Tuesday, 13 February 2018

Cara Download dan Instal Aplikasi Info Guru dari Dirjen GTK di Playstore

Cara Download dan Instal Aplikasi Info Guru dari Dirjen GTK di Playstore_  Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

Baca juga: 10 Alasan Memilih Menjadi Guru

NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya. GTK dapat memiliki NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah di-input dengan lengkap, benar dan valid dalam aplikasi Dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Setelah melalui proses verifikasi dan validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan – Kemendikbud, bagi GTK yang memang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk GTK secara sistem untuk dilengkapi dokumen-dokumen yang sesuai persyaratan untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui sistem Aplikasi Verval GTK untuk di verifikasi, setelah lolos verifikasi oleh Disdik selanjutnya secara sistem akan diverifikasi oleh Ditjen GTK dan bila selanjutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK bagi GTK tersebut.

Bagi anda yang ingin mengecek informasi seputar guru dan tenaga kependidikan (GTK) sekarang bisa lebih dimudahkan dengan dikeluarkannya aplikasi yang bernama info guru berbasis android, Aplikasi tersebut dikeluarkan oleh Dirjen GTK, tujuannya tak lain untuk memudahkan guru dalam mengecek informasi seputar GTK, anda bisa mendowload aplikasi tersebut melalui link ini; https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vanhoten.infogtk.
Lantas bagaimana cara mendownload aplikasi info guru di playstore, berikut caranya:

Cara Download Aplikasi Info Guru dari Dirjen GTK di Playstore

1. Buka aplikasi playstore
Untuk menginstal aplikasi info guru yang pertama anda harus lakukan adalah membuka aplikasi playstore, aplikasi playstore bisa anda bukan langsung melalui link ini; https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vanhoten.infogtk.

2. Klik/tulis dilaman pencarian "info guru"
Selanjutnya setelah anda telah masuk dalam laman playstore selanjutnya anda search/cari aplikasi info guru dengan menulis dipencarian "info guru", seperti contoh gambar di bawah ini

2. Instal aplikasi info guru
Selanjutmya setelah muncul aplikasi info guru, selanjutnya anda tinggal klik menu instal, seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini


3. Login dengan menggunakan Nuptk dan tanggal lahir
Setelah aplikasi info guru terinstal di Hp anda, selanjutnya buka aplikasi tersebut, agar bisa memgakses aplikasi tersebut, gunakan Nuptk dan tgl lahir anda untuk login, seperti ampilan gambar di bawah ini


4. Fitur aplikasi info guru
Dalam aplikasi info guru ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan dengan efesien hanya melalui smarrphone anda, berikut fiturnya yang ditunjukan pada gambar di bawah ini





Demikianlah Cara Download dan Instal Aplikasi Info Guru dari Dirjen GTK di Playstore, semoga memberi manfaat untuk anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon