Sunday, 14 May 2017

11 Tips Merencanakan Liburan Bersama Keluarga

Tags
11 Tips Dalam Merencanakan Liburan Bersama Keluarga _ Berlibur adalah salah satu solusi untuk menghilangkan kepenatan akibat rutinitas kerja yang sangat padat, selain itu mengisi waktu senggang dengan berlibur bisa meningkatkan mood dan kecerian, apalagi jika liburan tersebut dilewati bersama orang-orang tersayang yakni dengan anggota keluarga.

 Tips Merencanakan Liburan Bersama Keluarga
source:www.sonnblick.at
Liburan yang dilakukan bersama semua anggota keluarga, selain bisa semakin menumbuhkan rasa kebersamaan juga dan semakin mengokohkan keharmonisan dalam suatu keluarga. Namun tahukah anda dalam merencanakan suatu liburan, apalagi bersama anggota keluarga, ada banyak hal yang mesti menjadi perhatian, agar liburan tersebut bisa berkesan dan meninggalkan nilai edukatif bagi anak.

Lalu hal apa saja yang sebaiknya anda perhatikan dalam menrencankan suatu liburan bersama keluarga tercinta? setidaknya ada beberapa tips yang bisa anda coba aplikasikan dalam merencanakan liburan bersama keluarga, berikut ulasannya:

Tips Dalam Merencanakan Liburan Bersama Keluarga

1. Pilih tempat tujuan yang tepat
Tips pertama dan yang paling utama dalam merencanakan liburan adalah memilih lokasi liburan atau destinasi wisata yang akan dikunjungi. Dalam memilih destinasi wisata sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan semua anggota keluarga.

Tujuannya agar lokasi wisata yang dipilih bisa mewakili keinginan semua anggota keluarga dan semua anggota keluarga bisa menikmati waktu berlibur. Lokasi wisata/destinasi wisata juga sebaiknya disesuaikan dengan rentang waktu yang akan dihabiskan di lokasi tersebut.

Misalnya saja, jika anda memiliki waktu jadwal liburan 1 hari saja, maka sebaiknya pilih lokasi wisata yang dekat dan mudah diakses, karena jika lokasi wisata yang anda pilih jauh dan agak sulit untuk diakses, kemungkinan besar waktu anda akan habis terbuang dalam perjalanan, alhasil ketika sampai di lokasi wisata anda menjadi capek karena telah menepuh perjalan jauh.

2. Tentukan jadwal liburan
Menentukan jadwal liburan adalah hal yang cukup urgent untuk melakukan sebuah perjalanan wisata, apalagi jika jadwal yang ada harus disesuaikan dengan waktu luang semua anggota keluarga. Misalnya saja, kapan ada waktu libur sekolah anak, jadwal cuti kerja suami ataupun waktu senggang ibu/istri.

Pilihlah waktu berlibur dimana semua anggota keluarga tidak memiliki rutunitas kerja (libur) agar semuanya bisa ikut menikmati liburan. Misalnya saja hari sabtu minggu, hari libur nasional, dan hari-hari raya, dimana pada waktu tersebut biasanya semua anggota keluarga bisa/memiliki waktu luang.

3. Tempat berlibur yang edukatif
Menyelam sambil minum air adalah suatu ungkapan yang menyiratkan bahwa dengan melakukan satu hal saja beberapa tujuan lainnya bisa tercapai. Maka ungkaan tersebut juga berlaku dalam memilih lokasi liburan, usahakan memilih lokasi liburan yang edukatif dan bisa memberi nilai tambah/pelajaran bagi semua anggota keluarga termasuk anak.

Lokasi liburan seperti apa yang bisa memberikan nilai edukatif? misalnya saja kebun binatang, museum, taman purbakala, pantai, tempat bersejarah dan lain-lain

4. Perhatikan kondisi cuaca
Cuaca bisa menjadi antiklimaks dari rencana liburan yang sudah anda rancang dengan sempurna. Sehingga memberi perhatian lebih pada kondisi cuaca saat akan berangkat liburan menjadi hal yang sangat penting.

Anda tidak mau bukan jika liburan anda menjadi tidak menyenangkan akibat tiba-tiba turun hujan atau kondisi cuaca yang tidak menentu. Jika cuaca kurang bersahabar maka sebaiknya rencana liburan anda ditunda dulu, sampai keedaan dan kondisi benar-benar bersahabat

Namun hal tersebut hanya berlaku bagi anda yang ingin berlibur di daerah outdoor, sehingga yang ingin berlibur dengan destinasi wisata dalam ruangan, kondis cuaca tidak terlalu menjadi penghalang dari kegiatan liburan yang direncanakan.

5. Merencanakan dana yang digunakan dalam berlibur
Selanjutnya tips dalam merencanakan liburan, agar bisa terealisasi dengan baik dang mengesankan bagi semua anggota keluarga adalah dengan merencanakan/mengkalkulasi dana yang akan digunakan untuk kegiatan berlibur.

Mulailah mengkalkulasi jumlah dana yang kemungkinan dibutuhkan untuk mengakomodasi rencana berlibur anda, mulai dari biaya transportasi, biaya penginanapan, biaya komsumsi, persiapkan pula dana cadangan dan dana yang diperuntukan untuk hal-hal yang tak terduga, hal tersebut untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Walaupun pada dasarnya setiap orang berharap, apa yang direncanakan bisa sesuai dengan apa yang terjadi namun terkadang beberapa hal tak terduga terkadang terjadi, sehingga alangkah bijaknya, jika langkah antisipatif selalu dimasukan dalam list pendanaan.

6. Merencanakan kegiatan yang akan dilakukan.
Saran selanjutnya yang bisa anda coba ketika sedang merencanakan liburang bersama keluarga adalah dengan merencanakan aktivitas/kegiatan yang akan dilakukan selama berlibur, hal ini penting, agar waktu berlibur anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Jika perlu anda membuar roadmap (rambu-rambu) liburan sehingga anda tidak kebingungan mesti melakukan hal apa saat sudah tiba dilokasi wisata/libuaran. Misalnya saja, hal yang biasa dilakukan oleh sebagian orang saat berlibut seperti, makan-makan bersama keluarga (bakar-bakar ikan) dll.

7. Tentukan jenis akomodasi yang digunakan. 
Pilihan akomodasi yang tepat bisa menunjang liburan sehingga menjadi lebih berkualitas. Misalnya saja menggunakan peswat, mobil, kereta api, perahu dan lain-lain. Namun dalam memilih jenis akomodasi dalam mengnjungi destinasi wisata yang akan tuju.

Usahakan pertimbangkan aspek keefektifannya, misalnya jika suatu daerha cukup jauh, maka sebaiknya gunakan pesawat saja, apalagi jika bajet liburan anda memang cukup, sebaliknya jika objek wisata yang akan anda kunjungi dekat, maka sebaiknya gunakan saja mobil atau kereta api.

8. Persiapkan perlengkapan liburan
Tips yang juga tidak kalah pentingnya dalam merencanakan liburan adalah sebaiknya jauh-jauh hari perlengkapan yang akan digunakan saat berlibur dipersipakan, agar pada hari H anda tidak lagi sibuk mengurusin barang bawaan untuk berlibur.

Sebaiknya sesuaikan perlengkapan liburan anda dengan lokasi/objek wisata yang akan anda tuju. misalnya ketika tujuan wisata anda adalah gunung (daerah ketinggiang), maka bawalah peralatan/pakaian yang sesuai dengan cuaca/suhu yang ada di daerah pegunungan, misalnya jacket, minuman hangat dll. begitupun jika destinasi tujuan wisata anda adalah pantai, maka sebaiknya bawa perlengkapan liburang yang sesuai.

9. Nikmati liburan dan suasana kebersamaan saat liburan
Tak jarang kita melihat beberapa kegiatan reuni, kumpul-kumpul namun semuanya pada sibuk memaninkan gagdet (smartphone) sehingga suasana menjadi garing dan membosangkan, bukannya bisa melewati waktu dengan penuh canda tawa, malah semua pada sibuk chat dengan temannya.

Kondisi seperti itu sebaiknya anda hindari, dalam melewati liburan, alangkah baiknya benda-benda/hal-hal yang bisa merusak/menganggu suasana liburan anda disingkirkan terlebih dahulu, mislanya gagdet. kegiatan chatting, online dll.

10. Abadikan moment liburan
Mengabadikan moment liburan tidak selamanya harus dilakukan melalui kegiatan foto bersama anggota keluarga di lokasi liburan, namun mengabadikan moment liburan juga mengcakup hal-hal istimewa dan berharga yang bisa dilalui dan dilakukan bersama saat berlibur.

Walau tak sedikit yang mengabadikan moment liburan mereka dengan berfoto, namun bukan berarti itu mengambarkan bahwa mereka menikmati liburan tersebut, namun indahnya suasana kebersamaan adalah sebuah moment yang akan abadi dalam benak dan hati setiap anggota keluarga.

11. Mulai menabung
Setiap rencana akan hanya mejadi rencana jika tidak ada langkah pasti dalam mewujudkan rencana tersebut, termasuk rencana liburan bersama keluarga. Bisa dipastikan liburan membutuhkan dana yang cukup banyak apalagi jika kegiatan liburannya bersama anggota keluarga.

Oleh karena itu alangkah baiknya mulai saat ini and amulai menyisihkan dana untuk dikumpulkan agar rencana liburan anda bisa benar-benar terealisasi dengan sempurna.

Demikianlah 10 Tips Merencanakan Liburan Bersama Keluarga yang bisa anda lakukan. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon