Friday, 3 March 2017

9 Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak

Tags
Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak_ "Kejujuran ibaratkan mata uang yang berlaku dimana saja" sebuah ungkapan yang menyiratkan betapa berharganya kejujuran. Sifat jujur adalah perilaku yang mesti dimiliki dan ditanamkan dalam diri karena kejujuran adalah modal terbesar untuk menjadi manusia dengan akhlak yang baik'. Agar sifat jujur melekat pada diri seseorang maka alangkah baiknya jika perilaku jujur memang ditanamkan ketika ia masih kanak-kanak.

9 Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak
9 Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak

Sikap jujur merupakan salah satu unsur pendidikan karakter yang sebaiknya diajarkan kepada anak dengan penuh kesungguhan. Mengajarkan anak bagaimana menjadi pribadi yang jujur bisa dilakukan dengan berbagai cara dan memang sangat dianjurkan mendidik anak dengan metode bervariasi agar anak bisa memahami seutuhnya apa yang diajarkan kepadanya.

Mengajarkan anak menjadi pribadi yang jujur tidak semudah mengajar anak untuk pandai membaca dan menghitung karena kejujuran merupakan kecerdasan emosional yang sulit diperlihatkan bentuk konkritnya namun hanya bisa dimengerti melalui penggambaran yang bisa membuat anak memaknai arti kejujuran.

Hal-hal apa yang bisa dilakukan atau metode apa yang sebaiknya dilakukan agar anak bisa mengetahui makna dari kejujuran sehingga sifat jujur bisa tumbuh dalam diri anak? Berikut ulasan Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak.

9 Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak

1. Mengajarkan anak pentingnya menjadi orang yang jujur.
Jika anda berusaha merubah perilaku seseorang maka dahulukan lah memberi gambaran positif atau menjelaskan manfaat-manfaat jika ia menjadi seperti yang diharapkan, inilah yang dimaksud sugesti positif dimana kita menceritakan hal-hal positif apa saja yang akan ia dapatkan jika menjadi orang jujur. Dalam mendidik anak menjadi pribadi yang jujur maka ceritakan atau berikan gambaran jika menjadi orang jujur misalnya akan mendapatkan kepercayaan orang lain, mudah berteman, dihargai.

2. Menceritakan dampak negatif jika menjadi pribadi yang tidak jujur.
Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak Dengan menjelaskan dampak negatif dari sikap tidak jujur "misalkan" jika tidak jujur anak tersebut tidak dipercayai orang lain, dijauhi teman dan tidak dihargai membuat anak akan lebih berhati-hati dan berusaha meminimalisri perilaku yang tidak jujur agar dampak negatif dari perilaku kurang jujut tidak dialaminya/menimpanya.

3. Reward (penghargaan)
Jika anak anda melakukan perbuatan yang jujur maka anda harus memberi apresiasi atau lebih bagusnya lagi dengan memberikan anak tersebut penghargaan. Hal tersebut akan menyiratkan dalam diri anak bahwa sikap jujur sangat penting dan akan selalu dihargai.

4. Punishment (hukuman)
Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak adalah dengan memberi hukuman. Hukuman bisa menjadi sebuah stimulasi yang mampu meminimalisir perilaku tidak jujur yang dilakukan oleh anak. Misalnya anak tersebut berbohong, mencuri anda bisa memberikan hukuman kepada anak anda dengan syarat hukuman tersebut sudah pernah disepakati sebelumnya selain itu jenis hukuman yang diberikan harus bernilai edukatif sehingga anak bisa belajar dari kesalahan yang ia perbuat.

5. Memperlihatkan contoh yang baik
Apabila anda berharap anak anda menjadi sosok yang jujur maka mulailah membenahi atau menginstropeksi diri anda sendiri dan analisa sejauh mana nilai-nilai kejujuran telah anda tanamkan pada diri anda karena karakter seorang anak sangat dipengaruhi oleh pribadi kedua orang tuanya. Mulailah memberi contoh bagaimana agar selalu bersikap jujur meskipun kejujuran tersebut kadang menyudutkan diri sendiri. Ajarkan lah kepada anak untuk menjadikan kejujuran sebagai prinsip hidupnya.

6. Saling terbuka
Agar anak anda bisa menumbuhkan kejujuran dalam dirinya maka ajarilah anak anda menjadi pribadi yang terbuka". Terbuka bukan berarti segala hal mesti diungkapkan termasuk hal yang sangat pribadi namun terbuka disini lebih kepada bagaimana anak mau terbuka untuk menceritakan jika punya masalah, jika punya keinginan sebaiknya diungkapkan. Dengan bersikap terbuka anak bisa melepaskan beban dalam dirinya dan bisa berbagi kebahagiaan sehingga bisa meminimalisir anak berperilaku tidak sesuai dengan kenyataan misalkan anak tersebut sedang sedih namun memperlihatkan raut wajah yang biasa-biasa saja untuk memperlihatkan dia baik-baik saja.

7. Komunikatif
Lagi-lagi peran orang tua sangat urgen dalam menumbuhkan sikap jujur dalam diri anak. Jujur atau tidaknya cukup dipengaruhi oleh pola komunikasi yang dibangun orang tua dengan anaknya. Maka alangkah baiknya berusaha menjadi orang tua yang komunikatif dan berusaha memahami keadaan anak. Jika pola komunikasi antara orang tua dengan anak cenderung kaku justru akan membuat anak merasa segang untuk menceritakan berbagai hal yang dialami anak tersebut kepada orang tuanya dan justru anak tersebut bisa jadi lebih merasa nyaman jika bercerita dengan temannya ketimbang menceritakan masalahnya kepada orang tuanya.

8. Memberikan kepercayaan kepada anak
Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak adalah memberikan kepercayaan kepada anak. Memberikan kepercayaan pada anak juga bisa menumbuhkan sikap jujur dalam diri anak asalkan dengan cara yang tepat. Memberi kepercayaan pada anak harus dilakukan secara bertahap. Misalnya Anak diberi tugas untuk dikerjakan namun pastikan tugas tersebut memang mampu dijawab anak kemudian anda bisa bertanya pada anak tersebut tugasnya dikerja sendiri atau dikerjakan. Seiring berjalannya waktu kepercayaan atau tanggung jawab yang anda percayakan kepada anak bisa ditingkatkan tingkat kesulitan untuk semakin memperkokoh sikap jujur dalam diri anak.

9. Menasihati dan memotivasi anak
Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak adalah dengan menasehati dan memotivasi anak Sekuat kuatnya seseorang pasti butuh untuk dikuatkan" ungkapan tersebut ekuivalen dengan kejujuran. Sejujur jujurnya seorang anak selalu butuh untuk dikuatkan dengan motivasi dan nasihat karena kondisi hati setiap orang selalu berubah ubah apalagi dengan anak-anak. Maka dari itu teruslah menyemangati anak anda agar bisa terus berlaku jujur di manapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun.

demikianlah 9 Cara Menumbuhkan Sikap Jujur Dalam Diri Anak. Kejujuran adalah hal yang sangat berharga oleh karena itu agar anak anda menjadi pribadi yang jujur tidak ada salahnya anda coba mempraktikan cara diatas dalam mendidik anak anda menjadi anak yang jujur. semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon