Thursday, 14 June 2018

Pengertian Tes CAT dan Kepanjangan CAT

Tags
Pengertian Tes CAT dan Kepanjangan CAT_ Sahabat netizen yang tercinta, penerimaan ASN/CPNS tahun 2018 akan kembali dibuka. Dalam sistem seleksi ASN/CPNS akan menggunakan sistem CAT. Bagi sebagian orang istilah CAT mungkin masih kurang lazim akan tetapi jika anda memiliki itikad untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini, ada baiknya anda mengetahui apa sih sistem CAT tersebut.

Pengertian Tes CAT dan Kepanjangan CAT

CAT sendiri adalah singkatan dari Computer Assisted Test, secara artian maka CAT berarti ujian dengan menggunakan bantuan komputer. Penulis sendiri sudah pernah mengikuti seleksi CPNS dengan menggunakan sistem tes CAT dalam proses seleksi.

Oke, baiklah saya akan sedikit membagi pengalaman saya saat mengikuti seleksi CPNS dengan menggunakan sistem CAT. Proses ujian CPNS yang saya ikuti dilakukan di kantor BKD provinsi sulawesi selatan, prosedur tes CAT dilakukan secara bergantian, berhubung jumlah komputer yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah peserta tes CAT.

Setelah masuk dalam ruangan tes CAT, kita akan memilih komputer yang akan digunaka untuk tes CPNS dengan sistem CAT. Sebelum CAT, kalau tidak salah kita mesti log-in dengan menggunakan Id kita yang didapatkan setelah lolos verifikasi berkas.

Selanjutnya setelah log-in kita akan dihadapakan dengan soal yang berjumlah 100 buah dengan waktu yang disediakan untuk mengerjakannya adalah  90 menit (kalau tidak salah, soalnya saya ikut tes pada tahun 2014).

Soalnya terdiri dari 3 kategori yakni soal TKP (Tes kepribadian), TIU (Tes Intelegengsi Umum) dan Tes TKW (Tes Kewarganegaraan).

Perbedaan soal TKP, TIU dan TKW
Soal TIU jika benar skornya 5 jika salah skornya 0
Soal TKW jika benar skornya 5 jika salah skornya 0
Soal TKP memiliki jenis penilaian tersendiri, rentang nilainya dalam satu soal ada 4 yakni (5, 4, 3, 2 dan 1) kalau tidak salah
Benar sekali skor 5
Benar skor 4
Standar 3
kurang benar 2
tidak benar 1
(Catatan: rentang skor TKP sendiri sudah agak saya lupa tapi kurang lebih kayak di atas)

Jadi ceritanya soal TKP memiliki jawaban yang bisa dijawab secara berbeda oleh peserta seleksi CAT karena tes TKP lebih kepada tes psikologi (kepribadian).

Selanjutnya cara menjawabnya tidak perlu berurutan, bisa dilakukan secara acak, atau bisa jawab berdasarkan soal yang mana bisa anda jawab. Untuk menjawab soalnya yang anda suka tinggal anda meng-klik nomor soal yang anda inginkan.

Tips menjawab soal TKD (tes kompetensi dasar) CAT
Sebaiknya jawab dulu soal TKP, karena tidak membutuhkan proses berpikir yang panjang, sekaligus bisa lebih menghemat waktu yang digunakan untuk menjawab soal selanjutnya.

Setelah soal TKP selesai anda bisa memilih antara soal TKW dan TIU, tinggal anda pilih yang mana menurut anda mudah untuk dikerjakan. Sebaiknya hindari soal tes logika karena bisa membuat pikiran blenk.

Demikianlah Pengertian Tes CAT dan Kepanjangan CAT, semoga  bermanfaat untuk anda

computer assisted test, pengertian tes cat, contoh soal computer assisted test (cat), cara menggunakan sistem cat, tkd kepanjangan dari, simulasi cat kemendikbud, sistem penilaian cat cpns 2017, contoh soal, tes kompetensi dasar (tkd) pdf.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon