Sunday, 3 April 2016

Mau Lanjut S2 tapi masih ragu? ini solusinya

Tags
"Mau Lanjut S2 tapi masih ragu? ini solusinya"_ Bagi mahasiswa  yang masih menjalani kuliah Strata 1 (S1)  ataupun sudah selesai studi S1 nya dan punya niat untuk melanjutkan kuliah Master (S2) maka itu adalah pola pikir yang sudah sangat tepat. Tinggal kuatkan tekadnya dan mantapakan pilihannya.  Banyak yang ingin lanjut kuliah Master (S2) namun mereka agak ragu-ragu setelah mendengar kabar burung yang mengatakan bahwa;

1. Kuliah S2 butuh biaya yang sangat besar!! Apakah itu benar?Teman-teman mesti tahu kabar yang mengatakan bahwa kuliah S2 butuh biaya yang sangat besar itu tidaklah tepat!!! Jika dipikir-pikir biaya saat kuliah Starata 1 mungkin jauh lebih besar di banding Kuliah S2, apalagi jika kamu adalah mahasiswa starata 1 dengan SPP UKT (uang kuliah tunggal) yang kira-kira SPPnya sekita 4 jutaan. Dan teman-teman mesti kita tahu bahwa kuliah master (S2) hanya 2 tahun normalnya dan jika kamu bersungguh-sungguh kamu bisa menyelesaikan perkuliahannmu hanya dalam waktu 1,5 (Satu tahun setengah)!! Kok bisa?

Karena tidak seperti kuliah starata 1 (S1), kuliah S2 sejak awal perkuliahan kita memang sudah bisa merancang judul yang akan diangkat menjadi bahan penelitian dan pas semua mata kuliah selesai teman-teman sudah bisa seminar proposal. Kuliah S2 berbeda dengan S1 yang punya jadwal tertentu untuk seminar kalau S2 tiap hari bisa seminar (asalkan bukan hari libur) dan teman-teman sudah memenuhi syarat tentunya.

2. Kuliah S2 menyita banyak waktu! Apakah itu benar?

Itu adalah hal yang sangat kurang tepat, teman-teman mesti tahu jumlah mata kuliah S2 tidak lebih dari 15 (13 atau 14) mata kuliah dan biasanya jadwal perkuliahannya hanya dua atau tiga thari dalam seminggu jadi teman-teman punya banyak waktu luang untuk bersantai. Namun bagi teman-teman yang ingin mandiri dan tak membebani orang tua maka teman-teman bisa kerja sambil kuliah! Apa tidak ribet kerja sambil kuliah? Asalkan teman-teman pandai mengatur waktu maka pasti teman-teman BISA Apalagi di kota banyak yayasan dan sekolah terpadu yang membutuhkan tenaga profesional seperti anda teman-teman dan gajinya lumayan dan jika pihak yayasan tahu kalau kamu lagi kuliah ‘S2” maka kemungkinan besar akan ditolerir karena bagi mereka kamu adalah” aset” yang kelak jika selesai studinya bisa mengajar full time di lembaganya.

Teman-teman juga bisa melemar kerja di perusahaan yang memiliki sistem shift (Masuk pagi jam 8 sampai jam 4 sore atau masuk sore sampai malam) biasanya perusahaan (alfamidi,indomaret) dan gajinya lumayan 2 juta sampai 3 juta dan sistem yang diterapakan adalah berkarir, jika teman-teman punya kinerja yang baik dalam beberapa bulan sudah bisa naik jabatanya, apalagi kerjanya Cuma cek-cek barang di ruangan ber-AC. Pokoknya tidak susah diterima kerja di perusahaan seperti ini Lulusan SMA saja diterima apalagi anda teman-teman yang sudah jadi sarjana profesional masa tidak diterima. Perusahaan seperti Alfamaret/midi atau indomaret sangat banyak tersebar di kota.

3. Kuliah S2 berarti akan mendapat tugas perkuliahan yang sangat susah! Apakah itu benar?

Tidak ada yang terlalu berat!!! semua diberikan secara proporsional (Allah tidak akan membebani seseorang melebihi batas sanggup dan mampunya).Tugas kuliah S2 beda tipis dengan tugas kuliah S1 dan bahkan sebagian tugas S1 mungkin lebih sulit dari tugas S2, apalagi kita punya teman yang sakti mandraguna yang tahu segala hal (siapa lagi kalau bukan mbah GOOGLE). Jadi masalah tugas jangan menjadi alasan kamu tidak lanjut kuliah carilah alasan yang masuk akal.

4. Dari mana saya dapat biaya untuk lanjut kuliah?

Akan ada banyak jalan jika memang kita mau, salah satunya melalui BEASISWA . sekarang ada begitu banyak beasiswa yang disediakan untuk kamu teman-teman kamu tinggal pilih, jika ingin dapat beasiswa salah satu syaratnya bisa berbahasa inggris itupun hanya untuk tes awal. Bagaimana caranya ? Mulailah kursus bahasa inggris atau minimal nonton satu film yang berbahasa inggris tiap hari tapi jangan munculkan subtitlenya karena itu sama saja bohong!!! Lalu catat kata-kata yang sulit atau yang tidak kamu ketahui artinya kemudian cari dikamus. Setidaknya ada 2 hal yang bisa kamu dapatkan yakni kamu bisa dapat ilmunya dan dapat dramanya asal jangan film aneh-aneh yang ditonton bukan ilmumu semakin bertambah melainkan semakin berkurang!!!. Itu adalah cara yang dilakukan mahasiswa yang mendapat skor TOEFL/IELTS yang sangat tinggi.

5. Bagaimana caranya lanjut S3??Hahaha...masih terlalu dini untuk mebicarakan hal itu sekarang yang mesti teman-teman lakukan adalah kuatkan tekad dan tentukan pilihanmu karena pilihanmu adalah kamu yang bisa menentukan, bukan saya dan mereka.

Dan ingatlah JIKA KITA MEMANG BENAR-BENAR MENGINGINKAN SUATU HAL MAKA KITA AKAN SELALU MENCARI JALAN BUKAN MENCARI ALASAN.demikialan artikel Mau Lanjut S2 tapi masih ragu??? ini solusinya" semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon