Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan ?

Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan ? Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya kenapa sih pada setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan! Bagi anda yang masih belum sepenuhnya mengetahui alasan kenapa tiap tanggal 10 november diperingati sebagai hari pahlawan berikut ulasannya


Asal-Usul Peringatan Hari Pahlawan Pada Tanggal 10 November
Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang  merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan  Inggris. 

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan  pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran  terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi  simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. 


Setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris  ditandatangani tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda.  Walaupun begitu tetap saja terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata antara rakyat  dan tentara Inggris di Surabaya. 

Bentrokan-bentrokan tersebut memuncak dengan  terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa  Timur) pada 30 Oktober 1945. Kematian Jendral Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada  pihak Indonesia dan berakibat pada keputusan pengganti Mallaby yaitu Mayor  Jenderal Eric Carden Robert Mansergh mengeluarkan Ultimatum 10 November  1945 yang meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan  menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA serta  ancaman akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut, dan udara apabila  orang orang Indonesia tidak mentaati perintah Inggris. 

Mereka juga mengeluarkan  instruksi yang isinya bahwa semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda  di Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pukul  06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan. 

Namun ultimatum itu tidak ditaati  oleh rakyat Surabaya, sehingga terjadilah pertempuran Surabaya yang sangat  dahsyat pada tanggal 10 November 1945, selama lebih kurang tiga minggu  lamanya. Medan perang Surabaya kemudian mendapat julukan “neraka” karena  kerugian yang disebabkan tidaklah sedikit. Pertempuran tersebut telah  mengakibatkan sekitar 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban, sebagian besar  adalah warga sipil. 

Selain itu diperkirakan 150.000 orang terpaksa meninggalkan  kota Surabaya dan tercatat sekitar 1600 orang prajurit Inggris tewas, hilang dan  luka-luka serta puluhan alat perang rusak dan hancur. 

Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itu  serta semangat membara tak kenal menyerah yang ditunjukkan rakyat Surabaya,  membuat Inggris serasa terpanggang di neraka dan membuat kota Surabaya  kemudian dikenang sebagai kota pahlawan. 

Selanjutnya tanggal  diperingati setiap tahunnya sebagai sebagai bentuk  penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang.

Demikianlah sedikit flashback Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close