Friday, 16 December 2016

10 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan

10 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan_Desain baru uang rupiah yang  diluncurkan oleh bank indonesia pada tanggal 19 Desember 2016 adalah salah satu langkah antisipatif  yang dilakukan oleh pemerintah karena begitu maraknya pemalsuan uang rupiah yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Desain baru uang rupiah yang diluncurkan oleh bank indonesia diklaim sulit untuk dipalsukan hal tersebut dituturkan oleh Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia.
10 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan
Source: Malesbanget.com
Peluncuran desain baru uang rupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sementara rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Pembaharuan desain uang rupiah memang bukan hal baru karena beberapa periode sebelumnya telah dilakukan beberapa perubahan desain rupiah namun masih memiliki beberapa kekurangan sehingga masih bisa dipalsukan , jadi pada desain baru uang rupiah kali ini apa saja kelebihannya sehingga sulit dipalsukan? berikut ulasan singkat Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan.

Walaupun peluncuran uang rupiah baru justru menimbulkan kontroversi di masyarakat dan menjadi blunder bagi pemerintah namun teknologi yang ada pada uang rupiah baru ini diklaim sebagai salah satu mata uang dengan teknologi paling canggih di dunia. Apa saja kelebihan uang rupiah baru sehingga membuatnya diklaim sebagai mata uang dengan teknologi paling canggih berikut ulasannya

"10 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan"


kelebihan uang rupiah baru pada tingkat level pengamanan yang terdiri dari 3 level pengamanan yakni 

1. Level 1 (terbuka/covered) 
dimana unsur pengaman bisa dideteksi tanpa bantuan alat alias dengan mata telanjang. Biasanya kita mengenal dengan istilah 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang).

2. Level 2 (semi tertutup/semi covered)
dimana unsur pengaman bisa dideteksi memakai alat yang sederhana, seperti kaca pembesar (lup) dan lampu ultraviolet (UV).

3. Level 3 (tertutup/covered) 
dimana unsur pengaman hanya bisa dideteksi menggunakan mesin sortasi yang dimiliki oleh Bank Sentral atau peralatan laboratorium/forensik.

Selain itu beberapa kelebihan lain uang rupiah baru yang membuatnya sulit untuk dipalsukan yakni 

4. color shifting
Dari sisi color shifting, apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras. Dari sisi rainbow feature, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal

5. 
latent image
Dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang. 

6. 
ultra violet feature
Sementara dari sisi ultra violet feature (level 2), dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV. 

7.rectoverso
Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI.

 8. 
fitur kode tuna netra 
Tak hanya itu, desain uang tahun emisi (TE) 2016 dilakukan dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah.

9. Total 17 Pengaman
Bank Indonesia telah bekerja keras membantu pihak kepolisian dalam memberantas peredaran uang palsu dengan memberikan pengamanan di uang yang baru ini setidaknya berjumlah hingga 17 pengaman. Fitur pengamanan tersebut tentu beberapa bisa diketahui masyarakat umum, dan sisanya hanya diketahui BI.

10. Mewakili semangat kebhinekaan 
Kelebihan terakhir dari uang rupiah baru yaitu uang rupiah baru tersebut diklaim mewakili semangat nasionalisme dan kebhinekaan yang ada di Indonesia.

Demikianlah 10 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan, diharapkan inovasi baru dari pemerintah tersebut bisa meminimalisir pemalsuan uang rupiah. Namun pastinya pemerintah akan terus berinovasi dalam menemukan formula yang paling jitu agar desain rupiah yang diciptakan tak bisa lagi dipalsukan. 
Sumber: Detik.com & tonfeb

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon