Monday, 15 May 2017

11 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Tags
11 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga _ Ada sebuah ungkapan yang berbunyi "mempertahankan sesuatu lebih sulit ketimbang saat berusaha mencapainya". Ungkapan tersebut berlaku untuk banyak hal dalam hidup ini, tak terkecuali dalam hal kehidupan berumah tangga. Untuk membangun sebuah rumah tangga memang bisa dikata harus melalui banyak rintangan dan tantangan.

11 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga
Source: Indomultimedia

Namun hal yang lebih menantang dan sulit ketimbang membangun sebuah rumah tangga adalah bagaimana mempertahankan rumah tangga tersebut agar tetap utuh dan harmonis. Dalam kehidupan berumah tangga, ada banyak hal yang senantiasa datang menyapa, terkadang suatu keluarga diliputi dengan kebahagian, kadang pula suatu rumah tangga diuji dengan prahara (konflik) yang bisa menjadi pemicu runtuhnya mahligai rumah tangga yang telah lama dibina.

Bukan rahasia lagi jika dalam setiap rumah tangga selalu mengalami kehidupan yang pasang surut, ibaratkan bumbu-bumbu yang memberi warna dan rasa bagi setiap pasangan. Oleh karena itu agar sebuah rumah tangga bisa tetap harmonis maka dibutuhkan tips-tips atau cara tertentu agar kasih sayang yang ada dalam sebuah rumah tangga semakin erat.

Lalu bagaimana cara agar suatu rumah tangga bisa tetap harmonis, walalu berbagai cobaan dan ujian datang. Tips apa saja yang tepat dalam menjaga hubungan dalam rumah tangga, agar semakin hari semakin bahagia? Berikut ulasannya:

11 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

1. Saling mencintai satu sama lain
Tips pertama yang bisa anda lakukan agar rumah tangga yang selama ini anda bangun dengan penuh cinta dan kasih sayang adalah berusaha terus-menerus menumbuhkan benih-benih cinta dengan satu sama lain. Jika anda mulai merasa bosan dan jenuh dengan pasangan anda maka pikirkanlah hal yang selama ini membuat anda jadi mencintainya.

Perasaan cinta dengan pasangan harus terus dijaga dan dirawat. Ibaratkan bunga yang setiap hari harus disiram dan dipupuk. Jangan menunggu agar diberi perhatian, tapi andalah yang harus memulai memberi perhatian agar pasangan anda termotivasi untuk menunjukan/melakukan hal yang serupa.

2. Saling percaya
Salah satu pemicu keretakan hubungan dalam suatu rumah tangga adalah munculnya perasaan curiga dan saling tidak percaya dengan pasangan. Maka dari itu mulailah untuk menumbuhkan perasaan yakin dan percaya bahwa apa yang dilakukan pasangan anda semata-mata demi membuat anda senang dan bahagia.

Apalagi jika pasangan anda sibuk bekerja atau bahkan anda dan pasangan anda adalah orang yang super sibuk dengan pekerjaan/rutinitas masing-masing maka salah satu resep agar benih keharmonisan dalam keluarga bisa terjaga adalah dengan saling mempercayai. Menjaga kepercayaan pasangan tidak selamanya harus ditunjukan dengan ungkapan kata-kata namun dengan komitmen dan tindakan nyata jauh lebih berarti.

3. Terbuka pada pasangan
Suami adalah tempat berbagi cerita begitu juga dengan istri, jadi jangan pernah segang untuk menceritakan hal-hal yang ada dalam benak anda, mintalah saran atau pendapat dari pasangan anda tentang masalah, harapan, impian dan keinginan anda.

Jangan memendang sesuatu yang pada akhirnya bisa menjadi duri dan menyakiti diri anda sendiri, sampaikan pada pasangan anda dengan lemah lembut. Sikap saling terbuka akan membuat anda bisa cepat saling memahami satu sama lain.

4. Memenuhi nafkah batin pasangan (berhubungan suami istri)
Nafkah batin (berhubungan suami istri) adalah salah satu hal yang menjadi kebutuhan dasar bagi setiap pasangan, jadi walau sesibuk apapun anda, selelah apapun anda, sebaiknya usahakan untuk bisa memenuhi hak suami/istri anda.

Lakukanlah yang terbaik agar pasangan anda menjadi puas dan bahagia, buatlah rumah sebagai surga kecil bagi pasangan anda. Sehingga suami/istri anda selalu rindu untuk pulang dan menemui anda.

5. Saling perhatian
Jika satu satu sama lain mulai sibuk dengan urusannya sendiri maka hal tersebut bisa menjadi penyebab renggangya hubungan dalam suatu keluarga. Jadilah pribadi yang selalu perhatian dengan keadaan pasangan ada. Berikanlah perhatian walaupun hanya terbilang dalam hal kecil dan sepeleh, karena perhatian-perhatian yang kecil namun konsisten anda tunjukan menjadi kunci munculnya/tmbuhnya rasa saling memiliki dan dimiliki.

6. Saling mengerti satu sama lain
Selanjutnya cara agar keharmonisan keluarga selalu terjaga adalah dengan menjadi pasangan yang bisa mengerti dan menerima berbagai kelebihan dan kekurangan dari pasangan anda. Jangan hanya bersedia menerima kelebihan pasangan anda tanpa mau menerima kekurangannya.

Mengerti karakter dan kebiasaan pasangan adalah langkah awal yang sebaiknya dilakukan pada awal membangun mahligai rumah tangga. Jangan segang untuk sekedar menanyakan apa hobinya, kebiasaanya, hal yang tidak dia sukai, bagaimana jika dia marah dan lain-lain.

Selain itu, usahakan untuk menjaga diri dari melakukan hal yang kurang baik, misalkan saja jika pasangan anda marah maka sebaiknya adan diam atau cobalah jelaskan dengan cara yang santun dan penuh cinta. Jika pasangan anda menjadi api maka jadilah air yang bisa menyejukkannya, jika dia jatuh maka bantulah dia bangkit, karena sejatinya suami istri ada untuk saling melengkapi satu sama lain.

7. Makan bersama
Hal yang terkadang terlihat biasa saja namun memiliki makna yang dalam dan bisa menumbuhkan ikatan batin antara suatu pasangan adalah kebiasaan untuk selalu makan bersama. Maka upayakanlah untuk selalu makan bersama pasangan anda. Bagaimanapun enaknya jajanan diluar, tidak ada yang lebih enak dari masakan yang disuguhkan istri untuk suaminya.

Tatapilah wajah pasangan anda saat dia menyuap makanan, maka rasa haru dan cinta akan semakin tumbuh daam sanubari anda, kelak ketika anda berada jauh maka kerinduan untuk selalu bersama selalu terpatri dalam hati anda.

Bagi istri, usahakanlah memasak makanan kesukaan suami anda, begitupun dengan seorang suami, pujiah makanan istri anda, seolah makanan tersebut adalah makanan yang paling enak yang pernah anda makan.

8. Selalu ada disaat pasangan membutuhkan anda
Hal ang romantis dalam kehidupan berkeluarga bukan saat anda memberikan bunga pada pasangan anda, bukan pula pada saat anda memberikan barang/perhiasan yang disukai oleh pasangan anda.

Namun hal yang sangat romantis dalam kehidupan berkeluarga adalah ketika anda selalu anda untuk pasangan anda, menemani, mensupport dan menguatkan,

9. Liburan bersama
Adakalanya kehidupan berumah tangga harus diselingi dengan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat romansa anda kembali hidup, salah satunya dengan liburan bersama pasangan di tempat-tempat yang romantis atau ditempat dimana anda sering habiskan waktu bersama sebelum berstatus sebagai suami istri. Buatlah moment liburan anda spesial dan istimewa, anggap saja anda sebagai pasangan muda-mudi yang sedang dilanda asmara.

10. Sering bercanda bersama
Ketika suasana sedang menjenuhkan, membosankan dan garing jadilah pribadi yang bisa menghadirkan suasana riang gembira, baik dengan melakukan tindakan-tindakan konyol dihadapan pasangan anda (dalam batasan wajar) atau menceritakan lelucon positif yang bisa membuat kalian bisa saling tertawa bersama.

11. Memberi hadiah pada pasangan anda
Agar manisnya cinta selalu bisa anda rasakan dalam mahligai rumah tangga anda, maka cobalh perlakukan pasangan anda dengan cara yang istimewa, misalnya saja memberikan hadiah, kejutan dan lain-lain.

Demikianlah 11 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga yang bisa anda coba lakukan agar kelurga anda bisa semakin bahagia dan harmonis. semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon