Saturday, 8 April 2017

7 Mainan Yang Baik Untuk Anak Agar Aktif, Kreatif Dan Edukatif

Tags
7 Mainan Yang Baik Untuk Anak Agar Aktif, Kreatif Dan Edukatif _ Bermain adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari anak-anak. Usia kanak-kanak adalah fase dimana seorang anak akan banyak menghabiskan waktu untuk bermain, dengan bermain anak bisa mengespresikan apa yang dia pikirkan. Bermain memang sebuah bagian dari proses pertumbuhan anak, pemikiran seorang anak yang masih polos dan labil akan perlahan-lahan berubah menjadi pribadi lebih dewasa baik melalui interaksi dengan teman-teman seumurannya, pendidikan dalam keluarga dan pendidikan formal.

7 Mainan Yang Baik Untuk Anak Agar Aktif, Kreatif Dan Edukatif

Bermain memiliki banyak manfaat bagi anak, baik manfaat dari segi pertumbuhan anak, meningkatkan kemapuan emosional anak dan melatih keterampilan anak. Salah satu sarana yang biasa digunakan seorang anak ketika bermain adalah mainan, dengan memiliki mainan anak-anak akan lebih antusias dalam bermain baik ketika bermain dengan teman-temannya maupun ketika sedang bermain sendiri.

Saat ini ada banyak mainan yang dibuat dan sengaja diperuntuhkan untuk anak, sehingga orang tua tinggal memilih mainan yang tepat bagi anaknya. Memilih mainan yang baik untuk anak adalah hal yang sangat bijak dan penting, karena tidak sedikit mainan justru bisa memberi dampak negatif bagi anak. Misalnya saja terdapat beberapa mainan yang memiliki kandungan kimia, hal tersebut pastinya kurang baik bagi anak, apalagi diusia dini anak banyak melakukan kontak langsung dengan mainannya. Sebagai orang tua pasti anda biasa bukan melihat anak yang memasukkan mainan kedalam mulutnya, menjilat serta kontak langsung dengan kulit anak, sehingga akan sedikit beresiko jika dimainkan oleh anak. Selain itu beberapa mainan juga tidak memiliki efek signifikan dalam membantu anak untuk menjadi aktif, kreatif dan tidak memiliki nilai edukatif.

Oleh karena itu dalam membelikan mainan untuk anak. sebaiknya anda berupaya mengetahui terlebih dahulu mana mainan yang baik untuk anak dan mana yang tidak baik, baik ditinjau dari segi pengaruh untuk kesehatan anak maupun nilai edukatif didalamnya. Mainan apa saja yang baik untuk anak sehingga bisa membuat anak menjadi aktif, kreatif dan memiliki nilai edukatif? Berikut beberapa mainan yang bisa menjadi opsi bagi anda dalam membelikan mainan untuk anak anda.

7 Mainan Yang Baik Untuk Anak Agar Aktif, Kreatif Dan Edukatif


1. Flash card
Flash card adalah sejenis kartu bergambar yang memiliki berbagai macan karakter, mulai fari flash card binatang beserta nama-namanya, flash cars angka dan bilangan dan flash card dengan hurungan dan kata. Dengan menggunakan flash card sebagai sarana bermain, selain bisa membuat anak menjadi ceria juga bisa menjadi media pembelajaran bagi anak-anak. Bahkan flash card kadang digunakan di sekolah-sekolah sebagai media pembelajaran.

Menggunakan flash lebih kepada penananman konsep bermain sambil belajar yakni  dalam persepsi pendidikan lebih kepada pembelajaran bermakna. Jika anda berminat membelikan flash card untuk buah hati anda, sebaiknya yang berbahan dasar plastik agar lebih awet ketimbang yang  menggunakan bahan dasar kertas yang kemungkinan besarnya bisa cepat rusak.


2. Puzzel
Puzel sebenarnya berasal dari bahasa inggris yang berarti teka-teki. Puzel adalah sejenis  benda utuh yang membentuk suatu karakter/menggambarkan karakter tertentu yang tersusun dari potongan-potongan bagian-bagian kecil, ketika potongan-potongan kecil tersebut disusun dengan benar akan menghasikan karakter atau gambar yang benar.

Dengan bermain puzel bisa membuat anak menjadi lebih berpikir kritis (berusaha memikirkan susunan-susunan yang tepat), analitis (menganalisa ptongan puzel yang tepat), kreatif dan memancing anak untuk menjadi pribadi yang jenius dan cerdas.

Beberapa jenis puzel yang bisa anda beli bagi anak anda seperti puzel stick, puzel lantai, puzel angka dan lain-lain. Anda tinggal menyesuaikan puzel yang tepat sesuai dengan umur anak anda sehingga nilai edukatinya lebih maksimal dalam membentuk pribadi anak.

3. Slime
Slime adalah permainan yang sangat populer dikalangan anak-anak, mainan yang satu ini kadang digunakan dalam acara-acara di televisi yang bertemakan anak-anak. Slime sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti lumpur, teksturnya kenyal seperti jelly, agak lengket dan mudah dibentuk.

Karena memiliki bentuk dasar yang mudah dibentuk sehingga permainan ini cocok untuk anak-anak, slime yang bisa dibentuk sesuai keinginan bisa merangsang daya kreativitas anak untuk membuat sesuatu sesuai dengan keinginan dan daya kreativitasnya. Dan pastinya bermain slime juga bisa membuat anak-anak menjadi lebih ceria dan senang

Namun sebagai orang tua anda mesti teliti dalam membelikan anak anda mainan yang satu ini. Karena beberapa tipe slime dibuat dengan bahan dasar yang mengandung zat kimia, apalagi jika yang ingin memainkannya adalah anak yang suka memasukan mainan dalam mulutnya. Sebagai alternatif anda bisa membuat sendiri slime untuk anak anda, karena untuk mebuat slime tidak terlalu sulit dan beberapa slime bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang aman untuk anak.

7 Mainan Yang Baik Untuk Anak Agar Aktif, Kreatif Dan Edukatif
4. Lego
Lego adalah mainan yang terbuat dari plastik yang berbentuk bongkah-bongkh kecil yang bisa disusun dan dibentuk sesuai keinginan anak. Lego adalah mainan yang baik untuk anak, karena selain cukup aman untuk dimainkan, bermain lego juga mampu menumbuhkan daya imajinasi dan kreativitas anak.

Lego yang terdiri dari bongkah-bongkah kecil yang bisa disatukan satu sama lain sehingga bisa membentuk sesuatu. Semakin tinggi daya imajinasi seorang anak biasanya akan berbanding lurus dengan kemampuannya untuk menyusun model lego yang sesuai dengan imajinasinya. Mainan yang satu ini juga bisa lebih tahan lama karena berbahan dasar plastik yang tidak gampang rusak sehingga akan menghemat biaya.

5. Kotak angka dan huruf
Selanjutnya mainan yang baik untuk anak agar kreatif dan memiliki nilai edukatif adalah kotak angka dan huruf, mainan yang satu ini berbentuk kotak dan pada masing-masing sisinya memiliki lubang (lubang berbentuk angka atau huruf) dan juga terdapat angka dan huruf yang cocok jika dimasukkan kedalam lubang yang tepat.

Anak yang bermain dengan kotak angka maupun kotak huruf juga memiliki dampak baik bagi anak yakni baik untuk melatih kreativitas anak, meningkatkan daya berpikir anak dan bisa memunculkan tantangan kepada anak agar bisa menyelesaikannya dengan benar

6. Mobil-mobilan
Jika menurut anda bermain mobil-mobilan bagi anak adalah permainan yang biasa-biasa saja dan tidak memiliki manfaat untuk anak maka persepsi anda kurang tepat. Mainan yang berupa mobil-mobilan, apalagi yang bisa bergerak sangat cocok untuk melatih keaktifan anak.

Perhatikan saja anak yang punya mobil-mobilan, mereka akan memainkan mobil-mobilannya secara aktif, didorong kesana-kemari, dikejar, dituntun sehingga hal tersebut sangat baik agar pertumbuhan anak bisa berjalan dengan maksimal. Dengan aktif berlari, bergerak akan merangsang motorik anak agar lebih otptimal dan hal tersebut sangat baik bagi anak yang sedang dalam kondisi pertumbuhan.

7. Menggambar.
Salah satu peajaran yang disukai oleh anak disekolah adalah menggambar, kenapa demikian? Karena dengan menggambar anak bisa menuangkan imajinasinya dalam sebuah gambar. Menggambar bisa melatih anak menjadi lebih memaksimalkan daya visual (penglihatan) yakni bisa membedakan warna-warna, selain itu imajinasi yang ada dipikran anak akan dituangkan dengan cara kreatif.

Bukan hanya itu dengan bermain menggambar anak akan lebih teliti, hati-hati dan fokus agar gambarnya bisa menjadi yang terbaik. Perhatikan saja anak yang sedang menggambar akan sangat fokus dengan hal yang dia gambar agar hasilnya bisa maksimal.

Jadi tidak ada salahnya sebagai orang tua anda menfasilitasi anak anda agar bisa menuangkan imajinasinya dalam bentuk gambar dengan membelikannya buku gambar dan pensil warna, apalagi buku gambar dan pensil warna tidak terlalu mahal jadi tidak akan terlalu membebani keuangan anda

Demikianlah beberapa mainan yang baik untuk anak agar aktif, kreatif dan memiliki nilai edukatif, selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membelikan anak mainan yakni sebagai berikut.

Tips dalam membelikan anak mainan.

1.  Sesuiakan dengan jeni kelamin anak
Sebaiknya mainan yang dibeli disesuaikan dengan jenis kelamin anak, karena tidak semua mainan cocok untuk dimainkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. Namun beberapa mainan cocok dan bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan

2. Sesuaikan dengan umur anak
Hal yang mesti menjadi perhatian adalah kesesuaian mainan dengan umur anak, jangan sampai mainan yang masih anak anda mainkan adalah mainan untuk anak dengan umur yang lebih mudah atau lebih tua. Sebaiknya hal tersebut dihindarkan dan agar perkembangan dan pertumbuhan anak bisa maksimal.

3. Periksa tingkat keamanan mainan
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa beberapa mainan memiliki kandungan yang kurang baik untuk kesehatan anak, selain itu beberapa jenis mainan lainnya berbahaya untuk dimainkan anak (misalnya:jenis mainan yang kecil dan mudah tertelan).

4. Mainan edukatif
Selain dari 7 mainan yang dijelaskan diatas terdapat beberapa mainan lainnya yang memiliki dampak baik untuk anak. Jadi sebagai saran usahakan memilih mainan yang bisa memberi dampak positif untuk anak bukan justru sebaliknya.

Demikianlah artikel tentang mainan yang baik untuk anak agar aktif, kreatif dan edukatif serta tips dalam memilih mainan yang baik untuk anak. Semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon