Wednesday, 7 June 2017

6 Cara Mengatasi Masalah Dengan Bijak

Tags
6 Cara mengatasi masalah dengan bijak _ Sebagian besar orang berharap agar bisa terhindar dari berbagai masalah agar hidupnya senantiasa bahagia. Namun masalah terkadang datang tanpa diduga dan menjadi ujian bagian seseorang. Pad hakikatnya setiap orang memiliki berbagai masalah dalam hidupnya, sehingga jangan pernah merasa bahwa hanya anda yang memiliki masalah, karena bisa jadi orang terlihat senang dan bahagia, padahal dia memiliki masalah yang begitu sulit dan rumit akan tetapi dia memilih untuk berdamai dengan masalahnya.


Seperti yang kita ketahui bahwa allah tidak akan membebani setiap hambanya dengan masalah yang melebihi sanggup dan mampunya, sehingga seberat apapun masalah yang anda hadapi saat ini sejatinya anda bisa menaggung masalah tersebut, anda bisa mengatasi masalah tersebut dan selama anda bisa bersabar maka masalah yang anda anggap rumit dan berat lambat laung akan bisa teratasi.


Baca juga: Cara membuat hati menjadi ikhlas menjalani hidup


Lantas apa saja tips atau cara mengatasi masalah yang datang menimpa anda? Setidaknya ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah yang saat ini anda alami, berikut ulasannya:

6 Cara mengatasi masalah dengan bijak

1. Pelajari duduk perkara (penyebab munculnya) masalah anda
Setiap masalah pasti memiliki sebab atau latar belakang, oleh karena itu cobalah merenungkan/mencari  titik awal penyebab dari munculnya masalah tersebut. Beberapa masalah biasanya muncul karena sikap atau cara anda yang kurang tepat dalam menyikapi sesuatu.

Sangat penting untuk mengetahui pemicu atau penyebab utama munculnya suatu masalah yang anda hadapi agar anda bisa memikirkan solusi yang paling tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut.

2. Pikirkan dampak negatif jika masalah dibiarkan belarut-larut
Jika anda mengalami suatu masalah, maka sebaiknya anda coba untuk segera menyelesaikan masalah tersebut. Permasalahan yang terkesan diabaikan bisa menimbulkan dampak negatif untuk anda dan bukan tidak mungkin juga dapat menimbulkan masalah untuk orang lain.

Bahkan masalah yang dibiarkan begitu saja lama kelaman akan menjadi suatu masalah yang sangat rumit, sehingga sangat disarankan untuk segera menyelesaikan masalah tersebut, agar hal tersebut juga tidak menjadi beban untuk anda.

3. pikirkan beberapa solusi untuk mengatasi masalah anda
Dalam menangani suatu masalah, alangkah baiknya bukan hanya satu solusi/cara yang anda persiapkan namun mulailah pikirkan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan masalah anda.
Tujuannya adalah agar jika satu cara tidak efektif anda bisa mengunakan cara berikutnya, dengan begitu peluang anda dalam menyelesaikan masalah anda lebih besar.

4. Sharing dengan orang lain (orang bijak)
Terkadang solusi bisa ditemukan melalui orang lain, jadi jangan malu untuk menceritakan masalah yang anda hadapi, namun dalam menceritakan masalah anda, usahakan tetap dalam batasan wajar saja.
Orang yang sebaiknya anda tempati sharing adalah orang yang terkenal bijak agar masalah anda bisa diselesaikan dengan sudut padang yang positif, hindari sharing dengan orang yang memiliki persepsi negatif karena bisa jadi masalah anda bukannya selesai malahan semakin tambah rumit.

5. Ambil nilai positif dari masalah yang anda hadapi
Setiap masalah yang anda hadapi senantiasi disertai dengan hikmah dan pelajaran yang berguna bagi anda, jadi jangan hanya melihat sisi negatif dari masakah yang anda hadapi, tapi pikirkanlah hal-hal baik apa saja yang bisa anda petik dari masalah yang sedang menimpa anda.

6. Berusaha menjadi lebih baik lagi
Sejatinya setiap masalah yang jika dihadapi dengan bijak mengajarkan anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Berangkat dari masalah yang anda hadapi, maka mulailah berbena diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik, agar masalah yang sama tidak menimpa anda kembali.

Demikianlah 6 Cara mengatasi masalah dengan bijak yang bisa nada coba lakukan, semoga bermanfat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon