Tuesday, 18 April 2017

10 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

Tags
10 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran_ Karakteristik anak atau siswa dalam belajar memang sangat bervariasi, misalkan saja dalam hal kemampuan untuk memahami pelajaran. Bisa dipastikan bahwa di dalam suatu kelas biasanya akan ditemukan karakter anak yang cepat dalam memahami pelajaran namun ada juga anak yang lambat dalam memahami pelajaran.

10 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

Kadang kesalahan yang biasa dilakukan oleh guru adalah menerapkan metode pembelajaran yang sama terhadap anak yang memiliki kemampuan yang cukup tinggi dalam memahami suatu pembelajaran dengan anak yang lambat dalam memahami pelajaran.

Alhasil anak yang lambat dalam memahami pelajaran akan sulit mengimbangi kemampuan anak yang memiliki intelegensi tinggi dan cepat dalam memahami suatu pembelajaran. Hal tersebut bisa dilihat melalui hasil tes baik dalam bentuk tugas individu kerja kelompok atau hasil ulangan, dimana anak yang lambat memahami pelajaran biasanya selalu mendapat nilai rendah ketimbang anak yang memiliki kemampuan yang cukup tinggi dalam memahami pelajaran.

Guru yang kurang memahami cara memperlakukan anak menurut tingkat intelegensinya juga kadang menyalahkan anak yang lambat memahami pelajaran, padahal salah satu penyebab anak tersebut lambat memahami pelajaran adalah cara guru yang kurang tepat dalam memperlakukan anak.

Akhirnya siswa yang lambat memahami pelajaran dicap sebagai anak yang bodoh padahal jika ditangani dengan tepat bisa jadi anak tersebut mampu berprestasi. Dengan sugesti atau mindset pikiran yang ditanamkan oleh orang sekitarnya baik itu oleh guru, teman dll bahwa dia anak yang bodoh dan lambang paham pelajaran, atau akhirnya anak tersebut menjadi benar benar bodoh di kelas.

Kondisi seperti ini semestinya bisa diminimalisir oleh seorang guru, karena fungsi guru bukan hanya sekedar mengajar siswa akan tetapi juga berperan sebagai motivator, mediator, konstruktor dan bukan hanya itu guru juga dituntut agar bisa memposisikan diri dalam berbagai kondisi dan keadaan dalam mendidik anak.

Anak-anak ibaratkan pisau yang terbuat dari berbagai jenis logam, ada logam yang hanya perlu diasah beberapa kali kemudian bisa tajam namun ada jenis logam yang memang butuh diasah berkali-kali untuk bisa tajam. Maka seperti itulah gambaran anak yang lambat dalam memahami pelajaran bukannya anak tersebut tidak bisa namun anak tersebut butuh waktu yang lebih lama agar bisa memahami pelajaran.

Sering kali kita mendengar guru yang bertanya tentang bagaimana cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran! Dan tak jarang dari para guru telah mencoba beberapa cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran namun belum sepenuhnya berhasil.

Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan sedikit mengulas tentang bagaimana cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran. Adapun cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran adalah sebagai berikut:

10 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

1. Memahami karakteristik anak 
Sebelum menerapkan suatu metode dalam mengatasi anak yang lambat dalam memahami pelajaran, terlebih dahulu guru harus tahu bagaimana karakter anak tersebut. Misalkan apakah Anak tersebut nakal atau malas, hiperaktif, pendiam, penyendiri dan lain-lain.

Hal tersebut bertujuan agar metode/teknik yang digunakan dalam menangani anak yang lambat memahami pelajaran bisa tepat dan sesuai sehingga upaya dalam menangani anak yang lambat memahami suatu pelajaran bisa maksimal.

2. Menerapkan metode tertentu kepada anak yang lambat memahami pelajaran.
Setelah mengetahui karakter anak langkah selanjutnya adalah memilikan metode pembelajaran yang bisa mengatasi masalah anak yang lambat memahami pelajaran, metode tersebut cukup diterapkan pada anak yang terkait.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode yang digunakan dalam mengatasi anak tersebut selain itu anak yang mengalami kesulitan belajar memang harus diperlakukan istimewa dari anak yang lain.

Dalam menerapkan suatu metode dalam menangani anak yang mengalami kesulitan belajar, butuh waktu dan proses, bukan hanya 1 kali uji coba metode namun dibutuhkan beberapa kali uji coba. Hal ini untuk menghindarkan persepsi yang kelitu bahwa suatu metode tidak tepat, padahal bukannya tidak tepat, hanya saja anak membutuhkan waktu untuk beradapatasi dengan metode baru yang guru terapkan.

3. Memilikan tempat duduk yang tepat.
Langkah lainnya dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran adalah dengan memberikan posisi atau tempat duduk yang membuatnya bisa lebih jelas mendengar penjelasan guru, sebaiknya anak yang lambat memahami pelajaran diberikan tempat duduk diposisi paling depan.

Hal tersebut bertujuan agar guru mudah mengontrol siswa yang terkait, dan siswa akan lebih fokus dalam menerima pelajaran. Dengan begitu informasi atau materi pelajaran yang dipaparkan oleh guru bisa lebih mudah untuk ditangkap dan dipahami oleh anak yang mengalami kesulitan belajar.

4. Teman sebangku yang cerdas dan penolong 
Metode lain dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran adalah memilikan teman sebangku yang cerdas dan memiliki jiwa sosial. Sehingga ketika anak yang lambat dalam memahami pelajaran tidak paham suatu hal kemudian bisa bertanya kepada teman sebangku.

Selain itu ketika dia duduk berdekatan dengan anak yang memiliki motivasi tinggi dalam belajar, anak tersebut lama kelamaan juga akan tertular oleh semangat belajar yang dimiliki teman sebangkunya.

Dan sebaliknya hindarkan anak yang lambat memahami pelajaran duduk sebangku  dengan anak lain yang memiliki prestasi akdemik yang rendah pula, apalagi jika karakter anak tersebut juga malas, tidak mau berusaha dan cenderung tidak komunikatif

5. Memberikan tugas tambahan 
Cara yang bisa guru lakukan dalam meningkatkan pemahaman siswa yang lambat dalam memahami pelajaran adalah dengan memberikan tugas tambahan. Tugas tambahan tersebut bisa berupa PR dalam bentuk teks atau tugas membaca dll.

Tujuannya adalah agar anak bisa mengejar ketertinggalan dari siswa lain yang memiliki tingkat pemahaman yang cukup baik. Namun dalam memberikan tugas tambahan usahakan sewajarnya saja atau proposrsional.

Jangan memberi tugas tambahan yang justru akan menjadikan siswa terbebani sehingga anak tersebut merasa tidak menikmati waktu pulang sekolah untuk bermain dan bersosilalisasi dengan orang tua dan teman-temannya hanya karena sibuk mengerjakan tugas tambahan dari gurunya.

6. Meminta bimbingan guru BK
Langkah lainnya dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran adalah dengan meminta bantuan kepada guru BK agar menangani anak tersebut. Karena seperti yang kita ketahui tugas guru BK adalah menganalisa faktor atau penyebab munculnya suatu masalah belajar yang dialami peserta didik.

Dan guru BK memang dibekali dengan ilmu yang membahas tentang bagaimana cara Mengatasi siswa yang bermasalah baik dalam aspek psikologis atau dalam aspek aplikatif, sehingga dengan melakukan konsultasi dengan guru BK anda sebagai guru maupun orang tua bisa mengetahui penyabab anak anda mengalami kesulitan belajar.

7. Konsultasi dengan orang tua anak atau siswa 
Cara lain dalam mengetahui penyebab seorang anak lambat dalam memahami pelajaran adalah dengan konsultasi langsung dengan orang tua siswa. Baik menanyakan bagaimana perilaku anak ketika berada di rumah, kebiasaan anak atau hubungan emosional antara orang tua dan anak.  Selain itu guru juga bisa memberikan arahan kepada orang tua anak bagaimana sebaiknya mendidik anak dengan baik dan benar.

Karena biasanya masalah belajar yang ditampakkan oleh anak di sekolah berasal dari lingkungan keluarga misalkan kondisi keluarga anak yang tidak harmonis, ekonomi keluarga yang rendah, perhatian orang tua yang minim dll sehingga berdampak pada sikap dan tingkah laku anak di sekolah.

8. Memotivasi anak untuk bersungguh-sungguh belajar
Motivasi adalah salah satu instrumen yang bisa membangkitkan motivasi belajar seorang anak, dengan motivasi belajar yang tinggi anak yang dulunya kurang pintar bisa menjadi lebih cerdas dalam pelajaran.

Karena itu sebagai guru maupun orang tua alangkah bijaknya jika anak yang mengalami kesulitan belajar senantias diberi ransangan.motivasi agar menjadi lebih giat lagi belajar. MIsalnya saja anada mengatkan "kamu pasti bisa", "Kalau teman kamu bisa melakukannya maka kamu juga pasti bisa" dan sebagainya. Tinggal anda sebagai guru dan orang tua yang harus pandai-pandai dalam memberi motivasi bagi anak tersebut.

9. Hindarkan hukuman atau perkataan yang bisa lebih membuat anak tersebut semakin rendah diri
Hal yang terasa tidak adil adil adalah ketika anak yang mendapatkan nilai lebih baik, sikap guru dan orang tua biasa-biasa saja. Namun ketika seorang anak mendapat nilai/prestasi yang buruk, maka mereka dihukum, dihardik dan mendapatkan kata-kata yang justru semakin membuat mentalnya semakin down.

Cara tersebut sungguh sangat tidak baik, guru dan orang tua yang seharusnya menjadi motivator, mediator, katalisator dan inspirator jangan justru menjadi sosok atau pribadi yang bisa membuat anak semakin rendah diri. Maka bijaklah dalam mengatasi/menangani anak yang lambat memahami pelajaran.

Karena bukan tidak mungkin jika cara/metode/teknik yang anda gunakan telah tepat dalam mangani anak yang mengalami kelsulitan belajar, justru anak tersebut akan menjadi berprestasi dan sukes membuat anda terperangah.

10 Mendidik dengan hati
Jika sampai saat ini anak yang anda ajar dengan berbagai cara/metode/teknik masih kurang berhasil dan cenderung berjalan ditempat, maka jangan langsung menyalahkan anak tersebut namun sebagai guru maupun orang tua sebaiknya anda terlebih dahulu melakukan instrosfeksi diri.

Bisa jadi anak yang mengalami kesulitan belajar mengalami hal tersebut karena cara anda dalam mengajar yang kurang baik. Mendidik dengan hati dan penuh kelembutan, kasih sayang bisa menjadi jalan sehingga anak didk yang anda ajar lebih tergugah hatinya untuk lebih memperhatikan pelajaran dan lebih giat belajar.

Demikianlah 10 cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran yang bisa guru coba praktekkan dalam mengatasi peserta didik yang lambat dalam memahami pelajaran di sekolah. Kuncinya dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran adalah sabar dan konsisten dan terus berupaya mendidik anak tersebut dengan sepenuh hati. Dan pada akhirnya anak yang selama ini kita anggap lambat memahami pelajaran justru menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan sekolah. Wassalam semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon