Friday, 5 May 2017

10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan Dengan Keuntungan Yang Menjanjikan

Tags
10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan Dengan Keuntungan Yang Menjanjikan _Dalam merintis sebuah usaha ada beberapa aspek yang patut menjadi bahan pertimbangan misalnya saja lokasi yang strategis, jenis usaha dan kompetitor. Selain dari beberapa hal tersebut, sebagian usaha juga sangat dipengaruhi oleh waktu, dan jenis usaha tersebut disebut usaha musiman. Salah satu jenis usaha musiman yang menawarkan omzet yang cukup menjanjikan adalah usaha musiman pada bulan ramadhan.

10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan Dengan Keuntungan Yang Menjanjikan
Source: Business News Daily
Ada banyak peluang usaha yang bisa dipilih untuk mengisi waktu selama bulan ramadhan dan sudah pasti memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan. Geliat ekonomi dan kebutuhan komsumsi masyarakat di bulan ramadahan yang cukup tinggi, menjadi salah salah satu pemicu suksesnya papa pelaku usaha di bulan suci ramadhan.

Baca juga:
5 Penyebab usaha tidak berkembang dan kalah bersaing
6 Sifat yang harus dimiliki oleh penjual agar disukai oleh pembeli atau konsumen

Lantas peluang usaha apa saja yang cukup menjanjikan yang bisa anda coba untuk tekuni selama bulan ramadhan. Setidaknya beberapa jenis usaha bisa anda coba dan pastinya tidak membutuhkan modal besar namun menjanjikan untung yang cukup menggiurkan. Berikut ulasannya:

10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan Dengan Keuntungan Yang Menjanjikan:

1. Jual busana muslim
Sudah menjadi sebuah tradisi, jika bulan ramadhan tiba, kebanyakan ummat muslim mencari pernak-pernik khas ramadhan, misalanya saja baju kokoh (baju muslim), mukenah, sajadah, sarung dan lain-lain. Sehingga peluang usaha yang satu ini patut menjadi pilihan jika anda berminat memulai usaha dibulan ramadhan.

Usahakan memilih lokasi yang startegis, misalnya didekat mesjid atau dilokasi yang ramai. Selain itu sosial media juga bisa menjadi alternatif dalam proses promosi barang dagangan anda, dan hal tersebut memang juga terbukti efektif dalam menjaring pelanggang.anda bisa melakukan promosi melalui facebook, bbm, WA, line dan beberapa media sosial lainnya.

2. Jual es untuk berbuka puasa.
Salah satu slogam yang cukup populer apalagi dikalangan ummat muslim yang menjalankan ibadah puasa adalah ungkapan "berbuka dengan yang manis-manis", jika dipikir sekilas, sebenarnya ungkapan tersebut merujuk pada suatu peluang usaha yang potensial, yakni usaha menjual es untuk berbuka puasa, misalnya saja es teler, sop buah, es kelapa, muda dan berbagi jenis dagangan lainnya yang bisa disajikan dalam keadaan dingin.

Baca juga: 7 Cara berbisnis online tanpa modal

Biasanya sebelum makan makanan berat untuk berbuka puasa, sebagian orang suka mengkomsumsi makanan yang ringan seperti es, kurma dan lain-lain. Usaha es memang memiliki prospek yang cuku p menjanjikan, apalagi jika dagangan anda memiliki cita rasa tersendiri, maka bisa dipastikan akan banyak komsumen yang akan berbelanja di kedai atau warung anda.

3. Usaha kue basah dan kering untuk berbuka puasa.
Hal yang cukup unik di bulan ramadhan adalah menjamurnya pasar-pasar dadakan yang menjajakan makanan-makanan untuk berbuka puasa atau makanan yang bisa dimakan bersama anggota keluarga. Seperti jajanan kue kering dan basah.

Biasanya pada sore hari kedai, warung, pasar yang menjajakan berbagai jenis kue, ramai diserbu pembeli. Jadi tidak ada salahnya anda menjadikan usaha kue kering dan basah sebagai opsi untuk berwirausah di bulan ramadhan.

4. Usaha songkok/peci
Memakai songkok/peci dalam menjalankan ibadah shalat, khususnya bagi kaum laki-laki adalah sebuah kebutuhan. Penduduk indonesia yang myoritas muslim mengisyratkan bahwa kebutuhan akan peci bagi kaum laki-laki pada bulan ramadhan cukup tinggi.

Apalagi persepsi bahwa bulan mulia harus disambut dengan pakaian yang indah dan rapi, membuat beberapa orang akan menyisikan uang untuk membeli pernak-pernik ramadhan termasuk peci, guna menampilkan hal yang terbaik di hadapan sang pencipta (Allah).

5. Kuliner (makanan untuk berbuka dan sahur)
Pernah dengar istilah jelajah kuliner? hal tersebut selalu menjadi trend di bulan ramadhan, dimana sebagian orang akan melakukan perjalanan untuk mencoba berbagai jenis kuliner disuatu daerah. Selain itu karyawan, pengusaha, PNS dan berbagai profesi lainnya yang tetap melakukan sperti biasa di bulan ramadhan, membuat sebagian dari mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak baik untuk dikomsumsi diwaktu sahur maupun berbuka.

Sehingga mereka lebih memilih membeli makanan diwarung/estoran siap saji dll. Oleh karena itu usaha kuliner juga cukup menjanjikan untuk digeluti di bulan ramadhan, dan yang perlu anda pikirkan adalah jenis kuliner seperti apa yang sebaiknya anda pilih untuk digeluti.

6. Jual parfum
Salah satu ciri ummat muslim ketika hendak melaksanakan ibadah adalah menggunakan wewangian atau parfum, hal tersebut memang menjadi sebuah sunnah yang dicontohkan oleh nabi muhammad. Jadi wajar jika memasuki bulan ramadhan bisnis jual minyak wangi atau parfum laris manis.

Namun jika anda tertarik untuk memulai usaha jual parfum maka sebaiknya hindarkan menjual parfum yang mengandung alkohol dalam kadar tinggi maupun rendah, karena alkohol sendiri dilarang bagi ummat islam. Jenis parfum yang memiliki wangi khusus timur tengah banyak digunakan oleh sebagian ummat muslim, seperti, aroma kasturi, mawar dll.

7. Jasa penitipan hewan. 
Peluang bisnis yang satu ini juga tidak kalah menjanjikannya, namun usaha penitipan hewan lebih potensial dilakukan di daerah perkotaan, dimana terdapat banyak orang-orang kaya yang memelihara binatang kesukaannya.

Beberapa alasan yang menyebabkan orang menitipkan hewan peliharaannya pada jasa penitipan hewan yakni; ingin mudik dan menghabiskan bulan ramadhan di kampung halaman, pembantu pulang kampung sehingga hewan peliharaan tidak ada yang urus dll.

8. Jual parsel
Bisnis parsel pada bulan ramadhan juga cukup menguntukan, biasanya permintaan akan parsel semakin meningkat menjelang akhir-akhir bulan ramadhan. Tujuan sebagian orang membeli parsel yaitu untuk menghadiahkannya pada sanak saudara, kerabat, menghadiahkan pada asisten rumah tangga, bonus untuk karyawan. Dengan kemasan yang menarik dan harga yang terjangkau bukan tidak mungkin bisnis parsel anda akan ramai pembeli, maupun orang yang memesan melalui sosial media, maupun telepon seluler.

9. Catering
Bulan puasa identik dengan acara buka puasa bersama, misalnya saja buka puasa bersama anak yatim piatu, buka puasa dengan teman kuliah, sekolah, buka puasa bersama kaum duafa, pembagian makanan (takjil) untuk sahur dan berbuka. Dan bisanya makanan tersebut melalui jasa catering, peluang usaha catering sudah pasti sangat menjanjikan, apalagi jika harga yang anda tawarkan cukup bersahabat.

10. Jual Kembang api
Salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari bulan ramadhan adalah kembang api yang banyak dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Untuk memulai usaha kembang api juga tidak perlu biaya besar, apalagi tempat yang luas.

Anda hanya perlu memasarkan jualan kembang api anda di tempat keramaian atau dipinggir jalan yang banyak orang lalu lalan. Namun sebaiknya hidari menjual petasan karena hal tersebut bisa menganggu orang lain.

Demikianlah 10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan Dengan Keuntungan Yang Menjanjikan. Apa anda tertarik untuk mencoba beberapa jenis usaha di atas? Untuk memulai usaha setidaknya butuh konsistensi dan niat yang besar (Baca artikel: 6 Tips memulai usaha yang sangat ampuh)

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon