Saturday, 19 May 2018

5 Keuntungan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan Saat Kuliah

5 Keuntungan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan Saat Kuliah_ Ketika menyelesaikan studi dibangku sekolah menengah atas, banyak teman-teman yang bingung hendak menentukan pilihan untuk memasuki perguruan tinggi. Alasan-alasan yang membayangi didominasi dengan ketakutan akan pertimbangan dengan lowongan kerja yang akan didapatkan setelah tamat kuliah atau wisudah. Pada kesempatan ini ada rekomendasi jurusan yang perlu menjadi pertimbangan saudara yakni Perpustakaan.


Mengapa harus memilih perpustakaan? Pertanyaan ini akan terjawab setelah anda menuntaskan membaca artikel ini. Perpustakan adalah institusi pengelolah karya tulis, karya cetak, serta karya rekam yang dikelola berdasarkan standar yang baku guna memenuhi kebutuhan penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebelum kita berbicara jauh tentang peluang yang bisa diperoleh dengan jurusan ilmu perpustakaan, terlebih dahulu saya menjelaskan tentang jenis-jenis perpustakaan. Undang-undang perpustakaan no 43 tahun 2007 menjelaskan bahwa perpustakaan terdiri dari perpustakaan Nasional, Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Khusus,  dan Perpustakaan Sekolah.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

Perpustakaan Nasional merupakan LPND yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan dan berkedudukan di ibukota Negara. Sedangkan perpustakaan Umum didefinisikan sebagai perpustakaan wilayah atau perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan bahkan desa serta dapat diselenggarakan oleh masyarakat.

Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang berada dibawa lembaga perguruan tinggi. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang merupakan wadah penunjang pelaksanaan pendidikan di sekolah, baik tingkat SD, SMP maupun SMA. Perpustakaan sekolah juga memberikan penekanan bahwa idealnya anggaran yang dialokasikan untuk perpustakaan oleh sekolah adalah sebesar 5 % dari dana pendidikan. Selanjutnya adalah perpustakaan khusus. Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang berada dibawah lembaga instansi swasta. Ada banyak keuntungan dan peluang yang bisa didapatkan ketika hendak memili jurusan perpustakaan; berikut ulasanya;

5 Keuntungan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan Saat Kuliah

1. Perpustakaan adalah salah satu jurusan yang mempunyai lowongan kerja yang cukup banyak
Pertama, perpustakaan adalah salah satu jurusan yang mempunyai lowongan kerja yang cukup banyak. Pada kesempatan ini saya mau berbagi cerita dengan anda. Dalam undang-undang sistem pendidikan nasional (dengan akronim UU sisdiknas) yaitu undang-undang No. 20 tahun 2003 disebutkan setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik.

Baca juga: 9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Dalam penjelasan undang-undang tersebut (Sisdiknas) pada bab XII tentang sarana dan prasarana pendidikan pasal 35 bahwa standar sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi, dan sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.

Hal ini dipertegas denga peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan yang menyebutkan setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainya. Pada pasal ini menyebutkan bahwa perlunya tenaga pustakawan untuk semua jenjang pendidikan mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, Paket A, Paket B, Paket C dan lembaga kursu lainnya.

Data pada tahun 2016/2017 menunjukkan jumlah sekolah Tingkat Kanak-kanak berjumlah 88.381 unit, SLB 2.070, SD 147.503, SMP 37.763, SMA 13.144, dan SMK 13.236. dengan demikian jumlah sekolah yang ada di indonesia pada tahun 2016/2017 baik negeri maupun swasta berjumalah 302.097. Dengan demikian ketika mengacu pada regulasi maka, kebutuhan tenaga kerja yang bekerja di perpustakaan paling tidak 302.097 orang.  Selanjutnya bagaimana dengan perpustakaan khusus, bagaimana dengan perpustakaan perguruan tinggi dan bagaimana dengan perpustakaan umum, dan bagaimana dengan perpustakaan Nasional. Tentu itu adalah peluang yang cukup menjanjikan.

2. Pustakawan Mempunyai Tunjangan Fungsional
ketika memasuki dunia kerja kita mulai berbicara perbandingan dengan berbagai jenis profesi. Perpustakaan sebagai sebuah organisasi juga disebutkan dalam undang-undang no 43 tahun 2007 bahwa tenaga perpustakaan atau pustakawan merupakan sebuah profesi. Layaknya sebagai tenaga profesional, maka pustakawan juga mempunyai regulasi terkait dengan pengaturan tunjangan profesi.

Besarnya tunjangan pustakawan dapat dilihat pada poin-poin di bawah ini;
1. Pustakawan pelaksana Rp. 350.000
2. Pustakawan Pelaksana Lanjutan  Rp. 420.000
3. Pustakawan Penyelia Rp. 700.000
4. Pustakawan Pertama Rp. 520.000
5. Pustakawan Muda Rp. 800.000
6. Pustakawan Madya Rp. 1.100.000
7. Pustakawan Utama Rp. 1.300.000

Tunjangan jabatan fungsional pustakawan diberikan sejak peraturan presiden diundangkan.

3. Pustakawan Mempunyai Jenjang Karir Yang Jelas
Ketiga; keuntungan lain yang diperoleh dengan profesi ini adalah jenjang karir. Dalam dunia kerja tentu kita bertanya tentang peluang yang akan dicapai terhadap sebuah profesi. Hari ini banyak yang tertarik dengan profesi keguruan dengan alasan bahwa jenjang karir keguruan sangat menjanjikan. Kita lupa bahwa profesi dosen jauh lebih cepat peningkatan karirnya dibandingkan dengan Guru.

Tetapi setelah melihat beberapa kenyataan dilapangan, ternyata perpustakaan menunjukkan data-data yang cukup menggiurkan. Jenjang jabatan fungsional pustakawan berdasarkan keputusan Menpan 132/KEP/MENPAN/12/2002 tentang jabatan fungsional dan angka kreditnya yang memuat aturan-aturan pokok yang harus diikuti dalam pelaksanaan jabatan fungsional pustakawan.

Mekanisme ini menunjukkan bahwa jabatan Fungsional pustakawan bisa diajukan setelah tenaga pustakawan telah bekerja selama satu tahun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Jafung Dosen dan Jafung Pustakawan mempunyai proses yang sama dan waktu tunggu yang sama pula.
'
4. Jurusan Perpustakaan Menumbuhkan Budaya Baca Masyarakat
Keempat; Perpustakan sebagai alat strategis menciptakan budaya baca. Pembunuhan, pemerkosaan, aborsi, narkoba, korupsi dan berbagai bentuk kejahatan lain yang ada dinegeri ini merupakan lingkaran setan yang mengerikan.

Kita tau bahwa setiap dinamika tentu ada solusi dibaliknya. ketika ada Namrud maka ada Nabi Ibrahim, ketika ada Buhtanashor maka ada Sulaiman, ketika ada Abu Jahal dan Abu Lahab maka ada Muhammad. Begitulah hidup, pasti ada dinamika dan ada penawar. Sebagaimana fenomena itu disebut sebagai lingkar setan, maka salah satu pemutusnya adalah dengan membaca.

Pendidikan sudah menjadi pusat perhatian pemerinta, hal ini bisa ditunjukkan dengan besaran anggaran APBN yang dialokasikan untuk pendidikan yankni 20% setiap tahunya. Namun kita lupa bahwa banyak orang yang berpendidikan yang tidak terdidik, dibuktikan dengan banyaknya pejabat negara yang menyandang gelar Doktor dan Bahkan Profesor terjerat kasus yang memalukan.

Sehingganya strategi pemerintah dalam mengatasi problem ini diibaratkan sebagai pemadam kebakaran yang sifatnya tambal sulam. Pada kenyaataan ini maka solusi yang ditawarkan kepada pemerintah adalah dengan peningkatan budaya baca.

Gubernur DKI jakarta, Anies Baswedan dalam sebuah sambutan menyebutkan bahwa bangsa indonesia mempunyai minat baca yang tinggi namun tidak punya daya baca, hal ini dibuktikan dengan kemampuan kita membaca Whatsap berjam-jam namun membaca buku yang sangat minim.

Oleh karena itu, dengan hadirnya perpustakaan, tentunya membuka ruang dan peluang untuk menjalankan konsep yang disebut dengan literasi informasi, bagaimana membangun semangat masyaratakat untuk membaca informasi yang menjadi Knowledge. Sehingganya profesi pustakawan bisa memberi kebahagiaan dunia dan juga kebahagiaan akhirat.

5. Perpustakaan adalah profesi yang menjanjikan dan mempunyai peran penting dan strategis dalam memanusiakan manusia.
Pada penutupan kami memberi penegasan bahwa perpustakaan adalah profesi yang menjanjikan dan mempunyai peran penting dan strategis dalam memanusiakan manusia. Salam Literasi (By Azaz Akbar)

universitas yang ada jurusan ilmu perpustakaan. gaji lulusan ilmu perpustakaan. jurusan ilmu perpustakaan di ui, jurusan ilmu perpustakaan undip, universitas swasta yang ada jurusan ilmu perpustakaan, mata kuliah ilmu perpustakaan unpad, alumni ilmu perpustakaan universitas yang ada, jurusan ilmu perpustakaan 2017.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon