Friday, 8 April 2016

TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR_ Menurut Soedjadi (1998: 40) tujuan pendidikan matematika yang dimaksudkan adalah tujuan secara umum mengapa matematika diajarkan di berbagai jenjang sekolah.  Matematika  sekolah  dimaksudkan  sebagai bagian matematika yang diberikan untuk  dipelajari siswa SD, SLTP, dan SLTA. Berdasarkan GBPP matematika dikemukakan, tujuan umum diberikannya matematika di jenjang pendidikan dasar dan pendidikan umum adalah:
 
1. Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehi- dupan dan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemi-kiran secara logis, rasional kritis, cermat, jujur, efektif dan efisien.

2. Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matemati- ka dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.
Sedangkan tujuan khusus pengajaran matematika di sekolah dasar (SD) adalah:

1. Menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung  (menggunakan bilang-an) sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menumbuhkan kemampuan siswa, yang dapat dialihgunakan melalui kegiatan mate-matika

3. Mengembangkan pengetahuan dasar matematika sebagai bekal belajar lebih lanjut di Sekolah Lanjutan Tingkat pertama

4. Membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin.

Dengan mengkaji secara mendalam tujuan tersebut, terlihat bahwa tujuan pembela- jaran matematika  memuat nilai-nilai matematika yang bersifat formal dan material. Seba-gaimana dikatakan Soedjadi (1998: 45) bahwa tujuan  pembelajaran matematika di setiap jenjang pendidikan digolongkan menjadi (1) tujuan yang bersifat formal, yaitu tujuan yang menekankan pada penataan nalar siswa serta pembentukan pribadinya; (2) tujuan yang bersifat material, yaitu  tujuan yang menekankan pada penerapan matematika baik dalam matematika itu sendiri maupun di luar matematika.


Memperhatikan uraian di atas, kedua tujuan tersebut merupakan tujuan  penting yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika, guna menghadapi kehidupan yang se-lalu berubah dan berkembang. Dengan kemampuan penalaran yang dibangun melalui pembelajaran matematika membantu siswa dalam menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi, yang tidak secara langsung memer-lukan hitungan. Akan tetapi kenyataan menunjukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran matematika guru kurang memperhatikan ketercapaian tujuan yang bersifat formal. Oleh karena itu diperlukan suatu pembelajaran yang memungkinkan tercapainnya kedua tujuan tersebut.
(TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR)

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon