Friday, 22 September 2017

7 Ciri Anak yang Pintar, Jenius dan Cerdas

Tags
7 Ciri Anak yang Pintar, Jenius dan Cerdas _ Kecerdasan dan kepintaran seseorang, bukan hanya nampak saat dia mulai dewasa yang terefresentasikan melalui prestasi, kreatifitas dan motivasi tinggi yang dimilikinya, namun pada dasarnya ciri-ciri anak yang memiliki potensi untuk tumbuh menjadi sosok yang pintar, cerdas dan jenius bisa diamati saat anak tersebut masih menginjak usia belia.



Akan tetapi gejala/perilaku yang ditunjukan oleh anak yang memiliki potensi menjadi anak yang pintar, jenius dan cerdas tidak selamanya tergambarkan melalui kemampuan kognitif yang dia miliki namun beberapa perilaku seorang anak-anak bisa menjadi indikator bahwa anak tersebut pada dasarnya memiliki potensi besar untuk digali/dieksplorasi/dididik sehingga bisa tumbuh menjadi anak yang pintar, jenius dan cerdas.

Lantas apa saja ciri-ciri yang kemungkinan bisa menjadi tolok ukur untuk mengetahui bahwa anak tersebut pada dasarnya merupakan anak yang pintar, jenius dan cerdas? Berikut ulasannya

7 Ciri Anak yang Pintar, Jenius dan Cerdas
1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggiCiri pertama yang bisa menjadi indikator bahwa seorang anak sebenarnya memiliki potensi menjadi anak yang pintar, jenuis dan cerdas adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap banyak hal, apalagi jika hal tersebut merupakan sesuatu yang baru baginya, maka anak tersebut memiliki motivasi lebih untuk segera mengetahui hal tersebut.

Rasa ingin tahu seorang anak bisa tergambarkan melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tentang hal tersebut, ada dorongan untuk mendekati dan menganalisas hal yang dianggap sebagai sesuatu yang baru baginya.

2. Aktif
Aktif bisa dikatakan sebagai suatu dorongan dalam diri anak untuk selalu melakukan berbagai hal, dan dominan keaktifan tersebut sangat dipengaruhi oleh minat/bakat daya tarik anak terhadap sesuatu. Aktif sangat erat kaitanya dengan hiperaktif, sehingga anak yang hiperaktif pada dasarnya bisa dididik/dibentuk menjadi anak yang pintar, cerdas dan jenius

Anak yang aktif biasanya tidak suka berdiam diri terlalu lama namun anak yang akatif selalu berusaha mencari berbagai hal yang menarik baginya sehingga dengan begitu dorongan yang ada dalam dirinya bisa terpenuhi.

3. Memiliki insiatif
Selanjutnya ciri anak yang pintar, jenius dan cerdas yakni selalu memiliki inisiatif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dia hadapi. Ide-ide yang muncul dari pikirannya biasanya dipengaruh oleh tekanan/ tantangan yang dihadapinya.

Anak yang memiliki inisiatif tinggi biasanya memiliki beberapa solusi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya, sehigga jika satu solusi tidak jitu maka dia masih memiliki cara lainnya.

4. Tenang dan bijak dalam mengambil keputusan
Ciri anak yang pintar, jenius dan cerdas selanjutnya yakni anak tersebut memiliki ketenangan ketika dihadapkan pada suatu tugas/tantangan/masalah yang dihadapinya. Anak yang pintar, jenius dan cerdas biasanya tidak akan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan namun juga sangat mempertimbangkan dengan seksama dampak/efek dari keputusan yang dia ambil.

5. Disiplin
Selanjutnya ciri-ciri anak yang memiliki potensi menjadi anak yang pintar, cerdas dan jenius yakni anak tersebut mampu membagi waktu dengan baik, sehingga waktu bermain belajar, mengerjakan tugas dan sekolah tidak ada yang terabaikan.
Pada dasarnya kedisiplinan memiliki peranan yang sangat besar dalam membentuk pribadi seorang anak, sehingga anak yang terbiasa menanamkan kedisiplinan dalam aktivitasnya bisa tumbuh menjadi pribadi yang sukses kedepannya.

6. Percaya diri
Anak yang jenius, pintar dan cerdas biasanya memiliki kepercayaan diri yang tinggi, hal tersebut tak lepas dari rasa percaya diri dengan kemampuan yang dia miliki, sehingga anak tersebut tidak merasa grogi, canggung dan takut untuk mempresentasikan pekerjaannya, karyanya dan skillnya

7. Pantang menyerah
Anak yang pintar, jenius dan cerdas biasanya tidak mudah menyerah dengan berbagai masalah/tantangan yang sedang dia hadapinya, sebaliknya dia akan memikirkan berbagai cara agar bisa menyelesaikan tugas/tantangan/masalah yang dihadapinya

Demikianlah 7 Ciri Anak yang Pintar, Jenius dan Cerdas menurut penulis, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

1 comments so far

Maaf pak ,blognya keren dan bermanfaat ,sepertinya ini tempalt arlinadezign yang bagus itu , kalo boleh saran sebaiknya hilangkan saja pop up nya ,menggangu jika dari hp pak

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon