Friday, 2 June 2017

7 Tips Mencari Ide Untuk Menulis Artikel

Tags
7 Tips Mencari Ide Untuk Menulis Artikel_ Seorang penulis dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif guna menghasilkan karya tulisan yang bisa memberi manfaat untuk sesama. Menuangkan ide tulisan bukan hanya dalam bentuk buku namun bisa juga dalam bentuk jurnal maupun artikel.

source: shiq4.wordpress.com
Diera digitalisasi, penulis sudah bisa menuangkan tulisannya dalam bentuk digital yang biasa dipublikasikan dalam suatu website. Profesi seorang penulis yang fokus menulis artikel maupun jurnal dalam suatu website disebut dengan blogger.

Baca juga: 5 Cara menulis artikel yang baik dan berkualitas – Panduan Lengkap

Salah satu kendala yang biasa ditemukan oleh seorang penulis artikel adalah kurangnya ide atau gagasan yang bisa dikreasikan untuk dibuat menjadi suatu artikel. Kondisi mininya ide atau gagasan adalah hal yang wajar bagi seorang penulis.

Untuk mengatasi ide dan gagasan yang seang mengalami kebuntuan maka beberapa tips bisa coba dilakukan untuk bisa berpikir out the box, sehingga ide-ide cemerlang untuk dibuat menjadi suatu artikel bisa kembali bermunculan.

Lantas tips apa saja yang bisa dilakukan untuk mencari ide atau gagasan untuk menulis artikel? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk Mencari ide untuk menulis artikel

7 Tips Mencari Ide Untuk Menulis Artikel

1.  Merubah/melebarkan sudut pandang dalam penulisan artikel
Apa yang dimaksud dengan merubah sudut pandang? Merubah sudut pandang berarti, jika selama ini dalam menulis artikel anda menulis suatu artikel dengan pola umun ke khusus maka ubahlah cara penulisant ersebut dengn mencoba menulis dengan pola penulisan khusus ke umum.

Baca juga: 10 informasi yang banyak dicari di internet

Selain itu memaparkan suatu artikel dari berbagai sudut penting juga bisa menjadi opsi lain untuk menemukan ide untuk menulis artikel. Misalnya saja jika selama ini menulis dengan gaya penulisan lebih fokus pada tentang cara, langkah-langkah maka tidak ada salahnya anda menulis atikel dengan tema yang sama dengan berbagai sudut pandang seperti membahas artikel dengan fokus penulisan mengenai dampak negatif, dampak positif, manfaat, keuntungan, kekurangan, bahaya.

Dengan menggunakan berbagai sudut padang dalam penulisan artikel, bisa jadi hanya dengan satu tema anda bisa menulis beberapa artikel dengan modal penggunaan sudut pandang yang bergam/bervariasi.

2. Up to date (selalu memperbaharui informasi)
Tips yang paling mudah dilakukan agar ide artikel selalu dengan mudahnya muncul dalam benak anda yakni dengan selalu up to date atau selalu mencari informasi yang lagi ngetrend atau informasi terbaru yang banyak menyita perhatian orang.

Agar selalu bisa mendapat informasi yang terbaru maka anda dituntut untuk selalu mengawasi perkembangan dalam masyrakat baik melalui tayangan televisi maupun melalui media sosial atau bisa juga melalui portal news online.

Ketika anda telah menemukan informasi yang anda anggap menarik maka cobalah untuk menulis informasi tersebut dengan gaya penulisan anda sendiri, namun yang paling penting adalah unsur autentik, original, dan benar adanya tentang informasi yang anda tuis harus menjadi hal yang paling mendasar dalam menulis artikel.

3. Berdiskusi /Bertukar pikiran dengan orang lain
Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan apabila mengalami krisis ide untuk menulis artikel maka kegiatan diskusi atau bertukar pikiran dengan orang lain adalah langkah yang bisa menjadi opsi jitu. Seperti sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa “dua kepala lebih baik dari sau kepala”. Dengan memiliki banyak rekan atau teman yang bisa diajak sharing maka ide/gagasan untuk bisa menulis artikel bisa semakin banyak.

Lantas kegiatan diskusi bisa dilakukan dimana saja? Berdiskusi bisa anda lakukan dengan orang sekitar anda, misalnya teman, rekan kerja dan orang yang ahli pada suatu bidang tertentu. Selain itu kegiatan diskusi bisa anda lakukan melalui forum-forum online, mengingat kemajuan teknologi, jarak sudah bukan menjadi kendala lagi jika hendak berdiskusi dengan orang yang jauh.

4. Liburan atau refreshing
Sambil menyelam minum air, mungkin adalah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan ide menulis artikel yang satu ini. Dengan belibur anda bisa menyegarkan pikiran anda, menghilangkan perasaan penat, stress akibat rutinitas yang begitu padat.

Pikiran yang rileks dan santai saat berlibur bisa memicu munculnya berbagai ide yang bisa ditulis menjadi sebuah artikel. Destinasi wisata yang bisa anda pilih misalnya saja; destinasi wisata pinggir pantai, kebun binatang, camping dan lain-lain.

5. Perbanyak membaca
Saat sekolah mungkin kita sering mendengar ungkapan yang mengatakan “buku adalah jendela dunia”. Ungkapan tersebut merefresentasikan bahwa melalui kegiatan membaca buku ada banyak pengetahun dan ilmu yang bisa diperoleh.

Cukup anda membaca satu buku saja, maka ide tulisan yang bisa dibuat artikel akan bisa bermunculan, apalagi jika anda membaca banyak buku dan melakukannya secara rutin maka sudah pasti ide/gagasan yang bisa anda dapat semakin banyak.

6. Merenung/menyendiri
Adakalanya hiruk pikuk aktivitas dunia membuat seseorang kesulitan menemukan ide tulisan yang bisa dibuat menjadi suatu artikel. Salah satu cara yang dipraktikan sebagian orang jika berusaha mencari ide dan gagasan ialah dengan merenung dan menyendiri dalam keheningan.

Suasana yang tenang saat merenung, apalagi jika kegiatan merenung dilakukan pada malam hari membuat kondisi otak dalam keadaan alfa/beta yang dimana ketika otak memasuki fase tersebut ketenangan pada jiwa akan semakin kuat. Dengan memiliki jiwa yang tenang maka ide akan mudah muncul, termasuk ide untuk menulis artikel.

7. Terinspirasi dari orang sukses
Terakhir cara menemukan atau menggali ide yang bisa direlisasikan dalam tulisan maka langkah yang bisa anda coba adalah dengan mempelajari pola hidup, cara berpikir orang-orang sukses disekitar anda atau kisah orang-orang sukses yang ada diberbagai belahan dunia.

Berusahalah menemukan inspirasi dari kisahperjuangan hidup orang sukses yang anda disekitar anda maupun dengan orang sukses yang anda diberbagai belahan dunia.

Demikianlah 7 Tips Mencari Ide Untuk Menulis Artikel yang bisa anda coba lakukan jika mengalami krisis ide/gagasan dalam menulis artikel. Semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon