Saturday, 8 July 2017

6 Cara menghibur Anak Yang Sedang Menangis dan Bersedih Agar Berhenti Menagis dan Bersedih

Tags
6 Cara menghibur Anak Yang Sedang Menangis dan Bersedih Agar Berhenti Menagis dan Bersedih_ Orangtua senantiasa berharap melihat anaknya selalu riang gembira dan bahagia namun karena beberapa hal, seorang anak terkadang bersedih dan menangis, misalnya saja ketika sang anak menginginkan sesuatu namun orangtuanya tidak sanggup memberikannya.

6 Cara menghibur Anak Yang Sedang Menangis dan Bersedih Agar Berhenti Menagis dan Bersedih

Orangtua bukannya tidak sanggup untuk memberikan apa yang diinginkan oleh anaknya namun terkadang hal yang diinginkan oleh anak tersebut bisa berdampak negatif untuknya/dirinya sendiri atau terkadang anak-anak bersedih dan menagis karena megalami sesuatu hal yang kurang mengenakkan seperti terjatuh saat bemain/berlari, diejek oleh teman-temannya dan karena tahu bahwa dirinya hendak ditinggal pergi oleh ibu/bapaknya karena sesuatu urusan lantas menjadikan anak tersebut menangis dan bersedih.

Baca juga: 9 Dampak Negatif Sering Membentak dan Memarahi Anak

Anak yang bersedih dan menangis karena sesuatu hal adalah hal yang lazim ditemukan, namun yang terpenting untuk dilakukan jika mendapati anak menangis dan bersedih adalah berusaha agar agar anak tersebut bisa kembali ceria dan riang gembira karena terlalu lama bersedih atau menangis juga kurang baik bagi psikologis anak.

Lalu hal apa saja yang sebaiknya dilakukan ketika anak anda/murid anda mengalami hal demikian? Berikut beberapa tips yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasi anak yang sedang menangis atau bersedih;

6 Cara menghibur Anak Yang Sedang Menangis dan Bersedih Agar Berhenti Menagis dan Bersedih

1. Mengusap kepala anak
Dalam mengatasi anak yang sedang bersedih atau menangis, salah satu cara yang sangat efektif yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba mengusap kepala anak tersebut dengan lemah lembut sembari memberikan semangat dan motivasi agar agak tersebut bisa berhenti bersedih dan menangis.

Mengusap kepala anak saat menangis mamupun saat dia sedang bersedia merupakan pendekatan emosional yang bisa membuat perasaan anak menjadi lebih tenang dan merasa mendapat afeksi (luapan kasih sayang) dari orang yang mengusap kepalanya tersebut sehingga sedikit demi sedikit perasaan sedih yang dia rasakan bisa diminimalisir.

2. Menjanjikan atau memberikan sesuatu pada anak yang dia sukai
Selanjutnya langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak yang sedang menangis dan bersedih yakni dengan menjanjikan/memberikan sesuatu pada anak tersebut yang selama ini dia ingin miliki.

Baca juga: 9 Cara Menghukum Anak Yang Benar Dan Mendidik

Misalnya saja dengan menjanjikan anak tersebut untuk membelikannya mainan yang selama ini dia ingin beli, membelikan makanan/minuman kesukaanya, dengan menerapkan tips ini perasaan sedih yang dialami anak bisa dialihkan dengan hal yang dia sukai.

3. Mengalihkan perhatian anak
Salah satu trik yang sudah biasa dilakukan orangtua untuk menenankan anaknya yang sedang nenagis dan bersedih yakni dengan mengalihkan perhatian anak terhadap hal tertentu misalnya saya dengan meminta anaknya melihat langit atau melihat benda-benda yang ada disekitarnya sehingga perhatian anak tersebut bisa teralihkan dari perasaan sedih yang membuatnya menangis.

Kata-kata yang biasa dikatakan oleh orangtua dalam mengalihkan perhatian anak yakhi dengan mengatakan “coba lihat itu”, “apa itu” dan beberapa kata-kata yang bisa mengalihkan perhatian anak, mengalihkan perhatian anak untuk melihat langit biasanya akan efektif dalam merredahkan kesedian anak apabial dilakukan dengan cara yang tepat hal trsebut tak lepas dari warna langit yang  biru sehingga bisa memberi perasaan nyaman pada psikologis anak.

4. Menghibur anak dengan melakukan hal-hal yang bisa membuatnya tertawa.
Tips selanjutnya untuk menghentikan anak yang sedang menangis yakni dengan melakukan hal-hal yang konyol atau lucu yang bisa membuat anak tersebut tertawa dengan tingkah laku yang anda lakukan, namun sebaiknya lakukan hal-hal (lucu/konyol) yang yang bisa membuat anak tertawa dalam batasan wajar saja.

5. Mengajak anak jalan-jalan
Langkah lainnya yang bisa anda tempuh untuk mengatasi anak yang sedih dan menangis yaitu dengan mengajak anda untuk jalan-jalan ke tempat yang indah, misalnya saja mengajak anak jalan-jalan ke taman, pantai, sawah dan tempat-tempat yang bisa membuat anak merasa lebih baik.

6. Memberikan uang jajan pada anak
Uang memiliki daya tarik tersendiri sehingga bisa menjadi solusi dalam mengatasi anak yang sedang menangis dan bersedih, apalagi jika anak yang sedang menagis dan bersedih sudah mengetahui manfaat dan kegunaan uang.

Dengan mengiming-imingi anak yang sedang menangis dan bersedih dengan uang yang bisa digunakan untuk jajan maka kemungkinan besar anak tersebut akan segera berhenti menangis lantaran mendapatkan uang yang bisa pakai untuk jajan.

Demikianlah 6 Cara menghibur anak yang sedang menangis dan bersedih agar behenti menagis dan bersedih yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat untuk anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon