Sunday, 5 March 2017

9 Cara Mengajari Anak Belajar Membaca Yang Efektif

Tags
9 Cara Mengajari Anak Belajar Membaca Yang Efektif_ Keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama bagi anak, dalam lingkungan keluarga seorang anak akan belajar banyak hal mulai dari aspek kognitif (kecerdasan), Afektif (sikap) dan Psikimotorik (keterampilan). Salah satu hal yang cukup penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini adalah belajar membaca.

Usia kanak-kanak adalah fase dimana anak mengalami perkembagan yang cukup siginifikan, anak-anak akan mulai menstimulasi dan mengasimilasi hal yang dia dengar maupun yang dia lihat. Kondisi tersebut adalah waktu yang sangat tepat mengajarkan seorang anak untuk belajar membaca (membaca awal).

9 Cara Mengajari Anak Belajar Membaca Yang Efektif
9 Cara Mengajari Anak Belajar Membaca Yang Efektif

Mengajari anak membaca membutuhkan metode dan teknik tersendiri agar proses belajar membaca anak sampai dia mahir tidak membutuhkan waktu yang lama. Orang tua memiliki peranan yang besar dalam mengajar dan mendidik anak termasuk mengajari anak belajar membaca. Oleh karena itu orang tua harus mengetahui langkah/cara/metode yang sebaiknya diterapkan dalam mengajari anak membaca.

Dalam artikel ini akan diulas beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam mengajari buah hati anda belajar membaca dengan metode yang menyenangkan dan bermakna. Cara apa saja yang efektif untuk mengajari anak belajar membaca? berikut ulasannya:

Metode I : Pengenalan huruf
Sebelum anak diajari belajar membaca hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenalkan huruf kepada anak, mulai dari pengenalan nama huruf, jenis huruf, urutan huruf.

1. Mengenalkan anak nama-nama huruf.
Mengenalkan anak nama nama huruf  bisa dilakukan dengan berbagai cara, anda bisa mengajarnya secara langsung nama-nama huruf mulai dari A sampai Z namun dalam proses belajar sebaiknya tidak langsung mengenalkan semua namun lakukanlah secara bertahap misalkan anda mengenalkan terlebih dahulu huruf A sampai E kemudian ulang beberapa kali atau dalam beberapa hari anda fokus mengenalkan huruf tersebut. jika anak sudah bisa membedakan huruf dan sudah mampu mengalinya maka anda bisa melanjutkan ke huruf selanjurnya misalkan huruf A-J dan begitu seterusnya. Media yang bisa digunakan dalam mengenalkan anak nama-nama huruf bisa menggunakan kartu bergambar, karpet huruf, bantuan alat eletronik.

2. Mengenalkan anak jenis-jenis huruf
seperti yang kita ketahui jenis huruf terbagi dua yakni huruf kapital dan huruf kecil. Huruf yang manakah sebaiknya pertama dikenalkan kepada anak? Huruf yang sebaiknya pertama kali dikenalkan kepada anak adalah huruf kecil (huruf kecil umum digunakan). Anda juga bisa mengkombinasikan mengenalkan huruf kecil sekaligus huruf kapitalnya.

3. Mengenalkan anak urutan huruf
Pernakah kita mendengar anak-anak yang sedang bernyanyi nama-nama huruf dari huruf A sampai Z? Mengenalkan anak urutan huruf salah satu cara agar anak lebih mengingat dan mengenali huruf. Anda bisa mengukur kemampuan anak dalam mengenali urutan huruf dengan bertanya "Huruf apa setelah huruf L?" atau "Huruf yang ada di urutan ke-10 huruf apa?.

Metode II: Membaca Awal (Mengeja)
Setelah anak telah mengetahui nama huruf, jenis huruf dan urtutan huruf langkah selanjutnya adalah mengajari anak membaca  (membaca awal/mengeja). Membaca awal butuh teknik khusus agar tidak membuat anak kesulitan diawal-awal belajar membaca.

1. Teknik IQRA
Pernah mendengar apa teknik IQRA? teknik IQRA adalh suatu teknik mengajari anak membaca dengan menggulang-ulang huruf yang sama namun berada di posisi berbeda
Contoh:
AKU
A-K-U
K-U-A
U-K-A
Dengan menerapkan teknik iqra anak-anak akan lebih memaknai setiap huruf yang ia baca.

2. Mengeja kosakata yang umum
Agar pemahaman anak bisa terstruktur dan terkonsep dalam belajar membaca maka sebaiknya ajarkan dulu anak membaca dengan kosakata yang biasa anak dengar (umum)
contoh:
Ayah-ibu-kakak-nenek-kakek-makan-minum-dll. intinya adalah mengajarkan anak mengeja hal-hal yang ada disekitarnya/biasa dia dengar.

Metode III: Membaca lanjutan
Dalam proses membaca lanjutan (fasih) anak ada banyak cara yang bisa anda coba terapkan, berikut 9 cara yang bisa anda terapkan/lakukan agar anak semakin fasih membaca

9 Cara Mengajari Anak Belajar Membaca Yang Efektif

1. Membaca sambil bernyanyi
Anak-anak senang belajar membaca apalagi jika belajarnya dilakukan sambil bernyanyi. Tugas anda sebagai orang tua adalah hanya mempersiapkan buku bacaan yang bisa dibaca anak sambil bernyanyi misalkan lagu "burung kakatua". Anda bisa mendampingi anak anda membaca sambil ikut bernyanyi dengan itu anak akan semakin semangat serta suasana semakin semarak dan sudah pasti hal tersebut akan menjadi proses belajar yang menyengankan bagi anak.

2. Membaca sambil bercerita
Anak-anak biasanya suka mendengar cerita, anda sebagai orang tua sebaiknya membelikan buku cerita untuk anak anda (misalkan: buku cerita si kancil). Anda bisa mensugesti anak anda agar tertarik membaca buku cerita tersebut misalkan anda mengatakan "buku ini bercerita tentang si kancil yang baik hati dan harimau yang jahat, harimau mencoba memakan kancil namun selalu gagal karena si kancil sangat cerdik' dengan itu anak anda semakin tertarik untuk membacanya, Kemudian anda bisa meminta anak anda membaca buku tersebut.

Sebaiknya anda mendampingi anak anda ketika sedang membaca karena terkadang anak akan bertanya tentang suatu jika tidak memahami apa yang ia baca atau mempertanyakan hal yang menurutnya menarik untuk diketahui. misalkan anak bertanya " kenapa harimau jahat sama kancil?". Saat anak engajukan pertanyaan disitulah peranan orang tua untuk menjelskan secara seksama agar anak bisa mengerti. Dengan belajar membaca cerita, selain pintar membaca anak akan belajar hal edukatif dan positif dari cerita yang ia baca.

3. Menjadi contoh bagi anak
Dalam mengajari anak belajar membaca sebaiknya anda juga memperlihatkan ketertarikan untuk membaca, jadikan kegiatan membaca sebagai kegiatan yang rutin anda lakukan setiap hari dengan itu anak tanpa disuruh untuk belajar akan ikut meniru kebiasaan orang tuannya. Anda bisa berkumpul di suatu ruangan dan membaca bersama anak anda. Perlihatkan sikap senang ketika membaca agar anak merasa membaca adalah sesuatu yang menyenangkan.

4. Mengajukan pertanyaan
Tujuan mengajukan pertanyaan terhadap anak yang berkaitan dengan apa yang dia baca adalah untuk mengukur tingkat pemahaman terhadap apa yang ia baca. Dengan begitu anda bisa memahami bahwa kemampuan anak anda telah mengalami perkembangan, bukan hanya sekedar belajar membaca tetapi juga sudah memahmi apa yang ia baca.

5. Membaca dengan nyaring (bersuara)
Agar tingkat pemahman anak anda semakin meningkat anda bisa meminta anak anda belajar membaca dengan nyaring buku/majalah/komik yang sedang ia baca. namun sebelum itu anda harus memahami terlebih dahulu kakrakter anak anda (apakah ia jauh lebih mudah memahami maksud bacaab jika dibaca dengan nayring atau justru lebih mudah memahami kasud suatu bacaan ketika dibaca dengan pelan (tidak bersuara).

Akan tetapi jika merujuk pada psikologis, membaca nyaring lebih efektif karena melibatkan beberapa indera (indera penglihatan dan pendengaran). Dengan terlibatnya beberapa indera dalam proses membaca membuat anak lebih cepat memahami/mengerti maksud dari cerita yang ia baca.

6. Belajar yang rutin.
Kemampuan anak ibaratkan pisau yang harus terus diasah, jika pisau jarang diasah maka lama kelamaan akan hilang ketajamannya maka hal tersebut juga berlaku bagi anak anda. Agar proses belajar membaca anak anda lebih efektif dan cepat maka sebaiknya anda meminta anak anda rutin membaca setiap hari.

7. Atur waktu belajar membaca
pilihlah waktu yang tepat dan efektif dalam mengajari anak anda belajar membaca (misalkan siang, sore atau malam hari). Selain itu usahakan waktu belajarnya jangan terlalu lama agar anak tidak mudah jenuh dan bosan dalam belajar membaca.

8. Membaca menggunakan media elektronik
Belajar membaca tidak hanya bisa dilakukan dengan mengunakan buku, ada banyak media yang bisa digunakan untuk membaca misalnya saja media elektronik. kelebihan media elektronik sendiri karena memiliki banyak aplikasi untuk belajar membaca yang membuat anak tidak bosan dengan kegiatan membaca. selain membaca anak juga akan belajar mengenai teknologi.

9. Apresiasi pencapaian anak
Agar anak semakin semangat untuk belajar membaca maka disarankan untuk mengapresiasi setiap pencapaian anak, misalkan ketika anak sudah hafal huruf anda bisa memberi pujian seperti "pintarnya anak ibu/mama anda juga bisa memberi hadiah agar anak semakin bersemangat untuk belajar. begitupun ketika anak mulai pandai membaca kata (membaca awal) dan membaca fasih (lancar).

Demikianlah 10 Cara Mengajari Anak Belajar Membaca Yang Efektif, yang bisa anda terapkan dalam mengajari anak anda belajar membaca. semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon