Friday, 23 June 2017

5 Tips Agar Anak Tidak Grogi, Malu dan Takut Saat Pertama Kali Masuk Sekolah

Tags
5 Tips Agar Anak Tidak Grogi, Malu dan Takut Saat Pertama Kali Masuk Sekolah _ Hari pertama masuk sekolah menjadi tantangan tersendiri bagi siswa, apalagi bagi anak yang bersatatus sebagai murid baru disebuah sekolah, baik itu jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

5 Tips Agar Anak Tidak Grogi, Malu dan Takut Saat Pertama Kali Masuk Sekolah

Hal yang kemungkinan bisa dirasakan anak yang baru pertama memsasuki sekolah alias siswa baru misalnya saja perasaan malu, grogi dan takut. Perasaan demikian adalah hal yang wajar, karena kondisi anak yang belum memahami situasi sekolah yang dia akan tempati bersekolah serta belum memiliki banyak kenalan, bisa jadi menjadi pemicu anak merasa grogi, takut dan malu-malu.

Lantas, untuk mengatasi perasaan malu, grogi dan takut pada anak saat pertama masuk sekolah, hal apa yang bisa dilakukan oleh orangtua maupun guru? Berikut ulasannya

5 Tips Agar Anak Tidak Grogi, Malu dan Takut Saat Pertama Kali Masuk Sekolah

1. Mengenalkan sejak dini suasana sekolah pada anak
Maksud dari mengenalkan sejak dini suasana sekolah pada anak yakni jauh-jauh hari sebelum anak mulai mengenyam pendidikan baik ditingkat SD, SMP maupun SMA, sebaiknya anak mulai diajak untuk jalan-jalan di sekolah yang akan ditempati menuntuk ilmu kelak. Tujuannya agar anak anda bisa merasa terbiasa dengan kondisi dan suasana sekolah tersebut.

Tidak mesti sering mengajak anak anda ke sekolah yang nantinya akan dia tempati mengeyam pendidikan, 2 atau3 kali juga bisa saja, asalkan anak anda mulai bisa memahami dan mengetahui suasana sekolah kelak dimana dia akan bersekolah. Sehingga di hari dimanan dia menjadi murid baru/pertama kali masuk sekolah, dia sudah tidak merasa asing lagi dengan suasana sekolah tersebut bahkan bisa merasa lebih familiar.

2. Mendampingi anak saat pertama kali masuk sekolah
Selanjanjutnya langkah yang bis anda lakukan sebagai orangtua untuk meminimalisir perasaan malu, takut dan gerogi anak saat pertama kali masuk sekolah yakni dengan melakukan pendampingan pada anak atau dengan kata lain menemani anak anda saat hari pertama masuk sekolah.
Keberadaan anda sebagai orangtua disamping anak ketika dia baru pertama masuk sekolah, memunculkan rasa aman dan nyaman dalam diri anak, sehingga anak tersebut bisa merasa lebih percaya pada dirinya dan kemampuannya.

amun perlu digaris bawahi, bahwasanya menemani anak ke sekolah sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering, cukup pada hari pertama masuk sekolah saja, karena jika terlalu sering juga akan memunculkan rasa ketergantungan anak pada anda/orangtua yang akhirnya anak tersebut tidak bisa mandiri dan kemungkinan bisa menjadi anak yang manja.

3. Usahakan anak anda sampai di sekolah tepat waktu
Hal yang bisa membuat anak menjadi grogi, takut dan malu juga bisa disebakan ketika anak anda datang terlambat ke sekolah, apalagi jika hari tersebut merupakan hari pertama masuk sekolah baginya, alhasil bisa jadi anak anda menjadi bahan perhatian atau bullyng dari teman-temannya yang lain, jika sudah seperti itu, maka mental dan rasa percaya diri anak kemungkinan akan sedikit down.

Sehingga sangat disarankan agar anda sebagai orangtua mengantarkan anak anda datang tepat waktu saat hari pertama masuk sekolah, hal ini bertujuan agar hal-hal yang tidak diinginkan pada anak anda bisa dihindari.

4. Berpakaian yang rapi dan bersih
Dalam hal seragam sekolah adalah tugas orangtua, jadi sebagai orangtua, usahakanmenyiapkan pakaian sekolah yang akan digunakan anak anda saat pertama kali masuk sekolah minimal bersih dan rapih dan jika perlu belikan seragam baru untuk anak anda.

Mengenakan seragam baru saat pertama kali masuk sekolah sudah menjadi hal yang lumrah dan sudah pasti dapat membuat anak lebih percaya diri dengan penampilannya, sehingga perasaan grogi, takut dan malu bisa sedikit teralihkan dengan pakaian baru yang dikenakan anak anda.

5. Menanamkan mindset pada anak bahwa bersekolah adalah hal yang menyenangkan
Terakhir, tips yang bisa anda coba lakukan agar anak anda bisa merasa senang dan gembira ketika hendak bersekolah untuk pertama kalinya yakni dengan menanamkan mindset pada anak anda bahwa sekolah adalah hal yang menyenangkan.

Misalnya saja dengan mengatakan bahwa di sekolah anak anda bisa memiliki banyak teman, belajar sambil bermain dan masih banyak lagi kesenangan lainnya.

Demikianlah 5 Tips agar anak tidak grogi, malu dan takut saat pertama kali masuk sekolah yang bisa anda coba lakukan, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon