Saturday, 25 March 2017

18 Peranan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan

18 Peranan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan_ Pendidikan karakter adalah salah metode pendidikan yang menekankan pada pembentukan karakter peserta didik, jika dalam beberapa kurikulum sebelumnya aspek kognitif (kecerdasan) lebih dominan dalam mengukur kemampaun siswa. Namun dalam pendidikan karakter aspek penilaian siswa meliputi kemampuan kognitif (kecerdasan), Afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan). Karakter sendiri berkaitan dengan konsep moral (moral knowing), sikap moral (moral feeling dan perilaku moral (moral behavior) tiga hal ini merefresentasikan bahwa karater lebih menekankan bahwa karakter yang baik sangat dioengaruhi oleh pengetahuan tentang kebaikan itu sendiri, keinginan untuk melakukan kebaikan dan melakukan perbuatan baik.

18 Peranan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan
18 Peranan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan

Memang adalah hal yang kurang tepat sebenarnya jika hanya mengukur kemampuan siswa dari satu aspek saja yakni aspek kognitif karena seperti yang kita ketahui kemampuan siswa meliputi tiga hal yakni kognitif, afektif dan psikomotor.

Pendidikan karakter dinilai sangat perlu untuk ditanamkan dalam diri siswa, dimana realita memperlihatkan kondisi pendidikan saat ini masih perlu untuk dimaksimalkan agar kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan melalui pendidikan bisa memuaskan. Saat ini tak sedikit siswa yang memperlihatkan perilaku yang kurang terpuji baik melalui perkelahian antara pelajar, pxrnxgrafi, perilaku menyimpang dan lain sebagainya. Pendidikan karakter sendiri memiliki banyak manfaat dan kelebihan dalam subtansinya. Apa saja peranan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan? berikut ulasannya.

18 Peranan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan

1. Menanamkan sikap religius kepada siswa
Pendidikan agama adalah hal yang paling urgent dan mendasar untuk diajarkan pada siswa, dalam konsep pendidikan karakter sikap religius menjadi aspek yang berusaha untuk diajarkan dan ditanamkan dalam diri siswa, karena dengan bekal pendidikan agama yang tepat akan menjadi filter yang bisa mebentengi siswa dari perilaku menyimpang dan pengaruh negatif dari lingkungan. Sikap religius dalam pendidikan karakter bisa diajarkan melalui kegiatan berdoa bersama sebelum belajar, berdoa bersama setelah belajar dan melalui mata pelajaran agama serta contoh dari teladan dari guru.

2. Mengajarkan siswa untuk bersikap jujur
Sikap jujur adalah hal yang sangat penting untuk diajarkan kepada siswa dengan memamhami makna kejujuran siswa bisa menjadi pribadi yang besikap jujur dan menjadikan kejujuran sebagai prinsip hidupnya. Begitu pentingnya kejujuran sehingga sebuah ungkapan menyatakan "jujur adalah matauang yang berlaku dimana saja" ungkapan tersebut menyiratkan bahwa jujur adalah hal yang sangat urgent dan subtansional. Dalam pendidikan karakter sikap jujur bisa diajarkan melalui sikap tidak mencontek pekerjaan teman saat ujian dan lain-lain

3. Mendidik siswa untuk bersikap toleransi terhadap sesama
Negara republik indonesia menjadikan pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup bangsa, salah satu sila dalam pancasila adalah "ketuhanan yang maha esa"  yang menjadi sila pertama atau menjadi patokan dasar dari sila-sila lainnya. Keberadaan sila ketuhanan yang maha esa tak lepas dari keharusan warga negara indonesia untuk memeluk agama maka dari itu di indonesia sendiri ada 5 agama yang diakui yakni islam, kristen, hindhu, budha dan kho hu cu itulah sebabanya nilai-nilai toleransi harus diajakan kepada siswa agar mereka bisa mengaplikasikan sikap tolerasnsi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Keberadaan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan diharapkan menjadi penyokong dalam berjalannya toleransi antara sesama. Pendidikan karakter dalam pembelajaran tentang toleransi bisa diajarkan melalui sikap saling menghargai dengan teman kelas yang berbeda keyakinan tidak menganggu teman yang berbeda keyakinan

4. Mengajarkan siswa untuk menjadi pribadi yang dispilin
Aspek selanjutnya yang terdapat dalam pendidikan karakter adalah sikap displin. Displin sangat penting diajarkan kepada siswa karena displin akan membentuk pribadi siswa menjadi lebih teratur dan menghargai waktu. Mengajarkan siswa sikap displin bisa menjadi bekal bagi siswa untuk menjadi karakter yang tepat waktu. pendidikan karakter tentang sikap displin bisa diajarkan melalui sikap untuk datang sekolah tepat waktu, mengumpul tugas tepat waktu dan mengenakan seragan sesuai aturan sekolah

5. Membentuk pribadi siswa menjadi seorang yang pekerja keras
Pekerja keras adalah aspek yang menjadi bagian dalam pendidikan karakter. seberapa penting sikap kerja keras untuk diajakan kepada siswa? sikap pekeraj keras akan mengajarkan siswa untuk tidak menjadi pribadi yang lemah dan gampang menyerah, selain itu sikap pekerja keras akan mebentuk siswa menjadi sosok yang menyukai tantangan dan pantang menyerah. Dalam pembelajaran pendidikan karakter tentang sikap pekerja keras bisa diajarkan kepada siswa melalui sikap yang tidak mudah menyerah jika mendapat tugas yang berat dari guru, berusaha melakukan yang terbaik dalam dan menyukai tantangan dalam pembelajaran.

6. Menggali kemampuan siswa untuk berpikir kreatif
Bukan hanya fokus pada aspke afektif pandidikan karakter juga meliputi aspek kognitif dan psikomotor. Tujuan mendidik siswa menjadi pribadi yang mampu berpikir kreatif adalah agar siswa tersebut mampu menghasilkan karya baik dalam bentuk pemikiran atau karya dalam bentuk benda. Berpikir kreatif juga memancing siswa untuk lebih analitik, inovatif dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. Cara menanamkan pendidikan karakter tentang berpikir kreatif adalah dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving, pembelajaran berbasis masalah dan memancing rasa ingin tahu siswa.

7. Mangajarkan siswa untuk menjadi sosok yang mandiri
Selanjutnya pendidikan karakter juga menekankan penanaman sikap mandiri dalam diri siswa. Kemandirian mengajarkan siswa untuk tidak selalu bergantung kepada orang lain dan lebih percaya pada kemampuan pada diri sendiri, namun sikak mandiri bukan berarti tidak membutuhkan sama sekali bantuan orang lain namun melainkan meminta bantuan adalah pilihan terakhir jika siswa sudah tak mampu menyelesaikan masalahya sendiri. Cara menananmkan karakter mandiri dalam siswa adalah memberi tugas invidu agar siswa bisa menggunakan kemampuannya untuk menyelesaikan tugasnya dan lain-lain.

8. Mengajarkan nilai demokratis kepadas siswa
Negara republik indonesia mempunyai sistem pemerintahan yang demokratis oleh karena pemahaman tentang nilai demokarsi harus diajarkan sejak bangku sekolah/kuliah. penenaman sikap demokrasi dalam pendidikan karakter bisa dilakukan melalui pemilihan ketua kelas secara demokratis, pemilihan ketua osis dan pemilihan ketua kelompok. Manfaat nilai demokratis ditanamkan sejak dini adalah agar siswa kelak bisa menjadi pribadi yang dewasa dalam berdemokrasi.

9. Menumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri siswa
Menumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri adalah hal yang cukup penting rasa ingin tahu memberikan dorongan kepada siswa untuk berusaha mencari tahu melalui proses belaja, analisa serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan terbuka siswa.Cara menanamkan pendidikan karakter tentang sikap ingin tahu adalah banyak mengajukan pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu siswa juga bisa melalui kegiatan pembelajaran ke tempat yang baru dan belum pernah dikunjungi sebelumnya agar rasa ingin tahu siswa bertambah.

10. Menanamkan semangat kebangsaan dalam diri siswa
Semangat berbangsa dan bernegara adalah hal yang sangat penting untuk diajarkan kepada siswa agar siswa memhami tentang keragaman suku bangsa di indonesia sehingga siswa bisa memahami bahwa bukan hanya suku bangsa atau kelompoknya yang berdiam diri di indonesia melainkan ada banyak suku bangsa lain yang ada di indonesia dengan begitu siswa akan lebih sadar untuk saling menghargai satu sama lain sesama suku bangsa. Cara menanamkan karakter semangat kebangsaan pada siswa bisa melalui pengenalan kepada siswa suku-suku yang ada di indonesia dan mengenalkan melalui semboyan bhineka tunggal ika

11. Mengajarkan siswa untuk cinta tanah air
Mendidik dan mengajarkan siswa untuk cinta tanah air bertujuan agar siswa bisa memiliki sikap nasionalisme dan patriotisme terhadap tanah air. Cinta tanah air merupakan bagian dari pendidikan karakter yang memang sangat penting untuk diajarkan kepada siswa. siswa yang telah memiliki rasa cinta tanah air akan berusaha menjadi bagian aktif yang ikut menjaga dan memelihara keutuhan NKRI. Cara menanamkan karakter cinta tanah air bisa melalui upacara bendera, pelajaran sejarah dan pengenalan tokoh-tokoh nasional.

12. Menumbuhkan sikap menghargai prestasi
Hal yang terkadang ditemukan pada pribadi sebagian siswa adalah kurang menghargai prestasi yang telah ia raih apalagi jika prestasi yang berhasil diraih merupakan hal-hal yang biasa-biasa saja. Dengan memahmi pentingnya untuk mengargai prestasi yang berhasil diraih siswa akan bisa menjadikan prestasinya sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.cara menanamkan karakter menghargai prestasi bisa melalui sikap syukur atas prestasi yang diraih.

13. Mengajarkan siswa untuk menjadi pribadi yang komunikatif dan bersahabat
Agar siswa bisa menjadi pribadi yang sosialis dan mudah dalam berteman maka harus diajarkan bagaimana menjadi pribadi yang komunikatif dan bersahabat. Manfaat sikap komunikatif dan bersahabat agar siswa tidak kaku dalam bersosialisasi serta memahami bagaimana melakukan komunikasi yang baik dengan teman sejawat dan orang yang lebih tua. Salah satu aspek yang dimasukkan dalam pendidikan karakter adalah komunikatif dan bersahabat.Cara menanamkan karakter komunikatif dan bersahabat bisa melalui kegiatan kerja kelompok dan diskusi

14. Mengajarkan siswa menjadi pribadi yang cinta damai
Selanjutnya pendidikan karakter juga memuat dimensi cinta damai. Cinta damai merupakan hal yang sangat penting pula untuk diajarkan kepada siswa karena dengan begitu siswa akan lebih mengutamakan penyelesaian masalah dengan jalan musywarah dan meminimalisir terjadinya sikap arogan serta individualis dalam penyelsaian masalah. cinta damai membuat siswa mengetahu bagaimana menjadi pribadi yang menghargai perbedaan serta lebih mengutamakan kebersamaan. Cara menanamkan karakter cinta damai dalam diri siswa adalah menyelesaikan masalah dengan musyawarah, menjunjung tinggi rasa kebersamaan.

15. Menumbuhkan sikap gemar membaca dalam diri siswa
Dimensi selanjutnya yang ada dalam pendidikan karakter adalah gemar membaca. Sebuah ungkapan menyatakan bahwa "buku adalah jendela dunia" dengan menjadi pribadi yang gemar membaca siswa akan memiliki khazanah pengetahuan yang kaya. Cara menenamkan karakter gemar membaca bisa melalui pembelajaran yang diajarkan di perpustakaan dan membawa buku kemanapun pergi

16. Menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada siswa
Lanjut pendidikan karakter mengedepankan penanaman sikap peduli lingkungan kepada siswa karena tak jarang kita melihat sebagian orang yang berpendidikan justru menunjukan sikap yang acuh tak acuh terhadap kondisi lingkungan sekitar. Maka dengan memahami betapa pentingnya untuk peduli terhadap lingkungan siswa akan lebih pekah dan peduli terhadap kondisi lingkungan yang ada di sekitar. Cara menenamkan karakter peduli lingkungan yakni dengan cara tidak mengotori lingkungan (tidak membuang sampah sembarangan), menjaga kebersihan kelas dan sekolah.

17. Mengajarkan siswa untuk menjadi pribadi yang peduli terhadap keadaan sosial
Dimensi pendidikan karakter selanjutnya adalah peduli terhadap Kondisi sosial/keadaan sosial. Kepedulian terhadap sesama dan berusaha memiliki sikap prihatin terhadap kesulitan dan problematika yang dihadapi orang lain adalah hal yang penting. Siswa yang memahami betapa pentingnya untuk peduli terhadap keadaan sosial akan menjadi pribadi yang simpati dan empati dan berusaha memberi sumbangsi untuk kepentingan sosial atau kepentingan bersama. Cara menanmkan karakter peduli keadaan sosial adalah dengan peduli terhadap kondisi sosial, belajar dengan metode inquiry sosial

18. Menumbuhkan sikap tanggung jawab dalam diri siswa
Dimensi terakhir dalam pendidikan karakter adalah tanggung jawab. Melalui pendidikan karakter siswa akan diajarkan untuk menjadi pribadi yang betanggung jawab baik melalui cara pemberian tugas untuk diselesaikan, mengembang amanah dari teman kelompok atau guru dll.

Demikianlah 18 Peranan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. semoga artikel tentang Peranan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan bermanfaat untuk anda. terima kasih

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon