Sunday, 3 June 2018

16 Cara Ampuh Mengatasi Depresi dan Stres

Tags
16 Cara Ampuh Mengatasi Depresi dan Stres_Apa yang anda alami hari ini adalah dampak dari pikiran anda kemarin, apa yang akan anda alami esok hari adalah dampak dari pikiran anda hari ini. Lantas bagaimana dengan perasaan depresi, stress dan cemas yang melanda anda. Apakah kondisi tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal atau justru ditentukan oleh faktor internal (mindset, psikologis, pikiran).


Depresi dan stress adalah hal yang sangat membebani psikologis dan menjadi beban bagi pikiran, depresi dan stress juga bisa membuat daya tahan tubuh melemah akibatnya tubuh menjadi rentang diserang oleh penyakit.

Dalam pencarian diinternet penulis menemukan banyak  kata kunci yang mencari tentang: cara mengatasi depresi menurut islam, mengatasi depresi berkepanjangan, cara menyembuhkan deprsi secara alami, cara menghilngkan depresi akut, cara mengobati stress menurut islam dan cara menghilangkan stress.

Pencarian tersebut mengindikasikan bahwa saat ini ada sebagian orang yang sedang mengalami stress dan depresi, maka dari itu penulis berinisiatif untuk membuat artikel yang berjudul cara mengatasi depresi dan stres yang efektif dan penulis berharap artikel ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi perasaan depresi dan stress yang anda alami saat ini.

Untuk mengatasi depresi dan stress tidak bisa kita serta merta kita mempraktikan berbagai tips dan cara  mengatasi stress dan depresi. Namun hal yang pertama sebaiknya anda lakukan adalah dengan mendeteksi penyebab anda mengalami masalah depresi dan stress.

Analoginya bisa dijelaskan dengan ungkapan/pertanyaan seperti berikut; Jika anda menemukan air yang tergenang di lantai dalam rumah anda apa yang akan anda lakukan? Jawaban yang lumrah adalah dengan mengabil kain pel kemudian mengepel genangan air tersebut. Jawaban tersebut sama halnya dengan kita cenderung langsung mencari cara untuk mengatasi masalah yang kita hadapi.
Padahal bisa jadi air yang tergenang di lantai rumah disebabkan oleh atap rumah yang bocor sehingga meskipun anda telah mengepelnya, genangan tersebut akan muncul lagi jika hujan datang lagi. Apa makna dari analogi tersebut?

Maksudnya adalah jika perasaan stress dan depresi tidak dicari tahu akar penyebab munculnya  maka bisa jadi dengan menerapkan tips dan cara mengatasi perasaan tersebut akan menghilangkan untuk sementara perasaan depesi dan stress yang anda hadapi namun perasaan tersebut akan muncul lagi.
Oleh Karena itu mari kita cari tahu apa yang bisa menjadi akar penyebab/masalah munculnya depresi pada seseorang;

Penyebab munculnya depresi dan stres

1. Pikiran
Pikiran adalah raja dalam diri manusia, pikiran sendiri terdiri dua yakni pikiran positif dan pikiran negatif. Pikiran sangat memengaruhi perasaan dan perilaku seseorang, Otak sendiri akan merespon apa yang sedang dipikirkan seseorang, jika yang dipikirkan hal positif maka otak akan membuka file-file yang berisi pengalaman/pengetahuan positif sehingga akan menimbulkan perasaan ceria pada diri seseorang. Sebaliknya jika yang pikirkan adalah hal negative maka otak akan membuka file-file yang berisi hal-hal kurang menyenangkan sehingga membuat orang yang terkait menjadi sedih, gelisah, depresi dan galau.

Otak ibaratkan lahan dan pikiran akan menentukan hal yang muncul dalam otak, jika kita menanam jagung maka yang akan tumbuh adalah jagung, jika kita menanam duri maka yang akan tumbuh duri, sehingga bahagia dan sedihnya diri anda tergantung apa yanga anda pikirkan karena pada dasarnya otak akan merespon apapun yang anda pikirkan.

Apa saja yang bisa ditimbulkan oleh pikiran dan sebesar besar pengaruh pikiran terhadap diri anda? Berikut beberapa hal yang bisa ditimbulkan oleh kekuatan pikiran
1. Pikiran berpengaruh pada penghargaan diri sendiri
2. Pikiran berpengaruh pada kepercayaan diri
3. Pikiran berpengaruh pada perilaku
4. Pikiran berpengaruh pada indera
5. Pikiran berpengaruh pada hati
6. Pikiran berpengaruh pada menguatkan dan melemahkan kekuatan diri
7. Pikiran berpengaruh pada kondizi kesehatan
8. Berpikir melahirkan kebiasaan.

\Ada banyak hal yang dipengaruhi oleh pikiran termasuk perasaan depresi dan stress, stress dan depresi sejatinya muncul karena pola pikir anda sendiri. Seperti yang kita ketahui otak tidak bisa fokus dalam memikirkan dua hal sekaligus, otak hanya bisa fokus pada satu hal, sehingga kita bisa beragumentasi bahwasanya stress dan depresi muncul karena anda fokus memikirkan hal-hal yang menyebabkan anda depresi.

Lalu bagaimana agar bisa move on? Hal yang pertama anda mesti ubah adalah cara berpikir anda. Ada sebuah kisah; seorang pasangan suami istri yang meminta untuk bercerai dari suaminya lantaran suaminya tiap malam ia mendengkur/ngorok.

Datanglah sang istri tersebut pada orang yang terkenal bijak dan menceritakan keluh kesahnya, apa yang dikatakan oleh orang bijak tersebut? Dia mengatakan bahwa ngoroknya suami anda berarti suami anda masih berada di samping anda, jika suami anda tidak ngoro maka ada dua kemungkinan! Dia telah tidur dengan wanita lain atau di telah meninggal.

Mendengar nasihat tersebut sang istri pulang, berselang beberapa lama kemudian sang istri kembali
bertemu dengan orang yang terkenal bijak tersebut. Bertanyalah sang bijak kepada wanita tersebut, “bagaimana suami anda, apa sudah berhenti mengorok?” tidak jawab sang istri tersebut ‘bahkan ngoroknya tambah kencang’ tapi saat saya mendengar ngoroknya suami saya, saya seperti mendengar alunan music yang sangat indah.

Apa pelajaran yang  bisa dipetik dari kisah di atas? Pelajarannya ialah terkadang bukan masalahnya yang mesti dihilangkan tapi cara berpikir kitalah yang mesti diubah sehingga sesuatu yang pada awalnya kita anggap sebagai suatu masalah menjadi bukan lagi masalah setelah cara berpikir kita diubah.

Sama halnya dengan depresi dan stress yang anda hadapi, semuanya dipengaruhi oleh pikiran anda sendiri dan cara menyikapinya. Maka berpikirlah bahwa masalah yang anda hadapi saat ini;
1. Pasti sanggup anda pikul
2. Pasti ada jalan keluarnya
3. Pasti ada hikmah dan kebaikannya
4. Untuk menjadikan anda pribadi yang lebih sabar
5. Tidak seberapa di banding masalah orang lain.

Oleh karena itu fokuslah memikirkan hal-hal yang bisa membuat anda bahagia, pejamkan mata anda dan ingat orang-orang yang anda sayangi, ingat kejadian-kejadian lucu yang pernah anda lihat dan alami. Maksimalkan memikirkan hal positif dan minimalisir memikirkan hal negative dengan begitu hidup anda pasti akan berubah.

2. Mindset
Mindset adalah sering memikirkan sesuatu dan menggambarkan bahwa pengalaman tertentu memiliki efek tertentu. Mindset adalah sekumpulan pikiran yang terjadi berkali-kali diberbagai tempat dan waktu dan diperkuat dengan keyakinan dan proyeksi sehingga menjadi kenyataan yang dapat dipastikan di setiap tempat dan waktu.

Depresi dan stress muncul karena pikiran anda telah berulang-ulang memikirkan suatu hal yang buruk sehingga menjadi mindset dalam pikiran anda. Agar anda bisa menghilangkan perasaan depresi dan stress maka mindset yang membuat anda stress dan depresi harus dialihkan dengan memikirkan hal yang lain atau dengan mensugesti diri anda  dengan hal-hal yang menyenangkan.

Tahukah anda bahwa pura-pura bahagia, pura tersenyum bisa meransang pikiran anda untuk benar-benar menjadikan anda merasa bahagia, hal tersebut terjadi karena otak tidak mampu membedakan yang benar-benar anda rasakan, otak hanya mengikuti arahan dari pikiran anda. Sehingga jika anda berpikir tentang hal-hal yang membahagiakan maka otak akan membuka file kebahagian dalam memori otak anda.

Ada sebuah ungkapan yang berbunyi seperti ini; seekor burung tidak bisa merubah arah angina tapi dia bisa merubah arah sayapnya untuk mencapai tujuan’. Apa makna ungkapan tersebut? Bahwasanya masalah adalah suatu hal yang mutlak dan penyelesainya adalah cara kita memikirkan dan menyikapi masalah tersebut, oleh karena itu kita dituntut untuk bijak dalam menghadapi masalah dan lebih fokus melihat hikmah dan hal yang baik yang bisa dipetik dari masalah tersebut.

Okey…. Setelah tahu sumber perasaan stress dan depresi adalah pikiran, selanjutnya kita coba cari tahu kenapa muncul pikiran tersebut. Depresi dan stress erat kaitannya dengan masalah yang sedang dihadapi, agar bisa keluar dari perasaan stress dan depresi maka hal aplikatif yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

Hal aplikatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi dan stres

1. Menerima diri sendiri
Depresi dan stressbisa jadi  muncul karena kita belum bisa menerima keadaan, belum bisa menerima  hal yang menimpa kita. Maka terimalah diri sendiri dengan apa adanya, syukuri apa yang masih kita miliki, karena jika dibangdingkan dengan malasah/kekurangan yang dimiliki dengan kelebihan dan nikmat yang allah berikan maka sudah pasti ada jauh lebih banyak nikmat yang allah berikan untuk kita. Terimalah setiap kekurangan yang allah berikan karena allah menitipkan kelebihan dibalik kekurangan, kekuatan dibalik kelehaman dan harapan dibalik keputusasaan.

2. Mencintai diri sendiri
Yakinilah bahwa warna kulit, tinggi badan, wajah, rezeki adalah pemberian allah dan segala yang allah berikan adalah baik meskipun kadang ada hal yang tidak kita sukai. Cintailah diri anda sendiri dengan segala kekuarangannya.

Perasaan depresi dan stress juga bisa disebabkan oleh 3 hal yang saling berkaitan dan ketiga hal tersebut berkaitan dengan waktu yakni
1. Masa lalu
2. Masa sekarang
3. Yang akan datang

Ada orang yang merasa depresi dan stress karena kejadian masalalu yang masih dia pikirkan dimasa sekarang dan membuatnya merasa takut dengan apa yang akan terjadi di masa yang akan dating. Hal tersebut tak lebih dari perasaan phobia (takut) yang berlebihan dan solusinya tiada lain selain bertawakkal pada allah (berserah diri pada allah) bahwasanya segala yang menimpa anda adalah takdirnya (ketetapan dan ketentuannya).

16 Cara untuk meminimalisr perasaan stress dan depresi

1. Shalat
Hanya dengan mengingat allah hati akan menjadi tenang (Al-Quran)

2. Mengaji
Penelitian menunjukan bahwa mendengar/menbaca al-qurang bisa membuat perasaan menjadi rileks, tenang

3. Berwudhu
Basuhan air wudhu bisa membuat tubuh mejadi segar dan perasaan menjadi stabil

4. Makan-makanan enak
5. Menonton

6. Menikah
Butuh teman hidup untuk menemani anda berjuang dalam kerasanya ombak kehidupan

7. Jogging
Anda bisa memilih untuk jogging sembari melihat hal-hal baru

8. Berlibur
Berlibur ke tempat yang indah akan menurunkan kadar depresi dan stres

9. Main game
Main game dapat mengalihkan pikiran dari perasaan stres dan depresi

10. Dengar music (music islami/Al-quran)
Isi waktu dengan mendengarkan al-quran

11. Mendengar kata-kata motivasi
Kuatkan hati dan keyakinan dengan mendengar kata-kata motivasi

12. Bercanda dengan teman
Bercanda dengan teman agar bisa melupakan hal-hal yang bisa memicu munculnya perasaan stres dan depresi

13. Dengar ceramah
Dengar ceramah untuk menguatkan iman anda

14. Ikut kajian islam
berkumpul dengan orang sholeh akan memberikan energi positif pada jiwa anda

15. Membantu/menolong oranglain
Menolong orang lain akan membuat kita menjadi bahagia

16. Berdoa
senjata orang beriman adalah doa, jika anda ingin sembuh dari penyakit depresi dan stres maka berdoalah dan minta kesembuhan dari allah.

Allah tidak akan merubah suatu kaum sebelum dia berusaha merubah diri sendiri (Al-Quran) jika anda ingin sembuh dari penyakit stress dan depresi maka ubahlah cara berpikir anda dan berusahalah menjadi pribadi yang selalu positif dalam menyikapi keadaan.

Anda berpikir bisa atau tidak bisa, dua-duanya akan benar, jika anda berpikir bisa maka insyaallah bisa dan begitu sebaliknya. Dan saya yakin anda bisa keluar dari belenggu pikiran depresi dan stres ang selama ini anda alami. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon