Thursday, 3 November 2016

Pendaftaran Kelas Inspirasi (KI) 2016



Pendaftaran Kelas Inspirasi 2016, Daftar Yuk
 
TENTANG KELAS INSPIRASI
Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.Diharapkan ke depan, terjalin relasi yang dapat terus menerus mereka pelihara baik untuk kepentingan jangka pendek membangun pendidikan di sekolah tersebut ataupun sekadar berjejaring dan berkomunikasi terus. Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antarprofesional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus-menerus.
 
Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan dunia sekolah. Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi. Ke depannya, Kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa


7 SIKAP DASAR KELAS INSPIRASI
Menyaksikan kerja keras dan perjuangan para pegiat Kelas Inspirasi serta para guru dan kepala sekolah yang terlibat di dalamnya selama ini maka dapat dirumuskan pelajaran tentang seperti apa sikap dasar terbaik agar seluruh kegiatan berjalan lancar dan yang utama tujuan KI dapat tercapai. Ada 7 sikap yang selalu terlihat di antara mereka dan diharapkan ada bila Anda juga ingin terlibat, yaitu:
1. Sukarela. Semua pihak yang terlibat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kerelaan hati. Mereka terlibat tanpa paksaan, baik sekolah maupun relawan/pegiatnya.
2. Bebas kepentingan. Kegiatan ini bebas dari relasi dengan institusi perusahaan/lembaga tempat pegiat bekerja, relasi dengan motif pemasaran perusahaan dan berbagai kepentingan nonpendidikan yang tidak relevan. Satu-satunya kepentingan yang ada adalah demi masa depan anak-anak Indonesia.
3. Tanpa biaya. Tidak ada biaya, baik yang dipungut dari relawan, sekolah atau siapapun. Tidak juga melibatkan pendanaan dari perusahaan atau lembaga lain. Satu-satunya pendanaan yang mungkin hanyalah iuran dari relawan/pegiat.
4. Siap belajar. Bersikap terbuka dan saling belajar, baik sekolah, pegiat/relawan dan semua pihak yang terlibat. Relawan terbuka belajar khususnya bagaimana mengajar di depan kelas, sekolah juga terbuka dengan masukan dari relawan khususnya tentang penyelenggaraan KI.
5. Ambil bagian langsung. Para pegiat dan juga pihak sekolah selalu siap turun tangan langsung, fokus pada aksi dan dampak bagi siswa dan kemajuan sekolah. Kesiapan turun tangan juga dibuktikan dengan siap mengambil cuti pada hari H dan siap untuk berkorban menyiapkan berbagai hal sebelum hari H.
6. Siap bersilaturahmi. Terbuka untuk membangun silaturahmi, baik relawan maupun sekolah. Relawan dan sekolah terbuka, saling rendah hati dan tulus untuk terus menjalin silaturahmi demi kemajuan sekolah dan pendidikan bersama.
7. Tulus. Semua pihak percaya bahwa ini bukan tentang diri relawan, bukan tentang para pengurus sekolah tetapi demi anak-anak Indonesia yang akan lebih percaya diri dan siap berjuang menyongsong cita-cita mereka.

Panduan Membuat Kelas Inspirasi

Saya tertarik, bagaimana caranya membuat Kelas Inspirasi di daerah saya?
1. Ajak Teman Hal yang perlu diperhatikan ketika mengajak teman:
  1. Siapa saja yang diajak?
  2. Cara untuk mengajak teman
  3. Kumpul perdana

2. Pelajari dan Diskusikan Panduan KI

Pelajari bahan di website, alur penyelenggaraan, dimana saja lokasi KI yang sudah berjalan, pengalaman dan contoh-contoh pelaksanaan KI.
Pelajari dan diskusikan panduan yang sedang kamu baca.
Bergabung dengan facebook group KI dimana kamu bisa belajar, bertanya, dan berkenalan dengan pegiat KI di seluruh Indonesia.

3. Bentuk Relawan Panitia

BENTUK RELAWAN PANITIA 
Siapkan relawan panitia untuk beberapa fungsi dasar yang dibutuhkan yaitu acara, hubungan eksternal (sosialisasi, hubungan dengan pihak sekolah), rekrutmen relawan pengajar, dan dokumentasi.
Dalam kepanitiaan setidaknya ada relawan panitia yang telah memiliki pengalaman bekerja lebih dari satu tahun. Komposisi ini akan memudahkan dalam hubungan dengan relawan pengajar.  
PEMBAGIAN TUGAS
Hubungan eksternal:

  1. Bertanggung jawab terhadap komunikasi eksternal; seperti publikasi, promosi, dll.
  2. Menjaring dan mengundang profesional yang berpotensi positif sebagai relawan pengajar.
  3. Melakukan sosialisasi di berbagai media dan platform serta lokasi tertentu yang dapat menjaring relawan pengajar.
Rekrutmen:
  1. Menyeleksi calon relawan pengajar dan fasilitator sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.
  2. Menentukan jumlah pengajar setiap sekolah sesuai dengan jumlah rombongan belajar.
  3. Menyusun daftar relawan pengajar setiap sekolah dengan memperhatikan variasi profesi relawan pengajar.
  4. Berkoordinasi dalam penyusunan / penempatan dan fasilitasi rekrutmen pengajar.
  5. Berkoordinasi dalam perekrutan relawan pengajar..
Acara:
  1. Mencari dan berkoordinasi dengan sekolah yang menjadi target Kelas Inspirasi.
  2. Bertanggungjawab terhadap pelaksanaan rangkaian acara kelas inspirasi (briefing, hari H, refleksi).
  3. Berkoordinasi khususnya mengenai jumlah kelas, komposisi relawan pengajar, dan proses fasilitasi/pendampingan.
Dokumentasi:
  1. Bertanggung jawab terhadap dokumentasi selama rangkaian kelas inspirasi.
  2. Merekrut relawan dokumentasi dan memberikan pengarahan / briefing relawan dokumentator.
  3. Mengelola data-data pengelolaan Kelas Inspirasi (data relawan, data sekolah, akses ke data, kerahasiaan data).

4. Susun Rencana KI

Setelah kepanitiaan terbentuk, maka mulai rencanakan aktivitas KI. Aspek dasar yang direncanakan yaitu:
  1. Sosialisasi: mencari relawan yang sesuai dengan kriteria.
  2. Rekrutmen: menyeleksi relawan pengajar.
  3. Hubungi pihak sekolah: mendatangi dan koordinasi dengan pihak sekolah yang bersedia.
  4. Briefing: mempersiapkan relawan untuk berinteraksi dengan sekolah, mengajar, dan menguasai pengelolaan kelas.
  5. Persiapan Hari H: pembentukan kelompok dan metode pendampingan kelompok.
  6. Refleksi: mengumpulkan cerita & pengalaman dari relawan dan menggali pelajaran berharga yang didapat selama proses KI.
  7. Dokumentasi: melakukan pembentukan dan penugasan tim dokumentasi foto dan video. pengelolaan data relawan dan sekolah (database, akses ke data, kerahasiaan data).
Jadwal:
- Rencanakan jadwal aktivitas dengan memperhatikan jarak antara briefing, hari H, dan refleksi agar sesuai dengan kebutuhan kegiatan KI.
- Sesuaikan jadwal aktivitas dengan perkiraan waktu persiapan panitia

5. Laksanakan Rencana

Praktik Penyelenggaraan Kelas Inspirasi Praktik penyelenggaraan KI merupakan kumpulan pengalaman yang telah dilakkukan panitia lokal dalam menyelenggarakan KI. Materi ini dipaparkan sebagai acuan pelaksanaan bagi panlok. Praktik ini bersifat dinamis dan dapat ditambahkan sewaktu-waktu jika ada perkembangan dalam penyelenggaraan KI.

1. Sosialisasi

Fungsi utama sosialisasi adalah membuat khalayak/masyarakat mengetahui dan memahami mengenai gerakan kelas inspirasi. Kegiatan sosialisasi ini bermanfaat menjaring relawan baik sebagai panitia, pengajar, maupun pihak sekolah. 
Metode sosialisasi yang digunakan perlu memperhatikan target relawan yang diharapkan terlibat serta perilaku target tersebut ketika memperoleh informasi. 
Bentuk sosialisasi disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing lokasi penyelenggaraan KI. 
Perangkat sosialisasi yang dapat digunakan, yaitu:
- Media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, dll
- Situs web
- Blog
- Media massa seperti koran lokal, majalah, radio, televisi, papan pengumuman warga, dll
- Pertemuan komunitas lokal
- Kegiatan-kegiatan di ruang publik, seperti hari bebas kendaraan (CFD), pusat perbelanjaan, kampus, sekolah, booth di kegiatan-kegiatan setempat, dll
- Pendekatan personal

2. Rekrutmen

Fungsi utama rekrutmen adalah melakukan seleksi relawan yang akan menjadi pengajar di sekolah. Kriteria dasar relawan pengajar adalah bersedia untuk mengajar di ruang kelas pada hari inspirasi, memiliki pengalaman kerja yang cukup untuk menjelaskan mengenai profesi yang sedang dijalani. Kemampuan untuk menjelaskan profesi secara sederhana membutuhkan pengalaman yang memadai di bidang tersebut.

Proses rekrutmen mencakup pendaftaran, penilaian, pengelompokan relawan, penempatan kelompok relawan ke sekolah tujuan, dan pengumuman. Pilihan cara mendaftar dapat dilakukan dengan berbagai cara, contohnya yaitu melalui situs web, formulir online (googleform, dll), pendaftaran langsung secara tertulis.

Aspek yang perlu untuk diperhatikan ketika melakukan seleksi relawan pengajar: Karakteristik relawan yang dibutuhkan untuk memberikan inspirasi bagi anak-anak. Sebagai referensi, relawan pengajar memiliki pengalaman yang cukup di bidangnya, keaktifan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, motivasi yang tulus dalam mengikuti kelas inspirasi, rencana calon relawan apabila menjadi relawan pengajar di kelas. Hal-hal tersebut membantu kita untuk menjaga interaksi positif antara relawan dengan para pelaku pendidikan di sekolah.

Cara mengetahui atau mengidentifikasi karakteristik tersebut pada relawan. Beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu melalui berbagai pertanyaan dalam formulir pendaftaran, atau wawancara langsung yang dibuat dan dilaksanakan secara mandiri oleh panitia lokal.

3. Hubungan dengan Pihak Sekolah

Fungsi utama kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan antara relawan dengan pihak sekolah sehingga Kelas Inspirasi dapat dilaksanakan di sekolah yang bersedia. 
Jalinan hubungan antara relawan dengan sekolah mencakup: menggalang kesediaan sekolah untuk melaksanakan kelas inspirasi, dan kemauan warga sekolah untuk berinteraksi langsung dengan relawan KI. 
Pelaksanaan kelas inspirasi di sekolah merupakan kegiatan mandiri sehingga izin dari Dinas Pendidikan setempat dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing. 
Langkah yang dapat dilakukan untuk menjalin hubungan dengan sekolah, antara lain: seleksi sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dampak KI, berdiskusi dengan kepala sekolah mengenai pelaksanaan KI, menarik komitmen sekolah melalui surat pernyataan atau bentuk lainnya, membuka ruang diskusi antara pihak sekolah dengan relawan yang akan mengajar di sekolah tersebut.

4. Pengarahan (briefing)

Fungsi utama pengarahan adalah untuk mempersiapkan relawan agar mereka memahami nilai-nilai yang ada di kelas inspirasi, mampu mengajar, dan menguasai teknik pengelolaan kelas. 
Beberapa hal yang penting disampaikan pada sesi pengarahan: sikap dasar KI, teknik pengelolaan kelas, membangun interaksi antar relawan baik di dalam kelompok maupun antar kelompok, aktivitas perencanaan KI di masing-masing kelompok. Rincian kegiatan pengarahan dapat dilihat pada modul pengajaran.

5. Persiapan Hari Inspirasi

Fungsi persiapan hari inspirasi adalah untuk menyiapkan teknis pengajaran di sekolah di masing-masing kelompok secara mandiri, dengan pendampingan dari panitia apabila diperlukan. 
Persiapan hari inspirasi mencakup survey ke sekolah untuk mengetahui kebutuhan untuk pelaksanaan KI, menjalin hubungan dengan pihak sekolah, dan mempersiapkan pengajaran di kelas (bahan, jadwal, penugasan, dll).

6. Pelaksanaan Hari Inspirasi

Fungsi utama pelaksanaan hari inspirasi adalah untuk memantau pelaksanaan kegiatan kelas inspirasi agar sesuai dengan sikap dasar KI.

7. Refleksi (debriefing)

Fungsi utama refleksi adalah untuk berbagi cerita dan pengalaman dari interaksi antara relawan dan warga sekolah agar dapat diambil pelajaran dan inspirasi bagi setiap relawan yang terlibat. 
Kegiatan ini penting bagi panitia untuk mengukur ketercapaian tujuan kelas inspirasi bagi para relawan yang terlibat. 
Hal ini dapat dilakukan secara sederhana dalam bentuk diskusi informal, atau disesuaikan dengan kondisi setempat.

Untuk informasi lebih detail kunjungi : kelasinspirasi.org


Kota Penyelenggara Kelas Inspirasi

PENTING:
Pertanyaan mengenai pelaksanaan Kelas Inspirasi dapat menghubungi 'kontak panitia' di masing-masing kota.
KOTA PENDAFTARAN HARI INSPIRASI KONTAK PANITIA
Lamongan Info lengkap 22 Oktober 2016 Amel - 0857 0664 2244
Tanimbar Info lengkap 22 Oktober 2016 Mario Hidungoran - 0852 8752 2225
Jambi Info lengkap 24 Oktober 2016 Andika Sasmita Pratama - 0812 7391 1690
Nunukan Info lengkap 24 Oktober 2016 0852 4995 9779
Sidoarjo Info lengkap 24 Oktober 2016 0812 3131 4503
Madiun Info lengkap 24 Oktober 2016 Febrianita - 0822 2520 8722
Pulo Aceh Info lengkap 26 Oktober 2016 0852 7040 2853
Batam Info lengkap 27 Oktober 2016 Monalisa - 0857 6546 4468
Widya Ayu - 0813 9449 9510
Halmahera Utara Info lengkap 29 Oktober 2016 0852 6218 8022
Bekasi Info lengkap 31 Oktober 2016 Riky - 0813 4515 8112
Deli Serdang Info lengkap 7 November 2016 Hermansyah Pane - 0813 6245 3007
Lumajang Info lengkap 7 November 2016 0857 4606 6303
Malang Info lengkap 7 November 2016 Miftahul Agtamas Fidyawan - 0896 7916 1878
Flores Timur Info lengkap 12 November 2016 0813 7487 3737
Tegal Info lengkap 12 November 2016 0857 7043 4283
0858 4235 5791
Blitar Info lengkap 12 November 2016 Davit - 0852 3423 3830
Bontang Info lengkap 12 November 2016 0813 5012 0289
Merauke Info lengkap 12 November 2016 Aat-0822 4211 8662
Siti-0852 5431 4350
Salatiga Info lengkap 14 November 2016 Lidya Annisa - 0821 3450 7187
Tulungagung Info lengkap 14 November 2016 Nita - 0813 5921 9771
Tangerang Selatan Info lengkap 14 November 2016 0812 8099 7647
Gowa Info lengkap 14 November 2016 0852 4288 6470
Wonogiri Info lengkap 19 November 2016 Dhyta - 0856 4746 1736
Palu Info lengkap 19 November 2016 0811 4530 326
08152 3766 188
Sangatta Info lengkap 19 November 2016 Reza Prasetya - 0812 5101 0702
Lampung Info lengkap 21 November 2016 0811 7229 810
Pekanbaru Info lengkap 21 November 2016 Mike Agnesia-0852 7815 8155
Dompu Info lengkap 21 November 2016 Nisa 0823 4013 4499
Mojokerto Info lengkap 21 November 2016 Sankra 0821 4083 4559
Nurul 0823 3001 2796
Pinrang Info lengkap 21 November 2016 0852 2920 6012
Jember Info lengkap 26 November 2016 0821 4148 4771
Ponorogo Info lengkap 17 Desember 2016 0898 2065 403
Parigi Moutong Info lengkap 17 Desember 2016 Indra-0813 5535 2477
Fadel-0813 4274 2576
Trenggalek Info lengkap 14 Januari 2017 Karin-0857 9083 9454
Hesti-0856 3674 210
Purwokerto Info lengkap 16 Januari 2017 Uzi Fauziyah - 0857 2616 1626
Demas Adi - 08564 7889 223
Falan Kurniawan - 08213 7726 946
Kebumen Info lengkap 30 Januari 2017 0851 1031 9607
Banjarmasin Info lengkap 2 Februari 2017 0811 5043 419
Kec. Tapung Hulu Kab. Kampar Info lengkap 27 Maret 2017 0852 634 07798
Kudus Info lengkap 17 April 2017 Irfan-0856 4022 1902
Umi-0813 9233 2950
Hani-0852 2629 0135
Bengkulu Utara Info lengkap 1 Mei 2017 0821 8613 3486
KOTA
Lamongan
Tanimbar
Jambi
Nunukan
Sidoarjo
Madiun
Pulo Aceh
Batam
Halmahera Utara
Bekasi
Deli Serdang
Lumajang
Malang
Flores Timur
Tegal
Blitar
Bontang
Merauke
Salatiga
Tulungagung
Tangerang Selatan
Gowa
Wonogiri
Palu
Sangatta
Lampung
Pekanbaru
Dompu
Mojokerto
Pinrang
Jember
Ponorogo
Parigi Moutong
Trenggalek
Purwokerto
Kebumen
Banjarmasin
Kec. Tapung Hulu Kab. Kampar
Kudus
Bengkulu Utara

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon