Tuesday, 13 June 2017

7 Tips Agar Anak Tidak Terkena Obesitas

Tags
7 Tips Agar Anak Tidak Terkena Obesitas _ Setiap orangtua senantiasa mengharapkan agar buah hati mereka selalu dalam keadaan atau kondisi sehat, namun terkadang pola hidup yang kurang sehat membuat seorang anak mengalami gangguan kesehatan, misalnya saja mengidap penyakit obesitas.


Perlu diketahui bahwa penyakit obesitas tidak hanya menyerang orangyang telah berumur dewasa namun anak-anak juga tak jarang mengidap penyakit yang satu ini. Obesitas sendiri merupakan penyakit yang muncul akibat penumpukan lemak yang cukup tinggi atau sangat tinggi dalam tubuh seseorang hingga membuat berat badannya menjadi di luat batas ideal/tidak normal.

Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan oleh orangtua agar sang buah hati bisa terhindar dari penyakit yang satu ini? Setidaknya  ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak anda bisa terhindar dari penyakit obesitas, berikut ulasannya.

7 Tips Agar Anak Tidak Terkena Obesitas

1. Awasi Pola Makan Anak
Salah satu pemicu munculnya penyakit obesitas pada seorang anak adalah pola makan yang kurang teratur. Sehingga sangat dianjurkan bagi orangtua dalam membuat suatu jadwal makan bersama atau jadwal makan untuk anaknya agar pola makan anak bisa teratur.

2. Mengajari Anak Untuk Rutin Olahraga
Selanjutnya tips untuk menghidari penyakit obesitas yang dapat menimpa anak yakni dengan mengajari anak untuk rajin berolahraga, sebaiknya berikan pemahaman pada anak anda tentang pentingnya melakukan olahraga yang rutin agar badannya bisa sehat bugar dan bisa terhindar dari berbagai penyakit.

3. Batasi waktu Menonton/Mengoperasikan Gagdet Anak
Menonton maupun memainkan gagdet (main game) terkadang menyita banyak waktu anak, aktivitas yang dilakukan anak berupa menonton dan bermain gagdet yang membuat anak tidak banyak melakukan aktivitas fisik sehingga resiko terkena obesitasn bisa muncul.

4. Batasi Jumlah Makanan Yang Dikomsumsi Anak
Tidak sedikit anak yang memiliki kebiasaan ngemil, misalnya saja makan cokelat, roti, kerupuk dan berbagai makanan ringan lainnya. Ngemil dalam jumlah normal memang tidak apa-apa. Namun jika jumlahnya sudah tidak wajar (banyak)  maka hal tersebut bisa beresiko membuat anak terkena obesitas. Dan seperti yang kita ketahui bahwa makanan seperti cokelat memiliki kandungan lemak/kalori yang agak tinggi dan hal tersebut bisa membuat anak terancam terkena obesitas.

Maka dari itu sangat dianjurkan kepada orangtua untuk membatasi makanan/uang jajan yang diberikan pada anak sehingga kebiasaan ngemil bisa sedikit ditekan, guna menghindari resiko terkena penyakit obesitas.

5. Ciptakan suasana keluarga yang harmonis
Suasana keluarga yang kurang harmonis juga bisa memicu seorang anak mengalami stress atau depresi, anak yang mengalami stress atau depresi juga kemungkinan akan mudah mengalami/beresiko terkena obesitas. Maka dari itu susana keluarga yang bersahabat sangat penting untuk selalu dihadirkan dalam keluarga agar anak selalu merasa tentram dan bahagia berada di dalam lingkungan keluarga.

6. Hindarkan Anak Untuk Selalu Mengkomsumsi Makanan Instan
Makanan isntan diduga menjadi salah satu pemicu penyakit obesitas pada sebagian anak. misalnya saja mi instan dan berbagai produk instan lainnya yang sering kita jumpai. Oleh karena itu menyajikan makanan yang diolah sendiri dengan pola menu sehat lebih tepat untuk disajikan untuk anak dan keluarga.

7. Jangan Menyimpan TV di Kamar Anak
Kita tidak pernah tahu tontonan apa saja dan berapa lama waktu yang dihabiskan anak untuk menonton jika memiliki TV sendiri di dalam kamarnya. Sehingga dianjurkan agar menghindari menyimpan TV di kamar anak, agar anak bisa lebih banyak melakukan aktivitas fisik berupa bermain bersama temannya Dll.

Demikinalah 7 Tips Agar Anak Tidak Terkena Obesitas yang bisa anda coba terapkan pada anak anda, semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon