Friday, 28 April 2017

8 Hal yang menyebabkan seseorang tak kunjung memulai usaha

Tags
http://www.berpendidikan.id/2017/04/7-cara-melatih-anak-bersosialisasi-yang-efektif.html

8 Hal yang menyebabkan seseorang tak kunjung memulai usaha _ Untuk memulai banyak usaha ada banyak hal yang mesti dipersipakan oleh seseorang agar usaha yang direncanakan untuk dibangun bisa sukses dan berhasil. Tips sederhana yang banyak di gunakan sebelum memulai usah adalah dengan menerapkan metode swot (strenght, Weakness, Oportunity, Threat).


Namun dalam artikel ini kita tidak akan fokus membahas bagaimana tips dalam memulai dan menjalankan usaha bagaimana bisa sukses dan berhasil namun akan sedikit lebih fokus membahas hal-hal yang menyebabkan seseorang tak kunjung memulai usaha.

Seperti yang sering kita dengar, seseorang terkadang mengatakan “saya ingin membuat usaha ini, saya ingin membuat usaha itu, saya ingin merintis usaha demikian” Namun realitanya usaha yang sudah direncanakn tak kunjung dimulai. Dan hal tersebut sudah lain kita dengan dan lihat.

Lalu apa sih yang terkadang menjadi kendala seseorang tak kunjung memulai usaha, walaupun terkadang rencana dan berbagai tips telah mereka pelajari? Berikut ulasanya

8 Hal yang menyebabkan seseorang tak kunjung memulai usaha.

1. Niat yang kurang kuat dalam memulai usaha
Niat adalah titik awal dalam memulai usaha, terkadang sebagian orang ingin memulai usaha namun niat untuk serius dengan usaha yang telah dirancang kurat kuat alias tidak memiliki komitmen yang kuat alhasil, rencana untuk memulai usaha hanya sebatas rencana dan tak bisa benar-benar terealisasi.

Namun sebagian terkadang telah memulai usaha namun karena niat  tidak kuat akhirnya usaha yang telah dirintis hanya berjalan ditempat, bahkan pada akhirnya justru harus berhenti sebelum mencapai kesuksesan.

Jadi sebuah pelajaran bahwa jika ingin serius memulai usaha maka mulailah membangun komitmen pada diri anda sendiri, untuk benar-benar serius menggeluti usaha yang akan dirintis. Jika tidak memilikiniat kuat maka alngkah baiknya usaha tersebut dipending dulu, sebab segala sesuatu yang dimulai dengan keraguan biasanya akan membuat anda kecewa.

2. Sulit menemukan ide usaha
Memulai usaha butuh ide yang tepat tentang jenis usaha yang baiknya dimulai, untuk menemukan ide dalam memulai usaha sebenarnya tidak boleh hanya dipikir-pikir namun lebih baiknya dengan pergi jalan-jalan ke tempat-tempat usaha karena biasanya ide akan muncul ketika seseorang berada di lokasi usaha/pusat usaha.

Hal yang menjadi kendala utama ide usaha muncul adalah karena sebagain besar jenis usaha telah dilakukan oleh orang lain sehingga membuat persepsi calon pengusaha menganggap bahwa peluang untuk memulai usaha sangat kecil.

Oleh karena itu untuk menamukan ide, terkadang seseorang harus berpikir terbalik atau memikirkan sesuatu dengan cara berbeda dengan berpikir terbalik seseorang terkadang menemukan ide briliant, selain itu ide-ide besar kadang muncul karena niat untuk menolong dan memudahkan orang lain, alhasil ide yang didapat sangat briliant dan terkadang sukses besar.

3. Tidak tahu harus mulai dari mana
Niat sudah kuat ide sudah namun kendala berikutnya yang kadang muncul adalah tidak tahu harus mulai dari mana untuk memulai, dan setikdaknya ada banyak orang yang stagnan dalam memulai usaha karena terkendala pada tahap ini.

Untuk memulai dari mana memang terkadang membuat calon pengusaha bingung, hal tersebut tak lepas dari minimnya pengalaman tentang dunia usaha dan keadaan seperti ini kebanyakan dialami oleh pengusaha pemula.

Oleh karena itu alangkah baiknya sebelum memulai usaha tidak ada salahnya berguru dari orang yang berpengalaman atau kalau perlu terlebih dahulu mnejadi karyawan untuk mempelajari pola usaha dalam suatu perusahaan. Dengan memahami pola secara detail tentang langkah-langkah dalam memulai usaha maka untuk memulai merintis usaha tidak lagi menjadi sulit.

4. Tidak bekerjasama
Suatu pekerjaan jika dilakukan/dikerjakan bersama-sama akan lebih mudah pastinya maka hal tersebut juga berlaku dalam memulai suatu usaha, seperti yang kita ketahui beberapa orang sukses ternyata dalam memulai usaha tidak dilakukan secara perorangan namun melainkan dilakukan atau dirintis bersama sama rekan.

Dengan melakukan kerjasama dalam merintis suatu usaha memang memiliki beberapa sisi positif, misalnya saja, ada teman yang bisa diajak untuk bertukar pikiran, bisa saling menyemangati dan mengispirasi, berbagi suka dan duka.

Sehingga dalam rencana memula usaha tidak ada salahnya melakukan kerjasama dengan teman yang bisa dipercaya untuk merintis suatu usaha secara bersama-sama. Membuat aturan yang disepakati bersama dan membuat komitmen akan membuat usaha yang anda rintis setidaknya memiliki prospek yang lebih cerah.

5. Kurang modal
Modal bisa dikatakan sebagai salah satu kendala utama dalam memulai usaha, karena secara logis setiap usaha pasti membutuhkan modal awal ketika dirintis, namun jumlah bukan menjadi penentu sukses atau tidaknya suatu usaha.

Ada orang dengan modal yang minim namun berhasil mengemabngakan usahanya hingga sukses besar, namun sebaliknya ada orang yang memulai suatu usaha dengan modal yang cukup besar namun pada akhirnya modal habis tak berbekas namun tak berbanding lurus dengan kesuksesan yang berhasil diraih.

Sehingga bisa dipastikan bahwa manajemen/maintenance sangat menentukan suatu usaha, oleh karena itu sangat penting dalam membuat manajemen suatu usaha agar bisa berhasil dan sukses kedepannya.

6. Menunda-nunda
Selanjutnya kendala selanjutnya yang menyebabkan suatu usaha tak kunjung dimulai adalah calon pengusaha yang cenderung menunda-nunda rencana dalam membuat suatu usaha, alahasil rencana tinggal rencana yang tak kunjung direalisasikan.

Bukan hanya dalam hal memulai usaha, kebiasaan menunda-nunda hampir memberi dampak kurang baik pada berbagai bidang. Oleh karena itu hal pertama yang harus dipahami dari kebiasaan menunda-nunda waktu adalah waktu pada hakikatnya tidak akan berulang kembali, jadi alngkah meruginya jika telah memiliki sebuah plan (rencana) namun terus menerus ditunda.

7. Memiliki banyak rencana
Salah satu kunci sukses dalam menggarap suatu usaha adalah fokus dan komitmen, namum bagaimana bisa memiliki fokus yang tinggi jika ada banyak rencana usaha yang dirancang, hal tersebut justru akan memecah belah konsentrasi orang yang terkait.

Memiliki banyak rencana dalam memulai usaha memang bagus, tapi jika hendak dikerjakan/kelola secara bersama-sama sudah pasti memecah akan belah konsentrasi. Oleh karena itu sangat bijak jika anda sebagai calon pengusaha untuk fokus dalam satu usaha terlebih dahulu dan jika usaha yang dibangun sudah cenderung stabil maka tidak ada salahnya anda memulai usaha lainnya untuk semakim memperbanyak ladang usaha anda.

8. Sudah memiliki pekerjaan
Terakhir, hal yang bisa membuat seseorang tak kunjung memulai suatu usaha, karena orang tersebut sebenarnya telah memiliki pekerjaan, walalupun sudah memiliki pekerjaan namun tetap memiliki rencana untuk memiliki usaha sendiri, namun karena tuntutan kerja dan jadwal kerja yang padat. Alhasil rencana untuk memulai usaha tak kunjung direlisasikan.

Demikianlah 8 Hal yang menyebabkan seseorang tak kunjung memulai usaha. Jadi apakah anda termasuk orang yang memiliki planing untuk menjadi pengusaha? Kendala  nomor berapa yang anda hadapi? Setidaknya setiap masalah/kendala pasti punya jalan keluar, jadi jangan pernah menyerah dengan mimpi yang anda miliki, karena dengan kerja keras dan komitmen semua bisa saja terwujud.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon