Saturday, 13 May 2017

10 Cara Menjadi Ibu Yang Baik Untuk Anak dan Keluarga

Tags
10 Cara Menjadi Ibu Yang Baik Untuk Anak dan Keluarga _ Orangtua adalah sauri tauladan bagi anaknya, peran orangtua dalam mendidik anak sangat subtansial, melalui pendidikan yang baik di lingkungan keluarga, seorang anak bisa tumbuh menjadi sosok yang memiliki karakter yang baik dan benar.

source:ummi-online.com
Ibu adalah sosok manusia yang tidak diragukan lagi cinta dan kasih sayangnya pada keluarga, termasuk pada buah hatinya. Maklum saja, karena ibu lebih menitikberatkan perasaan dalam mendidik, merawat, mengasuh dan membesarkan buah hatinya, sehingga cara seorang ibu dalam meperlakukan anaknya begitu lembut dan penuh cinta.

Tugas seorang ibu dalam mendidik anak dan memenuhi segala keperluan keluarga  begitu luas, bukan hanya sebatas mengurusi berbagi kebutuhan dan keperluan anak akan tetapi seorang ibu juga berperan sebagai kepala rumah tangga yang dituntut untuk selalu sigap agar kebutuhan/keperluan semua anggota keluarga bisa terakomodasi.

Lalu bagaimana cara menjadi ibu yang baik bagi anak, serta hal apa-apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang ibu agar bisa menjadi sosok teladan dan disenangi oleh anaknya? berikut tips yang bisa dilakukan untuk menjadi ibu yan baik untuk anak.

10 Cara Menjadi Ibu Yang Baik Untuk Anak dan Keluarga

1. Perhatian dan penuh kasih sayang
Salah satu kelebihan seorang ibu adalah tingginya rasa kasih sayang dalam dirinya, sehingga ibu bisa menjadi contoh bagi anak-anaknya dalam hal penanaman karakter lembut dan berkasih sayang pada anaknya.

Bukan hanya pada anak namun sikap perhatian dan kasih sayang senantiasa harus ditunjukan pada pasangan hidupnya yakni suaminya, perhatian dan kasih sayang yang cukup,menjadi syarat terciptanya keharmonisan dalam suatu keluarga.

2. Mengutamakan kepentingan keluarga ketimbang kepentingan pribadi
Menjadi seorang istri sekaligus ibu dari anak-anaknya bukanlah perkara yang mudah. Setidaknya segala ego dan sifat yang kurang baik mesti bisa ditekan dan diminimalisir. Mengutamakan kepentingan keluarga ketimbang kepentingan pribadi adalah hal yang mutlak, seorang ibu ibaratkan nyawa dalam suatu keluarga sehingga baik buruknya suatu kelaurga sangat tergantung dari karakter ibu/istri dalam keluarga tersebut.

3. Harus kuat dan tahan banting
Seorang ibu/istri dituntut untuk menjadi sosok yang kuat dan tangguh agar bisa mengakomodasi segala keperluan keluarga. Seorang ibu harus senantiasa menjaga kondisi fisik dan psikisnya karena jika seorang ibu sakit.

Maka kemungkinan kondisi keluarga akan terbengkalai, karena seperti yang kita ketahui, mulai dari urusan konsumsi, menjaga dan merawat anak, memenuhi kewajiban sebagai istri dan merapikan rumah duanya biasa dikerjakan oleh seorang ibu.

4. Pintar dandan
Menjadi seorang ibu bukan berarti kebutuhan untuk tampil menarik dan cantik dihadapan anak serta suami menjadi terabaikan, justru sebaliknya, seorang ibu sebaiknya selalu menjaga penampilan dihadapan anak-anak, sehingga anak-anak bisa mencontoh sisi-sisi positif dari kemampuan ibu untuk selalu tampil cantik.

Begitupun penampilan di hadapan suami, seorang istri sebaiknya selalu merawat diri agar bisa menjadikan keluarga sebagai surga kecil untuk suaminya. Dengan begitu keharmonisan keluarga akan senantiasa terjaga.

5. Pintar memasak
Sebagai sosok yang bertugas untuk memasak dan menghidangkan makanan yang enak serta lezat bagi anggota keluarga, maka seorang ibu sudah sepatutnya memeliki kemampuan memasak berbagai menu makanan yang enak dan lezat, agar setiap anggota keluarga selalu merindukan untuk makan bersama keluarga di rumah.

List menu masakan yang banyak sudah menjadi sebuah keharusan untuk dikuasai. Dan jika perlu seorang ibu harus lebih mahir dari seorang koki dalam urusan masak-memasak.

6. Pintar mengatur keuangan.
Biasanya seorang istri/ibu memegang kendali dalam hal urusan keuangan dalam keluarga. Sehingga kemampuan dalam memanajemen keuangan keluarga sangat penting. Mulai dari urusan belanjaan, jajan anak, membayar berbagai tagihan dan tabungan untuk rencana masa depan pendidikan anak, patut menjadi perhatian seorang ibu dalam mengatur urusan keuangan keluarga.

7. Pintar membagi waktu
Cara menjadi ibu yang baik untuk anak dan keluarga selanjutnya adalah menjadi ibu atau istri yang Pintar membagi waktu. Siapa bilang tugas suami lebih berat dari tugas seorang istri, untuk masalah beban kerja mungkin suami memiliki beban kerja yang lebih berat. Namun dalam hal kuantitas maka bisa dipastikan tugas seorang istri jauh lebih banyak.

Mulai dari bangun subuh memasak untuk sarapan anak dan suami, menyiapkan seragam sekolah anak dan pakaian kerja suami, merapikan rumah dan masih banyak lagi. Sehingga seorang ibu sangat perlu bijak dalam mengatur waktu, baik untuk anak dan untuk suami.

8. Update dengan berbagai informasi.
Selanjutnya tips untuk menjadi ibu yang baik bagi anak dan suami adalah seorang ibu harus update dengan berbagai informasi, jangan menjadi ibu yang kudet (kurang update). Update bukan berarti harus segala seuaut yang baru harus dimiliki atau di ketahui namun setidaknya ada usaha untuk mencari tahu berbagai hal baru, termasuk hal-hal positif yang bisa bermanfaat bagi semua anggota keluarga.

9. Pandai dalam menghangatkan suasana keluarga
Tips menjadi ibu yang baik untuk anak dan keluarga yakni menjadi sosok ibu/istri yang Pandai dalam menghangatkan suasana keluarga karena bisa dipastikan suatu keluarga tidak selamanya hanya diliputi oleh kebahagian terkadang masalah datang menghampiri, baik masalah tersebut berkaitan dengan suami, anak, keuangan, pekerjaan dan berbagai hal lainnya.

Maka dari itu jika kondisi kurang baik sedang menghampiri keluarga, ibu dituntut menjadi sosok yang mampu hadir sebagai pencair suasana, hadir sebagai pelipur lara, menjadi solusi dan senantiasa memberikan support untuk semua anggota keluarga

10. Insiatif
Terakhir tips menjadi ibu yang baik untuk anak dan keluarga yakni menjadi sosok ibu/istri inisiatif. misalkan saja ketika sedang jenuh dan bosan, ibu beriniasatif membuat kue atau masakan kesukaan anggota keluarga atau merekomendasikan untuk berlibur bersama anggota keluarga untuk mengisi waktu libur dan berbagai ide inisiatif lainnya. (Baca juga: 10 Tips mengisi liburan anak debgan berbagai hal yang bermanfaat)

Demikianlah 10 Cara Menjadi Ibu Yang Baik Untuk Anak dan Keluarga, semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda khusunya bagi ibu/istri yang memiliki begitu banyak tugas dan peran dalam suatu keluarga.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon