Friday, 30 June 2017

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Orangtua Saat Akan Menyekolahkan Anaknya

Tags
5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Orangtua Saat Akan Menyekolahkan Anaknya _ Sekolah adalah tempat bagi seorang anak dalam belajar guna meningkatkan berbagai kemampuannya serta bakat dan minatnya, proses belajar tersebut meliput pembelajaran yang berupaya meningkatkan intelegensinya (kognitif), pembelajaran yang mengasah keterampilannya (psikomotor) dan pembelajaran yang berupaya mengajarkan sikap sosial pada anak (afektif).

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Orangtua Saat Akan Menyekolahkan Anaknya
Source: Google

Melalui pendidikan dan pembelajaran yang diterapkan di sekolah seorang anak akan dibentuk menjadi pribadi yang berkarakter. Oleh karena itu orangtua memiliki peran yang cukup signifikan dalam mempersiapkan buah hatinya agar bisa siap mengikuti pendidikan di sekolah, bentuk kesiapan tersebut bukan hanya dalam bentuk finansial atau dana pendidikan untuk anak, namun lebih dari itu ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian serius para orangtua ketika anaknya akan mulai memasuki jenjang pendidikan formal.

Hal apa saja yang patut diperhatikan orangtua saat anak akan mulai menempuh pendidikan di sekolah? Berikut ulasannya yang sengaja kami rangkum untuk anda.

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Orangtua Saat Akan Menyekolahkan Anaknya

1. Memilih sekolah yang tepat untuk anak.
Seperti yang kita ketahui bersama kualitas pendidikan dan pengajaransatu sekolah dengan sekolah lain cukup berbeda, jadisangat penting bagi orangtua untuk memilih sekolah yang tepat bagi anaknya agar pendidikan yang dienyam anak dise kolah tersebut berkualitas dan dapat maksimal dalam meningkatkan potensi dalam diri anak.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

Beberapa tolok ukur yang bisa anda jadikan patokan dalam memilih sekolah untuk anak anda, mulai dari kualitas tenaga pengajar di sekolah tersebut (guru profesional), ketersedian sarana dan prasarana pendidikan yang memadai (sarana olahraga, perpustakaan, sarana belajar ibadah dll), manajemen sekolah yang keredibel dan transparan dan memilih sekolah yang sesuai dengan bakt dan minat anak.

2. Umur anak yang sudah siap untuk bersekolah
Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua saat akan mulai menyekolahkan anaknya yakni memerhatikan umur anak tersebut. Teralu dini menyekolahkan anak juga kurang baik karena dalam proses tumbuh anak ada tahapan-tahapan dimana anak sudah dalam kategori siap atau belum dalam mempelajari sesuatu termasuk tahapan dalam belajar materi-materi pelajaran yang ada di sekolah.

Sebaliknya terlambat menyekolahkan anak juga kurang bijak, misalnya saja seorang anak baru disekolahkan di SD saat usianya telah memasuki usia 9 atau 10 tahun, hal tersebut kemungkinan akan membuat anak tersebut sulit menyesuaikan diri dengan murid yang notabene lebih mudah beberapa tahun darinya apalagi dalam hal penyesuaian pola pikir.

Maka dari itu usia anak juga mesti diperhatikan, misalnya saja bagi anak yang akan menempuh pendidikan di SD biasanya umur yang tepat adalah pada umur 7 tahun, bisa juga pada usia 6 tahun terlebih dahulu anak bisa dimasukkan dalam pendidikan anak usia dini. Namun erlambat menyekolahkan anak masih lebih baik dari pada tidak sama sekali menyekolahkannya.

3. Persiapan dana pendidikan untuk anak
Hal yang tidak penting yang harus menjadi perhatian lebih oleh orangtua saat hendak menyekolahkan anaknya yakni persiapan dana pendidikan/biaya pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dana pendidikan menjadi salah satu kunci kesuksesan pendidikan seorang anak, walaupun telah diterapkan pendidikan gratis dibeberapa jenjang pendidikan akan tetapi selalu ada biaya-biaya pendidikan yang dibutuhkan untuk mengakomodasi kesuksesan pendidikan anak.

Sehingga menabung khusus/mengalokasikan bajet khusus untuk membiayai pendidikan anak sangat bijak agar keberlansungan pendidikan anak bisa terus terjaga, sehingga dengan begitu biaya pendidikan tidak menjadi kendala bagiseorang anak dalam menyelesaikan studinya.

4. Peralatan sekolah untuk anak
Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan bagi orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya adalah menyediakan perlatan/sarana untuk sekolah, misalnya seragam sekolah, tas sekolah, sepatu sekolah, buku tulis dan beberapa peralatan sekolah lainnya.

Walaupun cenderung mudah untuk direalisasikan namun alangkah baiknya saat anak telah memiliki jadwal masuk sekolah pertama anda mulai membelikan anak anda berbagai peralatan sekolah yang dibutuhkannya saat bersekolah nantinya

5. Menyiapkan mental anak untuk bersekolah
Apa yang dimaksud kesiapan mental anak untuk bersekolah? Perlu dipahami bahwa selain kesiapan fisik untuk bersekolah kesiapan mental anak juga sangat penting diperhatikan. Tak jarang kita menemukan anak yang gerogi, malu dan takut saat akan mulai bersekolah.

Oleh karena itu agar anak anda tidak mengalami perasaan takut, malu dan grogi saat akan bersekolah maka menyiapkan mental anak saat akan bersekolah sangat penting. Lantas bagaimana caranya agar anak tidak malu, grogi dan takut?

Misalnya saja dengan mengajak anak anda jalan-jalan ke sekolah dimana dia akan bersekolah sebelum hari dia masuk sekolah, menemani anak ke sekolah saat pertama kali masuk sekolah dan masih banyak tips lainnya. Silahkan baca (5 Tips agar anak tidak grogi, malu dan takut saat pertama kali masuk sekolah.

Demikianlah 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Orangtua Saat Akan Menyekolahkan Anaknya yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda dalam saat akan menyekolahkan anak anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon