Friday, 17 March 2017

Pengertian Tes Hasil Belajar Menurut Ahli

Pengertian Tes Hasil Belajar (THB)_ Tes merupakan suatu alat ukur yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang setiap butir pertanyaan tersebut mempunyai jawaban atau ketentuan yang dianggap benar. Secara umum ada dua bentuk tes, yaitu tes bentuk uraian (essay test) dan tes berbentuk objektif (Objektive test).

Pengertian Tes Hasil Belajar Menurut Ahli

Baca juga:

Tes uraian adalah butir soal yang mengandung pertanyaan atau tugas yang jawaban atau pengerjaan soal tersebut harus dilakukan dengan cara mengekspresikan pikiran siswa. Ciri khas tes uraian ialah jawaban terhadap soal tersebut tidak disediakan oleh orang yang mengkonstruksi butir soal, tetapi harus di selesaikan oleh siswa. Penyusunan tes ini mengacu pada tes beracuan patokan (PAP), yaitu tes yang disusun berpedoman pada tujuan pembelajaran khusus (TPK) yang telah dirumuskan.  Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Grounlund (1995) yaitu (1) tugas-tugas dan domain pembelajaran telah terdefinisikan dengan jelas, disamping itu tujuan pembelajaran telah didefinisikan dengan jelas dalam istilah perilaku atau kinerja yang dapat diamati, dan (2) perangkat pembelajaran dirancang dengan mengacu pada ketuntasan belajar tertentu. Hal ini senada dikemukakan oleh Suherman (1993), PAP orientasinya adalah tingkat kemampuan siswa terhadap materi yang diteskan sehingga skor yang diperoleh mencerminkan persentase kemampuan siswa.

Menurut Zainul dan Nasoetion ( 1997: 28-31) THB adalah salah satu alat ukur yang paling banyak digunakan untuk menemukan keberhasilan seseorang dalam suatu proses belajar mengajar atau untuk menentukan keberhasilan suatu program pendidikan.  Dasar-dasar penyusunan tes hasil belajar adalah sebagai berikut:

1. THB harus dapat mengukur apa yang dipelajari dalam proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan instruksional yang tercantum di dalam kurikulum yang berlaku,
2. THB disusun sedemikian sehingga benar-benar mewakili bahan yang telah dipelajari,
3. Pertanyaan THB hendaknya disesuaikan dengan aspek-aspek tingkat belajar yang diharapkan,
4. THB hendaknya disusun sesuai dengan tujuan penggunaaan tes itu sendiri, karena tes dapat disusun sesuai dengan kebutuhan.

Pretest dan postest
1) Pretest adalah tes yang diberikan sebelum pembelajaran dimulai, bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah siswa telah mengusai materi yang akan diberikan.
2) Postest adalah tes yang diberikan sesudah pembelajaran, tujuannya ialah untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mengusai bahan yang telah diajarkan.

Perbedaan kedua jenis tes ini akan ditentukan oleh proses belajar dan mengajar, karena jika proses belajar dan mengajar baik maka akan terdapat perbedaan yang besar antara postest dengan pretest. Supaya kedua hasil ini dapat dibandingkan sudah tentu pertanyaan-pertanyaan pada pre test dibuat sama atau paralalel dengan pertanyaan pada postest. Untuk kemudahan pemeriksaan maka disusun  pula petunjuk pemeriksaan guna kepentingan skor yang diperoleh oleh siswa atas jawaban suatu item soal.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon