Wednesday, 3 May 2017

Jurusan Kuliah Untuk Menjadi Guru

Tags
Jurusan Kuliah  Untuk Menjadi  Guru_ Guru memiliki peranan yang besar dalam memajuan pendidikan, melalui tangan guru-lah, para generasi penerus bangsa ditempah untuk menjadi manusia yang berkarakter dan bisa memberi sumbangsi besar bagi kemajuan bangsa indonesia dalam segala aspek. 

Ket: CEO rijal09.com yang sedang mengajar
Dan tak bisa dipungkiri ada banyak orang yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang guru, karena dengan menjadi guru, mereka bisa mengabdikan dirinya dalam mendidik dan mengajar generasi penerus bangsa. 

Namun untuk menjadi guru yang baik dan profesional tidak semudah membalikkan telapak tangan (tidak instan) akan tetapi perlu proses belajar yang panjang dan konsisten, agar bisa menjadi guru profesional yang bisa menciptakan pemeblajaran meyenangkan, kreatif dan membangun interaksi yang baik dalam proses belajar mengajar.

Bagi anda yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang guru, maka ada baiknya berusaha mencari informasi terkait yang bisa membuat mimpi anda untuk menjadi guru bisa tercapai. Hal yang pertama mesti anda ketahui jika ingin menjadi guru adalah jurusan kuliah yang ketika lulus bisa menjadi seorang guru.

Jurusan kuliah yang bisa mengantarkan anda menjadi guru sebenranya ada banyak, misalnya jurusan kuliah Geografi, Sejarah, Matematika, Ekonomi, Pkn, Olahraga, Pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) jurusan khusus untuk jadi guru SD, Pendidikan anak usia dini (PAUD) jurusan khusus untuk jadi guru PAUD. Intinya untuk menjadi guru anda harus mengambil jurusan kuliah yang berada dibawah naungan fakultas ilmu pendidikan di kapus tersebut.

Dari berbagai jurusan yang bisa mengantarkan anda menjadi guru ada beberapa jurusan yang memiliki peluang kerja yang lebih besar, misalnya jurusan PGSD (pendidikan guru sekolah dasar), Alasannya, biasanya dalam suatu kecamatan bisa sampai terdapat 50 sekolah dasar namun biasanya SMP hanya beberapa begitupun dengan SMA. Jadi tamatan dari jurusan PGSD memiliki peluang kerja yang lebih besar.

Selain jurusan PGSD, jurusan bahasa inggiris juga memiliki peluang yang cukup menjanjikan untuk menjadi guru karena baik di SD, MI, SMP, MTS, SMA, MAN semua membeutuhkan guru bahasa inggris. Selanjutnya langkah-langkah menjadi guru juga tidak terlalu sulit. 

Anda bisa mulai menjadi guru honorer/sukarela di sekolah yang dekat dengan kampus anda, caranya anda tinggal datang menyampaikan pada kepala sekolah tentang keinginan anda yang ingin mengajar disekolah tersebut, jika kepsek menyetujui maka anda bisa langsung mengajar di sekolah tersebut akan tetapi anda harus pintar-pintar mengatur/membagi waktu antara kuliah dan mengajar.

Namun anda juga bisa mendaftar jadi guru setelah lulus kuliah, baik sebagai guru sukarela atau guru honorer. Apabila anda memiliki cita-cita untuk menjadi guru yang berstatus pegawai negeri sipil maka anda hanya perlu menunggu sampai terbukanya pendafatran CPNS. Dan sudah pasti gaji guru yang berstatus PNS cukup lumayan sekitar 2-3 jutaan, jika masa pengabdian anda cukup lama dan memiliki golongan pangkat PNS yang tinggi maka gaji anda bisa mencapai 4 jutaan.

Apa saja kelebihan jadi guru? (Baca artikel berikut: 6 Kelebihan/keistimewaan jadi seorang guru)

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon