Sunday, 12 March 2017

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif_ Bahasa inggris merupakan bahasa international yang hampir diajarkan dan dipelajari disetiap negara termasuk indonesia, di indonesia sendiri bahasa inggris mulai diajarkan di bangku SD sampai bangku kuliah. Bahasa inggris adalah bahasa yang harus dipelajari karena memiliki banyak manfaat, tidak sedikit sekolah/kampus yang menjadikan bahasa inggris sebagai salah satu materi ujian dalam seleksi masuk dilembaga tersebut bahkan beberapa perusahaan menjadikan kemampuan bahasa inggris orang yang melamar kerja di perusahaan tersebut sebagai salah satu tolok ukur untuk mengetahui kapabilitas dan kapasistas pelamar kerja

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif
8 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif

Selain itu syarat untuk mendapatkan beberapa beasiswa, baik beasiswa negeri maupun swasta menjadikan bahasa inggris (sertifikat toefl dan sertifikat ielts) sebagai persyaratan dalam memberikan beasiswa, menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa yang sangat urgent untuk dipelajari dan dikuasai. Belajar bahasa inggris sebenarnya tidak mudah asalkan anda tahu bagaimana terkniknya sehingga cepat untuk dikuasai.

Dalam artikel ini penulis akan berbagi tips/cara efektif yang bisa anda lakukan agar lebih mudah mempelajari dan menguasai bahasa inggris. Apa saja cara yang efektif untuk mempelajari bahasa inggris? berikut pemaparan Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif.

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif

1. Memperbanyak Penguasaan Kosakata (Vocabolary)
Seberapa penting penguasaan kosakata agar bisa mahir berbahasa inggris? jawabannya sudah pasti sangat penting. Kosakata ibaratkan batu-bata yang akan menjadi tiang dalam membangun kemampuan anda berbahasa inggris, semakin banyak kosakata yang anda kuasai, semakin besar peluang anda bisa berbahasa inggris. Kosakata dalam bahasa inggris yang mana sebaiknya anda usahakan untuk kuasai terlebih dahulu? sebaiknya anda memperbanyak penguasaan kosakata tentang hal-hal yang ada sekitar anda seperti motor (motorcycle) mobil (car) meja (table) kursi (chair) atau lebih tepatnya benda-benda yang sering anda temui dan gunakan, cara tersebut cukup efektif karena anda sudah terbiasa melihat/menggunakan benda tersebut. Agar proses belajar kosakata "bahasa inggris" semakin efektif dan inovatif anda bisa menempeli benda tersebut dengan label bahasa inggris, misalkan lemari di kamar ditempeli label dalam bahasa inggris sehingga semakin menpercepat anda dalam menguasai kosakata bahasa inggris.

2.  Belajar Tata Bahasa (Grammar)
Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif adalah Jika dalam bahasa indonesia ada yang namanya ejaan yang disempurnakan (EYD) maka di dalam bahasa inggris ada yang dinamakan grammar (tata bahasa). Apakah grammar penting untuk dikuasai? jawabannya cukup relatif tergantung anda ingin menggunakan bahasa inggris tersebut dalam hal apa. Jika anda belajar bahasa inggris untuk dimanfaatkan/digunakan dalam lembaga formal (sekolah, kampus, lembaga resmi) maka grammar sangat penting untuk dikuasai agar bahasa inggris anda bisa baik dan benar, namun jika anda belajar bahasa inggris hanya untuk kegiatan non-formal (tidak resmi) grammar tidak mesti untuk dipelajari. Akan tetapi alngkah baiknya anda juga mempelajari dan berusaha menguasai grammar agar bahasa inggris anda lebih fasih dan sesuai dengan tata bahasa yang baku. Mempelajari grammar sebaiknya dimulai dari hal yang paling sederhana dan mudah agar anda tidak kesulitan dalam memahaminya, jika anda sudah mahir anda bisa memilih/menigkatkan tingkat kesulitan grammar yang anda pelajari.

3. Perbanyak Latihan (Practice)
Pernah mendengar ungkapan "Practice make perfect" (latihan akan membuat anda semakin mahir) maka seperti itulah yang sebaiknya anda lakukan agar bisa mahir berbahasa inggris. Latihan yang bisa anda lakukan bisa dengan 3 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif

a. Writing (menulis)
Perbanyak latihan menulis bahasa inggris baik dalam bentuk kosakata maupun grammar, anda bisa membuat suatu catatan atau buku khusus belajar bahasa inggris, selain itu anda juga bisa belajar menulis bahasa inggris dengan membuat diary (buku harian) yang berbahasa inggris yang didalamnya menceritakan aktivitas anda dalam sehari-hari, dengan menerapkan metode tersebut maka peluang anda cepat mahir berbahasa inggris terbuka lebar.

b. Speaking (Berbicara)
Seperti yang kita ketahui bahasa inggris itu cukup unik karena pengucapan dan penulisannya berbeda. Tidak seperti bahasa indonesia yang penulisan dan penyebutannya sama, misalkan saja kalau kita menulis kata "kamu"maka pengucapannya pun dibaca "kamu". Lain halnya dengan bahasa inggris yang pengucapan dan penulisannya berbeda misalkan tulisannya "class"/kelas maka cara bacanya "kla:s" atau "close" dekat maka cara bacanya "klauz". jadi belajar speaking/berbicara dengan cara pengucapan (prononciation) yang benar sangat penting agar orang lain bisa mengerti apa yang anda maksud/katakan.

c. Litsening (Mendengar)
Untuk belajar litsening sendiri bisa anda lakukan dengan beberapa metode seperti rajin mendenga lagu dalam bahasa inggris dan jika ada kata yang sulit atau tidak dimengerti anda bisa langsung mencatatnya kemudian anda bisa buka kamus untuk mengetahui arti katanya dengan begitu bisa memnpercepat anda mengingat arti kata tersebut. Selain itu anda juga bisa menonton film yang berbahasa inggris agar anda bisa berbahasa inggris dengan fasih. Dan tidak sedikit orang yang pintar berbahasa inggris karena rajin mendengar lagu bahasa inggris atau menonton film berbahasa inggris (catatan: menonton film bahasa inggris sebaiknya jangan munculkan subtitlenya/artinya). Kemampuan litsening sangat penting, karena dengan memiliki kemampuan litsening anda bisa mengerti maksud orang lain yang berbicara dengan anda jika berkomunikasi dalam bahasa inggris.

4. Gabung Komunitas Bahasa Inggris
Agar niat anda untuk bisa cepat mahir/pintar berbahasa, anda juga bisa bergabung dengan komunitas bahasa inggris. Keuntungan berbgabung dengan komunitas bahasa inggris adalah anda bisa menemukan banyak teman yang mahir maupun yang masih sedang belajar bahasa inggris. Denga bergabugan dengan komunitas bahasa inggris proses belajar bahasa inggris anda akan lebih bervariasi dan menyenangkan.

5. Ikut Kegiatan Seminar (workshop) Bahasa inggris
"Banyak Jalan banyak menuju roma" sebuah ungkapan yang menyiratkan bahwa jika kita memang serius dan bersungguh-sungguh untuk mencapai sesuatu maka ada banyak cara dan jalan yang bisa anda tempuh. Begitu juga dengan anda, jika memang serius ingin fasih berbahasa inggris tidak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk ikut seminar/ workshop berbahasa inggris baik seminar dalam kuliah/sekolah atau seminar umum yang diadakan oleh lembaga atau pihak tertentu. Dari situ anda bisa melihat dan mencontoh bagaiaman orang yang sudah mahir, berkomunikasi dalam bahasa inggris.

6. Kursus Bahasa Inggris
Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif yakni dengan ikut kursus bahasa inggris memang membuthkan biaya namun hal tersebut akan berbanding lurus dengan ilmu yang akan dapatkan. Selain itu tenaga pengajar yang mengajar di lembaga kursus cukup profesioanl yang sudah bisa dipastikan akan membuat anda semakin pintar berbahasa inggris. Namun dalam memilih lembaga kursus berbahasa inggris sebaiknya memilih lembaga kursus yang sudah terkenal dan kredibilitas.

7. Chatting Dengan Orang Yang Mengerti Bahasa Inggris
Jika anda memiliki smartphone (android/ios) atau memiliki akun media sosial (fb,twitter, G+, Line, Whatssapp dll) juga bisa dijadikan media untuk belajar bahasa inggris dengan cara mengajak teman anda yang pandai, pintar dan fasih berbahasa inggris untuk chating menggunakan bahasa inggris. Bisa juga anda mencari teman dari luar negeri untuk diajak chating menggunakan bahasa inggris, anda bisa jujur pada teman chat anda, bahwa anda sedang belajar bahasa inggris dan meminta untuk dibanti.

8. Meminta Koreksi Dari Orang Yang Pintar Berbahasa Inggris
Untuk mengukur kemampuan anda dalam berbahsa inggris, anda bisa meminta teman/guru/dosen untuk memberi penilaian terhadap kemampuan anda berbahasa inggris selain itu anda sebaiknya anda meminta saran, misalkan hal apa saja yang masih perlu diperbaiki atau tanyakan apa kekurangan anda dan bisa juga bertanya trik/metode yang baik digunakan untuk belajar berbahasa inggris.

Demikianlah  8 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif yang bisa anda coba aplikasikan agar bisa lancar dan fasih dalam berbahasa inggris semoga artikel tentang  Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif bermanfaat untuk anda

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon