Monday, 5 June 2017

8 Manfaat Mengajarkan Anak Berolahraga Sejak Dini

Tags
8 Manfaat Mengajarkan Anak Berolahraga Sejak Dini _ Ala bisa karena biasa, sebuah ungkapan yang menyiratkan bahwa untuk bisa mahir dan menguasai sesuatu maka perlu pembiasaan. Maka begitupun halnya dengan kegiatan olahraga, agar bisa menjadi pribadi yang terbiasa melaksanakan kegiatan olahraga perlu pendidikan atau pembiasaan sejak dini yakni saat masih kanak-kanak (usia dini).

source: Google

Sehingga bisa disimpulkan bahwa sejak dini seorang anak sudah semestinya dilatih untuk senantiasa berolahraga agar kebiasaan tersebut bisa menjadi bagian dari kepribadiaannya nantinya. Ada banyak olahraga yang bisa dianjurkan/dilakukan oleh anak; misalnya olahraga senam, lari santai, main bola, main catur dan masih banyak lagi jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh anak-anak.

Lantas apa saja manfaat melatih atau mengajarkan anak  agar rajin berolahraga sejak dini? Setidaknya ada beberapa manfaat  berolahraga bagi anak, berikut ulasannya yang sengaja kami susun untuk anda:

8 Manfaat Mengajarkan Anak Berolahraga Sejak Dini

1. Bermanfaat bagi kesehatan anak
Pertama, manfaat olahraga bagi anak yakni bisa membuat badan menjadi sehat dan bugar, dengan rutin melakukan olahraga, kesehatan anak akan senantiasa terjaga, selain itu daya tahan tubuh anak yang biasanya selalu rutin berolahraga menjadi lebih baik sehingga tidak mudah sakit.

2. Meransang kemampuan motorik anak
Kegiatan berolahraga yang identik dengan aktivitas fisik, juga memiliki manfaat dalam meransang kemampuan motorik anak, apalagi jika olahraga yang dilakukan banyak melibatkan gerakan fisik misalnya olahraga sepakbola, olahraga bola volli, olahraga lari dan masih banyak lagi jenis olahraga lainnya.

3. Olahraga menunjang dalam memaksimalkan pertumbuhan anak
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa usia kanak-kanak, adalah fase dimana seorang anak mengalami proses tumbuh kembang yang signifikan, dengan rajin melakukan olahraga proses tumbuh kembang anak bisa diransang agar lebih maksimal, misalnya menunjang pertumbuhan tinggi badan anak yakni dengan rajin olahraga renang, push up, full up.

4. Olahraga menjadi media untuk belajar bersosialisasi bagi anak
Selain beberapa olahraga yang bisa dilakukan sendiri terdapat pula beberapa olahraga yang hanya bisa dilakukan jika dikerjakan secara bersama-sama; misalnya saja olahraga sepakbola, bola volli, bulu tangkis.

Sehingga selain berolahraga anak-anak akan belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman bermainnya, dengan begitu anak yang rajin berolahraga, apalagi olahraga yang dilakukan bersama bisa melatih anak menjadi pribadi yang sosialis.

5. Meminimalir perasaan stress dan bosan
Selanjutnya manfaat yang bisa anak dapatkanmelalui kegiatan olahraga yakni dapat menghilangkan perasaan stress dan bosan. Lihat saja anak yang sedang berolahraga, biasanya mereka akan serius, senang dan lebih berenergi.

6. Menumbuhkan sikap sportivitas pada anak
Dalam olahraga biasanya berkaitan dengan perlombaan atau kompetisi yang memungkinkan ada pihak yang menang dan kalah. Sehingga melalui perlombaan/pertandingan yang diikuti anak, mereka dapat melatih/menumbuhkan sikap sportivitasnya, yakni jika menjadi pihak yang menang tidak sombong dan jumawa begitupun ketika menjadi pihak yang kalah, anak-anak akan belajar untuk tidak mudah menyerah, tidak mudah putus asa dan selalu optimis serta senantiasa menghargai setiap hasil kompetisi yang mereka capai.

7. Melatih kerjasama anak.
Seberap penting olahraga bagi anak dalam hal menumbuhkan sikap kerjasama anak? Pastinya olahraga adalah media yang tepat untuk melatih anak menjadi pribadi yang mudah bekerja sama, karena rata-rata olahraga yang dilakukan dengan ber-team dilakukan dengan kerjasama dan kekompakan semua anggota team.

8. Mengasah bakat dan minat anak
Terakhir, manfaat mengajarkan anak untuk berolahraga sejak dini yakni sebagai ajang untuk menemukan bakat dan minat anak khususnya dalam bidang olahraga. Dengan mengetahui bakat dan minat anak sejak dini khusunya pada bidang olahraga, sangat memungkingkan untuk lebih memkasimalkan bakat dan minat anak, sehingga bisa membuat anak tersebut menjadi sosok yang berprestasi.

Demikianlah 8 Manfaat Mengajarkan Anak Berolahraga Sejak Dini, sehingga sangat disarankan agar orangtua membimbing anak-anaknya agar menjadi anak yang rajin berolahraga, karena terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak melalui kegiatan olahraga.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon