Wednesday, 31 January 2018

8 Tips Agar Bisa Fokus Saat Belajar

8 Tips Agar Bisa Fokus Saat Belajar - Apa kabar kalian para calon orang sukses, sukses adalah kepastian dan salah satu cara agar bisa meraih kesuksesan yakni dengan giat belajar. Belajar adalah suatu keharusan jika anda benar-benar ingin sukses, paradigm belajar sendiri tidak sebatas anda duduk dalam ruang kelas sembari mendengarkan apa-apa saja yang guru anda jelaskan.

8 Tips Agar Bisa Fokus Saat Belajar

Namun lebih dari itu belajar sendiri meliputi berbagai hal; baik itu berkaitan dengan keseharian anda, permasalahan yang sedang anda alami dan masih banyak hal lainya bisa masuk dalam kategori proses belajar bagi anda. Belajar yang demikian dinamakan proses belajar holistic atau menyeluruh.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Perasaan atau Sikap Malas Belajar

Okey, kita kembali ke tema artikel kita kali ini yakni Tips agar bisa fokus saat belajar, suatu hal yang menjengkelkan jika anda sedang berusaha untuk memahami, menguasai suatu pelajaran karena tujuan tertentu misalnya saja karena aka anda ujian sekolah, ujian nasional  namun anda tidak bisa konsentrasi/fokus, alhasil apa yang anda pelajari bisa jadi tidak bisa maksimal anda kuasai/mengerti sepenuhnya, apalagi jika jangka waktu anda belajar cukup terbatas ditambah konsentrasi anda sering buyar,bisa-bisa justru membuat anda menjadi stress.

Lantas bagaimana sih mengatasi kondisi, dimana anda sulit untuk fokus belajar? Setidaknya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang menjadi kurang fokus dalam belajar serta beberapa tips yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasi masalah kurang fokus saat belajar; berikut ulasannya

8 Tips Agar Bisa Fokus Saat Belajar

1. Buat tempat belajar anda senyaman mungkin
Kondisi psikologis orang yang sedang belajar sangat dipengaruhi oleh tempat dimana dia sedang belajar, misalnya saja kondisi kelas yang kotor dan berantakan bisa membuat orang yang sedang belajar menjadi tidak nyaman pada saat belajar, begitu juga dengan kondisi kamar/ruangan tempat dimana biasanya anda sedang belajar juga memberi pengaruh pada psikologis pada saat belajar.

Baca juga: 9 Cara Jitu dan Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Maka dari itu agar bisa merasa nyaman dan tenang pada saat belajar maka utamakan/usahakan kondisi kelas, ruang belajar anda kondusif (bersih, segar, aman dan tenang) dengan begitu pelajaran akan mudah anda kuasai dan pahami.

2. Hindari tempat belajar yang ribut (suara bising)
Agar anda bisa fokus saat belajar maka salah satu hal yang anda perlu perhatikan pada saat akan belajar adalah suara bising pada tempat tersebut. Coba amati deh apakah tempat tersebut rebut atau tidak, kalau kondisinya rebut lebih baik anda cari tempat lain untuk belajar.

Soalnya tempat belajar yang bising atau ribut membuat apa yang dipelajari susah masuk dalam pikiran, anda tidak mau bukan sudah meluangkan waktu untuk belajar namun hasilnya kurang maksimal, kalau bisa cari tempat yang tenang dan jauh dari suara-suara bising yang bisa menganggu konsentrasi anda.

3. Nonantifkan smartphone/diamkan smartphone anda (silent)
Keberadaan smartphone kadangkala bisa memecah konsentrasi pada saat belajar, bisa jadi ditengah fokusnya anda belajar tiba-tiba smartphone anda berbunyi maka mau tidak mau konsentrasi anda bisa menjadi buyar, atau kadangkala muncul pemikiran untuk selalu mengecek smartphone untuk melihat sosmed apakah ada teman yang lagi WA, BBM atau hanya sekedar untuk melihat storystatus teman anda, jadi konsen untuk belajar menjadi terpecah.

Kalau bisa sebaiknya tempatkan smartphone anda di tempat yang agak jauh dari anda agar anda tidak sering-sering melihat smartphone anda, atau jika perlu nonaktifkan aja dulu smartphone anda sampai anda selesai belajar, setelah selesai belajar baru deh anda aktifkan lagi.

4. Hindari belajar yang berlebihan
Agar bisa fokus belajar maka anda harus menentukan porsi/jam tertentu sebagai target atau jangka waktu anda belajar dalam satu harinya, usahakan belajar sesuai dengan tingkat proporsionalitas anda agar anda menjadi tidak jenuh dengan belajar.

Hindarkan belajar dalam waktu yang lama atau berlebihan karena hal tersebut bisa mebuat anda menjadi jenuh dan bosan untuk belajar.

5. Tentukan waktu yang tepat untuk belajar
Pemilihan waktu dalam belajar juga memiliki andil yang cukup besar dalam menjaga tingkat fokus anda dalam belajar, usahakan memilih waktu dimana pikiran dan perasaan anda masih dalam kondisi rileks dan santai untuk menerima pelajaran, misalnya saja memilih waktu subuh untuk belajar, secara yang kita tahu waktu subuh merupakan waktu yang sangat tenang dan sunyi serta pikiran masih sangat fresh sehingga sangat cocok untuk belajar.

Bisa juga anda memilih belajar pada waktu siang selepas istirahat atau pada malam hari menjelang anda tidur, semuanya sebenarnya sangat tergantung pada kebiasaan atau waktu yang cocok dengan kepribadian anda untuk belajar.

6. Lupakan sejenak beban atau masalah yang ada dalam pikiran anda
Salah satu hal yang membuat apa yang anda pelajari sulit untuk dipahami adalah pikiran anda yang tidak terfokus karena pada saat anda belajar, anda juga sedang memikirkan hal yang lain; mislanya saja anda sedang memikirkan masalah yang sedang menimpa hidup anda, alhasil proses penyerapan pelajaran menjadi kurang maksimal.

Sebaiknya anda melepaskan sejenak masalah yang sedang mengganjal dipikiran anda dan fokus saja dengan apa yang sedang anda pelajari agar daya tangkap pikiran anda bisa menjadi lebih maksimal lagi,

7. Mandi atau cuci muka
Tahukan bagaimana perasaan anda jika kondisi badan dalam keadaan gerah, berkeringat dan kenapasan terus anda diminta untuk belajar, pastinya anda akan merasa tidak nyaman untuk belajar, oleh karena itu agar perasaan anda menjadi nyaman dan rileks saat belajar maka tidak ada salahnya saat anda ingin mulai belajar terlebih dahulu anda mandi dulu atau setidaknya cuci muka agar perasaan anda menjadi rileks dan tenang.

8. Sediakan camilan pada saat belajar
Ngemil sambil belajar bukan hal yang buruk untuk dilakukan, agar tidak terganggu perasaan lapar pada saat belajar maka tidak ada salahnya anda menyediakan camilan yang bisa anda komsumsi sambil belajar dengan begitu “sekali menyelam minum air” dengan belajar anda juga bisa sekalian makan.

Namun usahakan jangan berlebihan makan yah, apalagi jika camilannya berminyak bisa-bisa bukannya belajar malah bisa tertidur atau mengatuk lantaran mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung minyak.

Demikianlah 8 Tips Agar Bisa Fokus Saat Belajar dari penulis, semoga bisa memberi manfaat untuk anda sobat pembaca.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon