8 Tips Jitu Untuk Menjadi Penulis Hebat

Menulis adalah proses menuangkan ide dan gagasan 

8 Tips jitu untuk menjadi penulis hebat_ Ada sebuah ungkapan mengatakan bahwa gajah mati meninggalkan gading manusia mati meninggalkan nama. Untuk menjadi orang yang dikenal di masyarakat ataupun di dunia maka seseorang mesti memilki keahlian khusus. Salah satu jalan untuk dikenal orang adalah dengan menjadi seorang penulis namun untuk menjadi penulis hebat yang karyanya populer dan dikenal tidaklah muda, apalagi jika background anda memang bukan seorang penulis.

cara menjadi penulis yang handal memang tak semudah membalikkan telapak tangan perlu ketelatenan dan konsistensi, ibaratkan pisau "butuh diasah dan diasah sehingga bisa menjadi tajam". Menjadi seorang penulis membutuhkan insting dan kerangka pikir yang kuat agar konsep tulisan mudah dikembangkan dan yang pasti tulisan tersebut mudah dicerna dan dipahami oleh pembacanya.

Walaupun latar belakang kita bukan seorang penulis dan masih terbilang pemula namun jika bermimpi suatu saat nanti akan menjadi seorang penulis yang terkenal dan dihargai karyanya tidak ada salahnya mencoba tips-tips berikut.  

8 tips jitu untuk menjadi seorang penulis yang hebat dan handal

1. Belajar
Semua orang yang sukses dalam bidangnya adalah orang yang sebelumnya selalu meluangkan waktunya untuk terus belajar begitu pula halnya untuk menjadi penulis hebat. Syarat utama untuk menjadi penulis hebat adalah belajar, belajar dan terus belajar akan membuat kemampuan anda semakin meningkat.

2. Realistis
Seorang penulis harus realistis dalam menulis maksudnya adalah objek yang menjadi pilihan dalam tulisannya adalah hal yang memang menjadi kesenangannya maka dengan itu aktivitas menulis tidak menjadi beban namun justru menjadi sangat mengasikkan.

3. Konsisten
Banyak penulis pemula yang berhenti ditengah jalan karena melihat hasil tulisannya yang tidak dihargai atau tidak menarik bagi orang lain namun hal tersebut tidak boleh dijadikan alasan untuk kemudian memutuskan untuk berhenti menulis.  Semua butuh proses maka sebaiknya anda tetap konsisten dalam menghasilkan karya ingat seekor burung  lincah terbang pada awalnya hanyalah seekor burung yang takut jatuh ketika dia mulai belajar terbang

4. Inovatif
Tidak dapat dipungkiri bahwa ada jutaan penulis namun hanya beberapa dari mereka yang mampu sukses dan populer dengan hasil karyanya. Maka sebagai seorang penulis apalagi penulis pemula maka sangat dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menelurkan suatu hasil karya.

5. Posisikan diri sebagai pembaca
Seorang penulis yang hebat selalu menempatkan dirinya sebagai pembaca atas tulisannya.

6. Ikut kompetisi (lomba menulis)
Salah satu cara untuk mengetahui sudah diposisi mana kemanpuan anda menulis adalah dengan ikut kompetisi. Posisi atau rangking yang ada raih menunjukan seberapa berkualitas tulisan anda. Kompetisi juga bisa menjadi bahan untuk instrospeksi diri melihat apa yang masih kurang dalam tulisan anda.

7. Tulisan yang bermanfaat dan memecahkan masalah
Kebanyakan penulis sukses karena mereka menghasilkan karya yang unik dan bermanfaat serta dapat menjadi dalam memecahkan suatu masalah.

8. Bergabung dengan komunitas penulis
Gabung dengan komunitas tertentu atau komunitas menulis bisa menjadi nilai lebih bagi anda pasalnya anda bisa saling bertukar pikiran dengan rekan sesama penulis dan jika punya masalah akan ada banyak solusi yang bisa diberikan oleh teman komunitas.

Demikianlah 8 Tips jitu untuk menjadi penulis hebat, sebenarnya ada begitu banyak tips dan trik yang biasa dipraktikan oleh sebagian orang hingga bisa sukses menjadi penulis yang terkenal namun adakalanya konsep atau cara yang mereka terapkan justru tidak efektif ketika kita terapkan dalam konsep hidup kita, oleh karena itu untuk menjadi hebat dan sukses maka setiap orang harus menemukan cara yang memang sesuai dengan karakternya sehingga bisa dengan mudah merealisasikan setiap mimpinya.

0 Response to "8 Tips Jitu Untuk Menjadi Penulis Hebat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close