Saturday, 15 July 2017

7 Aktivitas Positif Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Bulan Ramadhan

Tags
7 Aktivitas Positif Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Bulan Ramadhan _ Bulan ramadhan adalah momentum  d yang paling untuk dilewati dengan berkumpul dengan anggota keluarga sembari melakukan berbagai aktivitas positif yang berkaitan dengan bulan ramadhan.  Melalui moment bulan ramadhan orangtua bisa mengajarkan berbagai nilai-nilai positif kepada anaknya hal tersebut bisa dilakukan melalui berbagai aktivitas positif yang bisa menumbuhkan pengetahuan anak tentang nilai-nilai agama.


Oleh karena itu bulan ramadhan sangat penting bagi para orangtua untuk mengefektivitiskan moment kebersamaan bersama anak-anak dan keluarga agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bertaqwa.

Lantas aktivitas atau kegiatan apa saja yang bisa dilakukan bersama anak yang bisa memberi pembelajaran posiif bagi anak, baik dalam segi pemahaman dalam ilmu agama dan kepedulian sosial ? berikut beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan bersama anak anda di bulan ramadhan.

7 Aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak di bulan ramadhan

1. Beribadah bersama anak
Aktivitas pertama yang di bulan ramadhan yang bisa dilakukan bersama anak yakni melakukan kegiatan ibadah bersama, misalnya saja shalat bersama anak anda keluarga, selain itu kegiatan ibadah bersama juga bisa dilakukan di mesjid yakni dengan senantiasa mengajak anak untuk ikut shalat di mesjid meskipun usia anak belum memasuki usia baligh.

Beribadah adalah pondasi dalam pembentukan karakter anak sehingga sangat tepat jika sejak dini telah membiasakan anak untuk melaksanakan ibadah (Shalat) agar kelak setelah anak dewasa, anak telah terbiasa dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang mukmin.

2. Makan sahur bareng anak dan keluarga
Puasa salah satu ibadah yang wajib dijalankan oleh seorang muslim, walaupun usia kanak-kanak belum diwajibakan untuk melaksanakan ibadh puasa namun tidak ada salahnya melatih anak anda untuk belajar berpuasa.

Jangan ragu untuk membangunkan anak anda untuk bangun makan sahur bersama, karena melalui moment kebersaman tersebut anak akan menumbuhkan ikatan batin bagi setiap anggota keluarga, termasuk anak anda.
Anda juga bisa mlatih anak anda untuk berpuasa sejak dini, jika belum sanggup untuk puasa full, puasa setengah haripun juga tidak masalah, karena lambat-laun melalui proses pembiasaan berpuasa sejak dini akan membuat anak menjadi terbiasa untuk berpuasa kelak.

3. Belajar dan mengajar anak mengaji
Hal yang tak boleh untuk dilewatkan seorang muslim pada bulan ramadhan yakni mengaji atau mepelajari al-Quran, karena seperti yang kita tahu bahwa mengaji di bulan ramadhan akan diganjal dengan pahala berkali-kali lipat.

Saat anda mengaji anda bisa mengajak anak anda untuk duduk di sampin anda, anda juga bisa mengajari anak anda mengaji; misalnya saja mengajarkannya tentang tajwid, huruf al-Quran dan melatihnya agar bisa fasih membaca al-Quran.

4. Menyantuni fakir miskin dan anak yatim piatu
Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan dibulan ramadhan yakni kegiatan membagikan sembako atau sedekah pada orang yang kurang mampu dan anak yatim piatu. Jika anda juga biasa melakukan hal tersebut, maka tidak ada salahnya anda mengajak serta anak anda dalam kegiatan tersebut. Hal tersebut bertujuan agar rasa syukur bisa tumbuh dalam diri anak karena melihat bahwa masih ada orang yang lebih berkekurangan dari keluarganya.

5. Ngabuburit (jalan-jalan ramadhan)
Menghabiskan waktu ngabuburit bersama anak dan keluarga sambil menunggu waktu berbuka puasa apa salahnya, selain membuat anda tidak merasakan waktu berlalu anda juga bisa mendapatkan berbagai pengalaman melalui kegiatan nagbuburit bersama anak dan keluarga.

Usahakan tujuan ngabuburit anda benar dan bernilai edukasi/religi sehingga ada nilai-nilai positif yang bisa dipetik melalui kegiatan gabuburut tersebut. Misalnya saja ngabuburit dengan mengunjungi mesjid-mesjid bersejarah, panti asuhan dan lain-lain.

6. Buka puasa bersama anak dan keluarga
Sesibuk apapun anda denganrutinitas atau pekerjaan anda, usahakan untuk selalu menyempatkan diri untuk berbuka puasa bersama anak dan keluarga.

Kebersamaan yang senantiasa dilalui dengan melakukan kebaikan akan menjadi penguat satu sama lain termasuk dengan anggota keluarga. Ajarkanlah anak anda untuk berbuka dengansewajarnya dan secukupnya.

7. Meminta anak untuk membantu membuat menu (makanan untuk berbuka puasa)
Tidak ada salahnya anda mengajak anak anda untuk ikut serta dalam proses pembuatan makanan untuk berbuka puasa, hitung-hitung hal tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi anak anda bahwa untuk mendapatkan sesuatu harus dilalui dengan proses yang sabar.

Demikianlah 7 Aktivitas positif yang bisa dilakukan bersama anak di bulan ramadhan, sehingga bulan ramadhan bisa dilalui dengan penuh makna bersama anak dan keluarga, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon