Saturday, 20 January 2018

7 Berkas Yang Disiapkan Dalam Mengurus NIDN atau NIDON

Tags
Berkas Yang Disiapkan Dalam Mengurus NIDN/NIDON_ Seorang yang diterima sebagai tenaga dosen diperguruan tinggi agar bisa berstatus sebagai dosen yang memiliki legalitas maka terlebih dahulu harus mengurus nomor induk dosen nasional (NIDN).

Dalam artikel ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang berkas-berkas apa saja sih yang dibutuhkan oleh dosen agar NIDN/NIDON mereka bisa segera terbit, kebetulan beberapa waktu lalu saya mendaftar sebagai dosen disalah satu perguruan tinggi swasta dan alhamdulillah lulus sebagai dosen tetap meskipun bukan berstatus sebagai dosen PNS.

Ternyata kelulusan saya sebagai dosen tetap tidak serta  merta membuat saya memiliki legalitas penuh sebagai dosen, agar legalitas sebagai dosen bisa mutlak maka saya harus memiliki NIDN/NIDON.

Okey, kembali ke tema artikel kita, tentang berkas apa saja sih yang dibutuhkan agar mengajukan/melakukan pengajuan agar bisa mendapatkan NIDN/NIDON, berikut ulasanya

7 Berkas Yang Disiapkan Dalam Mengurus NIDN

1. Scan SK Dosen Tetap
Berkas pertama yang wajib dilengkapi sebelum melakukan pengajuan penerbitan NIDN adalah SK dosen tetap, berkas ini biasanya dikeluarkan oleh perguruan tinggi tempat an da mengabdi

2. Scan foto copy ijazah S1, S2 dan S3
Selanjutnya berkas yang mesti dilengkapi untuk melakukan pengajuan penerbitan NIDN/NIDON adalah hasil scan/soft file ijazah S1, S2 dan S3. Namun karena pendidikan saya baru sampai tahap strata 2 maka berkas yang saya lengkapi hanya soft file ijazah S1 dan S2.

2. Scan foto copy transkrip S1, S2 dan S3
Next, berkas yang mesti dilengkapi untuk melakukan pengajuan penerbitan NIDN/NIDON adalah hasil scan/soft file transkrip S1, S2 dan S3. Sama halnya dengan ijazah karena pendidikan saya baru sampai tahap strata 2 maka berkas yang saya lengkapi hanya soft file transkrip S1 dan S2.

3. Surat keterangan bebas narkoba
Salah satu syarat yang mesti dilengkapi untuk penerbitan NIDN/NIDON adalah surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan tersebut bisa diambil di rumah sakit minimal level B atau juga bisa diambil di polda. Betuk pemeriksaannya berupa tes urine untuk membuktikan bahwa anda benar-benar tidak pernah menggunakan zak aktif napza/narkoba

4. Surat keterangan berbadan sehat
Biasanya berkas ini bisa diambil satu paket dengan surat keterangan bebas narkoba dan syaratnya harus diambil di rumah sakit dengan minimal level B.

5. Surat keterangan sehat rohani
Dari beberapa syarat di atas, menurut saya inilah syarat yang cukup menantang bagaimana tidak, untuk membuktikan bahwa anda baik-baik saja (sehat rohani) maka anda akan diminta menjawab pertanyaan sebanyak 650 soal, jenis/tipe pertayaannya berkaitan dengan soal-soal psikologi, dalam tes ini saya beberapa kali mengalami kegagalan.

6. Hasil Scan KTP
KTP adalah salah satu syarat NIDN/NIDON, KTP nya tinggal anda scan dalam bentuk soft file, biasanya yang di scan adalah KTP asli bukan yang hasil copyan.

7. Foto ukuran 3X4
Terakhir yang menjadi data/berkas untuk NIDN adalah foto yang berukuran 3X4 dalam bentuk softfile JPG, kalau foto yang saya kumpul memiliki latar merah.

Demikianlah artikel tentang  Berkas Yang Disiapkan Dalam Mengurus NIDN atau NIDON, semoga bermanfaat untuk anda

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon