Tuesday, 28 March 2017

11 Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur dan Membuat Anak Tertidur dengan Lelap

Tags
11 Cara Mengatasi anak yang susah tidur dan membuat anak tertidur dengan lelap_ Masa kanak-kanak adalah fase dimana seorang anak akan mengalami pertumbuhan yang signifikan baik pada fisik dan begitu juga dengan perkembangan (intelegengsi dan  psikis) anak. Agar perkembangan dan pertumbuhan anak dapat maksimal ada banyak hal yang mesti diperhatikan orang tua mulai dari pemenuhan kebutuhan nutrizi anak,  pola pengasuhan oleh orang tua dan beberapa hal lainnya.

11 Cara Mengatasi anak yang susah tidur dan membuat anak tertidur dengan lelap
Salah satu kendala yang biasa dihadapi orang tua dalam mengasuh dan merawat anak adalah anak yang susah tidur, padahal tidur yang cukup, sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Terebih-lebih jika kondisi atau masalah anak yang susah tidur tersebut dihadapi oleh keluarga/orang tua yang masih belum berpengalaman atau lebih tepatnya pasangan muda maka hal tersebut bisa menjadi masalah yang mungkin akan sulit ditangani.

Sebagai orang tua yang bijak maka sebaiknya menperhatikan pola hidup bagi anaknya termasuk waktu tidur bagi anak, tidak jarang kita temukan anak yang susah tidur. Anak yang mengalami masalah susah tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kondisi anak yang kurang baik atau suasana tempat tidur anak yang kurang nyaman sehingga anak menjadi susah untuk tidur. Hal apa saja yang bisa dilakukan orang tua jika mendapati masalah anak yang susah tidur? Berikut ulasan tentang cara mengatasi anak yang susah tidur.

11 Cara Mengatasi anak yang susah tidur dan membuat anak tertidur dengan lelap

1. Menyanyi lagu pengantar tidur
Cara pertama yang anda bisa coba untuk mengatasi masalah anak yang susah tidur adalah dengan menyayinkan lagu pengatar tidur, nyayian bisa menstimulasi pikiran anak sehingga menjadi lebih tenang dan rileks. Sebaiknya lagu yang dipilih adalah lagu dengan nada yang lembut atau anda juga bisa memutar musik instrumen khusus untuk pengantar tidur. Lagu yang sudah biasa kita dengar dinyayikan oleh seorang ibu untuk membuat anaknya tidur adalah lagu “Nina Bobo”. Anda bisa mencoba menyayikan lagu ini sambil mengelus-gelus dengan lembut anak sehingga anak bisa merasa lebih nyaman dengan belaian dari orang tuanya.

2. Menceritakan dongeng atau kisah-kisah teladan.
Opsi selanjutnya  yang bisa anda lakukan untuk membuat anak anda tertidur dengan lelap adalah dengan menceritakan anak sebuah atau beberapa cerita/dongeng.  Dongeng yang bisa anda ceritakan bisa tentang kisah-kisah binatang seperti kisah si kancil yang memiliki pesan moral  didalamnya atau kisah hikmah dari ajaran agama sehingga selain bisa membuat anak tidur anak juga bisa mengambil pelajaran dari cerita yang dia dengar ibaratkan “sekali menyelam dua tiga pulau terlampaui yakni dengan melakukan satu hal namun memiliki beberapa manfaat.

3. Membersihkan tempat tidur anak 
Kebersihan tempat tidur bisa jadi pemicu utama yang menyebabkan seorang anak menjadi susah tidur, oleh karena itu sebagai orang tua,  anda sebaiknya rutin mencuci seprai dan selimut anak anda agar selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya tips sebelum anak  tidur di kasur atau ranjang terlebih dahulu bersihkan tempat tidur anak anda menggunakan sapu lidi, agar kotoran dan debu yang menempel diatas tempat tidur  bisa hilang, dengan begitu anak anda bisa tertidur dengan pulas.

4. Memaksimalkan sirkulasi udara di dalam kamar
Sirkulasi udara di dalam kamar yang kurang lancar bisa menyebabkan udara di dalam kamar menjadi pengap. Oleh karena itu hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja, sebab bisa menjadi  salah satu hal yang menyebabkan anak anda tidak nyaman dan susah untuk tidur. Jadi usahakan sirkulasi udara di kamar anak anda lancar agar perputaran udara bisa lancar dengan begitu udara di dalam kamar selalu dalam keadaan segar dan bersih. Usahakan di kamar anak anda diberi ventilasi udara sebagai tempat udara bisa masuk agar nyamuk tidak masuk melalui lubang ventilasi sebaiknya ditutup menggunakan jaring-jaring anti nyamuk.

5. Pastikan anak dalam keadaan kenyang
Kondisi perut yang dalam keadaan lapar biasanya susah membuat orang tidur apalagi anak-anak. Sebelum anda meminta anak anda untuk tidur atau membawanya ke kamar tidur, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah anak anda tidak lapar. Jika belum makan atau masih dalam kondisi lapar sebaiknya terlebih dahulu berikan anak makan, setelah anak diberi makan jangan langsung menyuruh anak makan. Minimal 1-2 jam setelah makan baru boleh tidur karena dalam waktu tersebut makanan sudah dicerna dengan baik di dalam perut atau boleh juga meminta anak anda melangkah sebanyak 40-80 langkah (jalan sebanyak 40-80 langkah) hal ini bertujuan agar makanan cepat tercerna.

6. Pilih lampu kamar yang redup
Warna lampu serta tingkat pencahayaanya juga memiliki pengaruh terhadap anak, di dalam kamar sebaiknya disedikan 2 lampu, 1 lampu dengan cahaya terang dan satunya lagi dengan cahaya redup. Kalau waktu tidur sudah tiba atau anak anda sudah ingin tidur matikan lampu yang terang dan ganti dengan lampu yang redup agar bisa membuat anak cepat tidur. Mematikan semua lampu juga bisa, asalkan anak anda bukan pribadi yang penakut. Keadaan yang gelap gulita juga baik agar anak bisa cepat tertidur.

7. Perhatikan dekorasi kamar
Dekorasi kamar walaupun tidak benpengaruh signifikan terhadap kebiasaan susah tidur anak. Namun tidak ada salahnya mendekorasi kamar anak anada dengan dekorasi yang bertema segar dan legah agar bisa memunculkan perasaan nyaman dan tenang dalam diri anak, perasaan yang nyaman dan tenang adalah unsur yang penting dalam membuat anak tertidur dengan lelap.

8.Hindari suara bising atau ribut
Suara yang bising dan ribut sangat menganggu anak dan bisa menyebabkan anak menjadi susah tertidur. Oleh karena itu suara bising dan ribut sebaiknya diminimalisir saat anak akan tidur agar tidak menggangunya, misalnya saja suara televisi, radio tape dan lain-lain. Jika rumah anda berada dipemukiman padat penduduk yang bising dan ribut. Anda bisa membuat/mendekorasi kamar anak anda menjadi kamar yang kedap suara sehingga sekeras apapun suara yang ada diluar kamar tidak bisa terdengan ketikan berada di dalam kamar

9. Singkirkan benda-benda yang bisa menganggu anak
Agar anak bisa tertidur dengan lelap, sebaiknya benda-benda yang berpotensi menganggu anak atau bisa membuat anak menjadi lebih aktif kembali  sebaiknya disingkirkan, misalnya saja mainan anak.  Dan sebaliknya sebagian anak malah mudah tertidur ketika benda atau mainan kesukaannya ada disampingnya. Jadi sebagai orang tua, pasti anda jauh lebih memahami tipe yang mana anak anda, apakah jika ada benda/mainan disekitarnya malah membuatnya sulit tidur atau justru sebaliknya. Jadi untuk tips ini tinggal sesuaikan dengan karakter anak anda.

10 . Ganti popok/ celana anak.
Hal yang sudah pasti biasa dialami oleh anak adalah kencing dan buang air besar (BAB) di celana, jadi sebaiknya anda mengecek kondisi popok anak anda, apakah popok tersebut masih dalam kondisi bersih atau sudah kotor. Jika sudah kotor maka sebaiknya diganti terlebih dahulu demi kenyamanan anak dalam tidurnya.

11. Motivasi anak untuk tidur
Terakhir hal yang bisa anda lakukan agar anak anda bisa cepat tidur adalah dengan, memberi motivasi atau mengingatkan tentang hal-hal yang menyenangkan yang akan dilakukan esok hari. Misalnya jika esok hari anda punya rencana mengajak anak anda berlibur atau berbagai kegiatan yang menyengankan lainnya. Anda bisa mengatakan kepada anak anda “Ayo cepat tidur nak’ kan besok kita mau pergi berlibur/bertamasya/jalan-jalan” “ayo tidur nak supaya besok kita tidak terlambat bangun. Kata-katanyan bisa anda sesuaikan dengan hal yang telah rencanakan untuk dilakukan diesok hari. Dengan begitu anak anda akan segera berusaha tidur cepat karena merasa tidak sabar untuk melakukan hal yang menyenangkan diesok hari.

Demikianlah 11 Cara Mengatasi anak yang susah tidur dan membuat anak tertidur dengan lelap yang bisa ayah atau bunda coba lakukan untuk mengatasi anak yang susah tidur. Semoga artikel tentang Cara Mengatasi anak yang susah tidur dan membuat anak tertidur dengan lelap bermanfaat untuk anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon