapa hal tersebut dimiliki oleh penjual maka peluang bisnis yang dijalankan akan semakin meningkat.

Namun hal urgen yang mesti dikuasai oleh penjual adalah bagaimana melayani pembeli atau konsumen dengan baik karena hal tersebut merupakan salah satu kunci meningkat atau tidaknya usaha yang dijalankan.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa pembeli adalah raja, ungkapan tersebut memang benar adanya. Karena sukses atau tidaknya usaha juga sangat dipengaruhi oleh imej seorang penjual di mata pembeli atau konsumen.

Maka dari itu seorang penjual mesti memahami bagaimana cara memperlakukan konsumen dengan baik. Karena jika seorang penjual memperlakukan pembeli dengan sangat baik dan hormat bisa jadi konsumen tersebut akan merasa nyaman berbelanja di toko Anda dan menjadi langganan tetap.

Hal positif lainnya adalah konsumen yang diperlukan dengan baik akan berbagi informasi dengan rekan sejawatnya tentang bagaimana pelayanan di toko Anda yang sangat memuaskan sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencoba berbelanja di toko Anda.

Sifat positif yang diperlihatkan oleh penjual ibaratkan virus yang menyebar dan menghasilkan sugesti positif dari satu orang ke orang lain sehingga ibaratkan magnet yang saling tarik menarik dan hasilnya akan semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli di toko Anda.

Namun lain halnya jika seorang penjual memperlihatkan sikap yang tidak bersahabat dalam melayani pembeli maka bisa dipastikan konsumen atau pembeli merasa enggan untuk mencoba berbelanja di toko tersebut.

Bagaimana memperlakukan pembeli atau konsumen dengan baik merupakan salah satu strategi marketing agar bisnis semakin maju dan berkembang.

Jadi sifat sifat saja yang mesti dimiliki oleh penjual agar bisa disukai oleh pembeli atau konsumen? Berikut:

Sifat-sifat yang Harus Dimiliki Oleh Penjual Agar Disukai Konsumen Atau Pembeli

1. Bersahabat
Agar bisa disukai oleh pembeli seorang penjual harus menampakkan sikap bersahabat terhadap pembeli misalkan ramah dan memperlihatkan gestur tubuh yang menampilkan aura bersahabat.
Kenapa hal tersebut mesti dilakukan? Hal tersebut bertujuan agar pembeli merasa nyaman berada di toko tersebut. Apalagi jika pembeli atau konsumen seorang wanita atau orang tua Maka harus dilayani dengan lemah lembut, karena beberapa orang tua dan wanita memiliki perasaan yang cukup sensitif.

2. Murah senyum
Senyuman adalah bahasa universal yang menggambarkan perasaan seseorang terhadap orang lain yang menawarkan persahabatan. Senyuman juga menjadi gambaran pribadi seseorang dalam melakukan hubungan dengan orang lain. Jadi sebagai penjual yang bijak semestinya memperbanyak senyum apalagi terhadap pembeli atau konsumen. Karena senyuman bisa memunculkan ikatan batin yang kuat jadi bisa jadi konsumen tersebut merasa toko Anda biasa biasa saja namun karena sikap Anda yang bersahabat dan murah senyum sehingga para pembeli atau konsumen selalu ingin berbelanja di toko Anda.

3. Tanggap
Hal lainnya yang mesti dimiliki oleh penjual adalah penjual harus tanggap dalam melayani pembeli, karena hal tersebut menjadi penilaian tersendiri konsumen yang berbelanja di toko Anda tentang bagaimana kinerja atau pelayanan yang ada di toko Anda. Hilangkan kebiasaan yang lelet dan acuh tak acuh terhadap pembeli karena hal tersebut sama saja Anda memperburuk citra toko Anda di mata pembeli atau konsumen.

4. Jujur
Sifat jujur adalah sifat yang sangat penting yang harus dimiliki oleh semua pelaku bisnis, Kejujuran seorang penjual akan sangat bernilai dalam usaha membangun usahanya hingga sukses. Jangan pernah berlaku tidak jujur kepada pembeli atau konsumen karena itu akan menjadi bumerang yang mengakibatkan bisnis atau usaha anda stagnan bahkan mengalami kebangkrutan. Jika suatu produk memang cacat atau mengalami kerusakan maka sebaiknya disampaikan kepada calon pembeli.

5. Komunikatif
Seorang penjual sebaiknya memiliki pribadi yang komunikatif atau mudah untuk diajak bercerita bahkan kalau bisa memiliki sisi homuris yang bisa mencairkan suasana, sehingga pembeli tidak merasa kaku atau canggung ketika sedang berbelanja di toko Anda.

6. Menguasai barang dagangan
Kunci utama agar penjual merasa puas berbelanja di toko Anda adalah bagaimana Anda memahami dan menguasai semua item dagangan anda. Karena tak jarang kita menemukan penjual yang justru tidak menguasai barang dagangan yang mereka jual. Sebagai penjual yang baik menguasai barang dagangan sangat penting karena sering kita menemukan pembeli yang bertanya tentang apa kelebihan atau kekurangan produk atau barang yang ingin mereka beli atau mereka bertanya tentang manfaat menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut dan ada banyak hal lain yang biasa ditanyakan oleh pembeli.

Demikianlah 6 Sifat yang Harus Dimiliki Oleh Penjual Agar Disukai Konsumen Atau Pembeli bisa Anda coba praktekkan agar bisnis yang Anda jalankan bisa sukses.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon