Wednesday, 11 May 2016

Prinsip-prinsip Umum Tentang Mengajar

Prinsip-prinsip Umum Tentang Mengajar_  Sebagai guru yang baik sudah seharusnya memahami hal-hal yang perlu dipahami dalam kegiatan pembelajaran, hal tersebut bertujuan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. salah satu hal yang mesti dipahami oleh guru adalah prinsip dalam mengajar. Prinsip-prinsip umum yang harus dijadikan pengangan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar adalah sebagai berikut :

6 Prinsip-prinsip Umum dalam Mengajar 

#1. Mengajar harus berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki siswa. 
Apa yang telah dipelajari merupakan dasar dalam mempelajari bahan yang akan diajarkan. Oleh karena itu, tingkat kemampuan siswa sebelum proses beljar mengajar berlangsung harus diketahui guru. Tingkat kemampuan semacam ini disebut entry behavior, entry behavior dapat diketahui di antaranya dengan melakukan pre test. Hal ini sangat penting agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

#2. Pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan harus bersifat praktis.  
Bahan pelajaran yang bersifat praktis berhubungan dengan situasi kehidupan. Hal ini dapat menarik minat, sekaligus dapat memotivasi belajar. 

#3. Mengajar harus memperhatikan perbedaan individual setiap siswa. 
Ada perbedaan individual dalam kesanggupan belajar. Setiap individu mempunyai kemampuan potensial seperti bakat dan inteligensi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Apa yang dapat dipelajari seseorang secara tepat, mungkin tidak dapat dilakukan oleh yang lain dengan cara yang sama. Oleh karena itu, mengajar harus memperhatikan perbedaan tingkat kemampuan masing-masing siswa.

#4. Kesiapan (readiness) 
Kesiapan (readiness) dalam belajar sangat penting dijadikan landasan dalam mengajar. Kesiapan adalah kapasitas (kemampuan potensial) baik bersifat fisik maupun mental untuk melakukan sesuatu. Apabila siswa siap untuk melakukan proses belajar, hasil belajar dapat diperoleh dengan baik. Sebaliknya bila tidak siap, tidak akan diperoleh hasil yang baik. Oleh karena itu, pengajaran dilaksanakan kalau individu mempunyai kesiapan.

#5. Tujuan pengajaran harus dikethaui siswa. 
Tujuan pengajaran merupakan rumusan tentang perubahan perilaku apa yang diperoleh setelah proses belajar mengajar. Apabila tujuan pengajaran diketahui, siswa mempunyai motivasi untuk belajar. Agar tujuan mudah diektahui, harus dirumuskan secara khusus.

#6. Mengajar harus mengikuti prinsip psikologis tentang belajar. 
Para ahli psikologi merumuskan prinsip, bahwa belajar itu harus bertahap dan meningkat. 
Oleh karena itu, dalam mengajar haruslah mempersiapkan bahan yang bersifat gradual, yaitu :
a. Dari sederhana kepada yang kompleks (rumit)
b. Dari konkret kepada yang abstrak
c. Dari umum (general) kepada yang kompleks
d. Dari yang sudah diketahui (fakta) kepada yang tidak diektahui (konsep yang bersifat abstrak)
e. Dengan menggunakan prinsip induksi kepada dedukasi atau sebaliknya
f. Sering menggunakan reinforcement (penguatan)

Nagh demikianlah Prinsip-prinsip Umum dalam Mengajar yang bisa diaplikasikan guru dalam kegiatan pembelajaran. semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon