Sunday, 13 May 2018

6 Contoh SMS ke Dosen Yang Baik dan Benar

6 Contoh SMS ke Dosen Yang Baik dan Benar_ Membangun komunikasi yang baik dengan dosen adalah hal yang sebaiknya dilakukan oleh setiap mahasiswa, pola komunikasi yang baik dengan dosen akan menjadi penilaian tersendiri seorang dosen terhadap mahasiswa yang terkait (khususnya penilain afektif/sikap).
6 Contoh SMS ke Dosen Yang Baik dan Benar

Dalam proses perkuliahan kadangkala seorang mahasiswa memiliki suatu keperluan terhadap dosennya baik itu untuk melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing akademik, menyampaikan informasi terkait tidak bisa mengikuti perkuliahan lantaran sakit, ingin meminta izin kepada dosen karena ada keperluan yang mendesak atau sekedar mengingatakan dosen terkait adanya jadwal mata kuliah. Namun karena terkendala jarak dan efesiensi maka penyampaian tersebut harus disampaikan melalui telepon, SMS dan chat melalui WA dan BBM.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

Nah yang perlu anda pahami sebagai mahasiswa adalah  bagaimana cara yang tepat menyampaikan pesan kepada dosen anda (baik melalui telepon atau SMS) agar pesan yang anda sampaikan bisa membuat dosen yang terkait memberikan apresiasi yang postif dengan pesan yang anda ingin sampaikan.

Baca juga: 9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Sebelum mengirim pesan atau menelpon dosen anda sebaiknya anda memilih waktu yang tepat untuk menelponnya atau mengirimkan pesan. berikut waktu tepat untuk menghubungi dosen menurut penulis.

Waktu yang tepat untuk menghubungi dosen.

1. Selepas shalat subuh
Jika dosen anda memiliki kebiasaan shalat tepat waktu, maka waktu selepas shalat subuh adalah waktu yang bisa anda pilih untuk menelpon/mengirimkan pesan. Biasanya orang yang selalu shalat tepat waktu tidak akan tidur selepas melaksanakan shalat subuh, serta kemungkinan akan melakukan kegiatan santai di rumahnya sembari menunggu waktu berangkat kerja.

2. Sebelum atau sesudah shalat dhuhur
Waktu sebelum dhuhur dan setelah dhuhur biasanya adalah waktu jedah jadi bisa anda manfaatkan untuk menelpon dosen anda.

3. Sore hari
Sore hari adalah waktu istirahat setelah melakukan rutinitas padat, waktu ini bisa anda pilih untuk menghubungi dosen anda

5.Setelah isya
Selepas shalat isya bisa menjadi waktu yang tepat pula untuk menghubungi dosen anda.

(catatan: Cari tahu waktu-waktu sibuk dosen yang akan anda hubungi, hindari menghubungi dosen anda diwaktu sibuk karena bisa jadi justru akan membuatnya memberi respon negatif pada anda)

Ketahui karakter dosen anda
Satu hal yang tidak boleh anda abaikan dalam memulai komunikasi dengan dosen anda yakni memcoba membaca karakter dosen anda, karena sudah bisa dipastikan setiap dosen memiliki karakter yang berbeda. jadi anda mesti harus menyesuaikan pola komunikasi dengan dosen yang akan anda hubungi.

6 Contoh SMS ke Dosen Yang Baik dan Benar 

1. contoh sms dosen minta izin sakit
Assalamualaikum...
Saya syamsurijal mahasiswa semester IV, kelas F hari ini belum bisa mengikuti perkuliahan yang bapak bawakan karena sakit, atas apresiasinya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

2. contoh sms ke dosen pembimbing yang sopan
Assalamualaikum...
Maaf menganggu waktunya
Saya atas nama budi, mahasiswa bimbingan skripsi bapak.
Ingin bertanya kapan saya bisa konsultasi ke ruamah/ruagan bapak?
terima kasih sebelumnya.

3. contoh sms dosen minta izin sakit
Assalamualaikum...
Dengan segala rasa hormat, saya ingin menyampaikan bahwa hari ini saya tidak sempat mengikuti mata kuliah bapak, lantaran sakit.
Nama: Andi
Semester: VI
Kelas: H
Atas perhatinnya saya ucapkan terima kasih.

4. Contoh sms minta izin ke dosen
Assalamualaikum...
Pak hari ini saya mau minta izin, soalnya lagi ada keperluan mendadak yang urgent jadi belum bisa mengikuti mata kuliah bapak, sebagai gantinya saya harap bisa diberi tugas tambahan untuk menganggtani ketidakhadiran saya. (Anto, kelas C, semester II)

5. Cara sms dosen pembimbing akademik
Assalamualaikum...
Selamat pagi/siang/sore/malam, Saya atas nama Ulil, mahasiswa bimbingan bapak. Saya ingin bertanya, kapan bapak punya waktu untuk menerima saya bimbingan di rumah/kantor bapak? terima kasih, maaf sudah menganggu waktunya.

6. Sms mengingatkan dosen
Assalamualaikum pak...
Saya Linda ketua tingkat dari kelas E semester III, besok jam 7.30 WIB/WITA/WIT bapak punya jadwal mengajar di kelas kami dengan mata kuliah Psikologi pendidikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih,

Catatan: Untuk menyampaikan sesuatu pada dosen, sebaiknya disampaikan melalui telepon, karena hal tersebut lebih etis ketimbang melalui SMS, namun jika keadaan kurang mendukung bisa juga melalui SMS, dan sebaiknya gunakan kata-kata yang sopan dan lembut.

similar search: contoh sms ke dosen pembimbing yang sopan, contoh sms dosen yang baik dan benar, contoh sms minta izin ke dosen, sms mengingatkan dosen, cara sms dosen pembimbing akademik, contoh izin sakit ke dosen lewat sms, contoh sms dosen minta izin sakit,cara izin sakit ke dosen lewat sms

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon