Sunday, 26 March 2017

11 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Mau Makan

Tags
11 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Mau Makan_ Anak adalah buah cinta antara seorang suami dan istri, kehadiran anak ditengah keluarga seolah-olah menjadi penyejuk, penentran dan penyempurnaan kehidupan berkeluaraga. Berusaha yang memberikan hal terbaik untuk anak pasti adalah impian setiap orang tua. Dalam merawat dan membesarkan anak, tak sedikit masalah atau tantangan yang terkadang harus dihadapi oleh orang tua. Salah satu masalah yang lazim ditemukan orang tua dalam merawat anak adalah anak yang susah makan.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Mau Makan

Anak yang susah makan, apalagi anak tersebut masih kecil dan belum pintar menyampaikan kenapa dia tidak mau makan, bisa menjadi masalah tersendiri bagi orang tua. Terlebih-lebih jika yang mengalami kondisi tersebut adalah pasangan keluarga yang baru menikah dan baru memiliki anak pertama. Maka dari itu sebagai orang tua yang bijak sudah semestinya berusaha mencari tahu atau mencari informasi tentang hal yang biasanya menyebabkan anak tidak mau makan.

Setidaknya ada beberapa hal yang kemungkinan menyebabkan anak susah makan atau tidak mau makan sama sekali baik hal tersebut berkaitan dengan keadaan anak tersebut, baik karena jenis makanannya maupun suasana atau kondisi. Hal apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak yang susah makan agar mau makan? berikut ulasannya yang segaja kami rangkum untuk anda.

11 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Mau Makan.

1. Mencari tahu kenapa anak tidak mau makan
Langkah yang paling bijak yang pertam-tama harus dilakukan oleh orang tua jika mendapati anaknya susah makan bukan dengan berusaha melakukan cara agar tersebut mau makan melainkan berusaha mencari tahu terlebih dahulu kenapa anak tersebut tidak mau makan. Setidaknya ada beberapa yang kemungkinan menyebabkan seorang anak tidak mau makan yakni:

a. Anak mengalami sembelit
sembelit adalah kondisi dimana sistem pencernaan mengalami kelainan sehingga tinja mengalami pengerasan. Orang yang mengalami sembelit biasanya akan mengalami rasa sakit pada perut, sembelit juga membuat seseorang tidak mau makan. Jadi jika anak anda tidak mau makan bisa jadi karena anak mengalami sembelit atau anda bisa mencoba mengingat apakah anak anda sudah pernah buang air sebelumnya jika belum bisa jadi anak anda mengalami sembelit. Untuk mengatasi sembelit anda bisa memijat perut anak anda atau menyarankan untuk meminun air yang banyak.

b. Anak belum lapar
Selanjutnya hal yang bisa menjadi penyebab anak susah makan atau tidak mau makan adalah anak belum lapar. Oleh karena itu koordinasi antara suami dan istri serta asisten rumah tangga sangat dibutuhkan karena bisa jadi anak tidak mau makan karena asisten rumah tangga atau bapaknya telah memberi makan sebelumnya.

c. Alergi jenis makanan tertentu
Sebagai orang tua yang cerdas harus pintar menganalisa mana makanan yang baik untuk anak dan mana makanan yang tidak cocok untuk anak. Alergi terhadap jenis makanan tertentu bisa menyebabkan anak tidak mau makan. Gejala alergi terhadap makanan tertentu biasanya ditunjukan dengan munculnya bintik-bintik atau gatal-gatal.

d. Mengalami masalah pencernaan 
Masalah pencernaan bisa menjadi penyebab anak susah makan misalnya saja masalah sariawan, sariawan menyebabkan anak menjadi tidak mau makan karena ketika menguyah makan akan terasa agak sakit, bisa juga disebabkan anak sedang mengalami sakit gigi sehingga makanan yang dikunyahnya membuat giginya semakin sakit terakhir bisa disebabkan oleh radang tenggorokan (panas dalam).

2. Menyajikan makanan favorit anak
Hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak yang susah makan adalah menyajikan makanan favorit kepada anak. Sebagai orang sudah pastinya anda sudah mengetahui mana makanan yang paling disukai anak anda. Jadi jika tiba-tiba anak anda susan makan tidak ada salahnya memasakkan makanan yang menjadi favorit anak anda walaupun membutuhkan biaya yang lebih namun hal tersebut tidak sebanding jika anak anda harus sakit karena tidak mau makan.

3. Menyajikan makanan yang bervariasi
Penyebab anak tidak mau makan juga bisa disebabkan oleh jenis makanan yang disajikan itu-itu saja sehingga anak merasa bosan. Oleh karena itu sebaiknya menu masakan yang disajikan kepada anak bervariasi agar anak menjadi lebih bersemangat untuk makan atau bisa juga menyajikan beberapa jenis menu makanan bagi anak yang bisa dicampur agar nafsu makan anak menjadi bertambah.

4. Menyajikan makanan dengan bentuk atau pola tertentu
Agar nafsu makan anak bisa muncul sehingga kebiasaan susah makan bisa diatasi anda bisa menyajikan makanan dengan pola atau bentuk tertentu misalnya saja telur goreng yang diberi lombok pada bagian tertentu sehingga membentuk gambar orang tersenyum, atau anda mencampurkan nasi, lauk dan sayur sehingga membentuk bintang, bentuk bulan sabit dan lain-lain. Intinya anda bisa membuat bentuk makanan yang menyamai benda yang ia sukai agar membuatnya mau makan.

5. Memberikan contoh kepada anak
Nafsu makan seorang anak juga bisa bertambah ketika melihat orang lain dengan lahap maka dari itu sembari menemani anak anda makan anda juga bisa makan juga dan perlihatkan ekpresi makan dengan lahap agar anak anda lahap makan. Kebiasaan anak sangat dipengaruhi oleh kebiasaan orang tua maka tunjukalnlah kebiasaan yang baik saat makan agar anak anda juga melakukan hal yang sama.

6. Mengajak anak piknik
Biasanya penyebab anak bisa juga disebabkan oleh suasan makan yang membosangkan. Oleh karena itu tidak ada salahnya sekali-kali anda mengajak anak anda untuk camping sambil membawa makanan. Suasana yang baru bisa menjadi pemicu bertambahnya nafsu makan anak apalagi tempat camping anda cukup jauh maka sudah pasti perjalanan yang jauh akan membuat anak menjadi lapar dan ketika makan anak akan makan dengan lahap.

7. Minimalkan gangguan saat anak mau makan
Selanjutnya untuk mengatsi kebiasaan anak yang susah makan adalah dengan memcoba meminimalisir gangguan terhadap anak. Caranya pertama-tama hindarkan semua benda-benda yang bisa membuat konsentrasi anak terpecah atau lebih tepatnya singkirkan telebih dahulu yang bisa memancing perhatian anak untuk menggunakannya shingga anak tidak mau makan misalnya saja, mainan, tayangan televisi, keributan dan lain-lain. Dengan hanya fokus pada makanan anak akan berkonsetrasi untuk makan dan menumbuhkan perasaan untuk mnghargai makanan dalam diri anak.

8. Mencoba menyuap anak.
Salah satu hal yang bisa anda lakukan jika anak anda susah makan adalah dengan memilih untuk menyuapi. dengan menyuapi anak akan muncul ikatan batin antara orang tua dan anak sehingga ketika besar nanti penghargaan anak terhadap orang tuanya lebih besar. Anda bisa mengatakan "Sini ayo makan nanti ibu/ayah suap" dalam menyuap anak anda bisa juga melakukan berbagai agar anak semangat makan misalnya anda mengambil makanan ditangan anda dan mengatakan "pesawat terbang siap mendarat (gerakkan tangan anda seolah sebuah pesawat) siap siap siap (sembari meminta anak membuka mulutnya) dan hoop akhirnya pesawatnya mendarat dengan selamat".

9. Jadikan proses makan menjadi menyenangkan
Agar anak selalu ingin makan dan menganggap waktu makan sebagai waktu yang ditunggu-tunggu maka buatlah proses makan sebagai hal yang meyenangkan bagi anak. Misalnya seperti pada contoh diatas dalam menyuap anak. Sebagai orang tua anda bisa melakukan banyak hal agar makan menjadi hal menyenangkan. Tinggal anda mencoba berpikir kreatif untuk mencari cara yang terbaik agar proses makan anak menjadi menyenangkan.

10. Berikan pujian dan apresiasi kepada anak
Agar anak anda selalu semangat untuk makan adalah dengan menganpresiasi anak ketika makan, misalnya saja anak anda berhasil menghabiskan makanan anda bisa katakan "pintar anak ayah/ibu". Atau ketika anak tidak mau makan sayur anda bisa mengatakan "kalau rajin makan sayur nanti anak ibu/bapak cepat besar dan jadi anak yang sehat dan pintar.

11. Memberitahukan dampak jika anak tidak mau makan
Mungkin ini sebagai cara terakhir dalam mengatasi anak yang susah makan adalah dengan mengatakan "jika anakku tidak mau makan nanti sakit! anakku tidak mau sakitkan? Kalau anakku sakit nanti ibu khawatir! anakku tidak maukan melihat ibu sedih dan khawatir?. Dengan begitu anak anda akan memilih untuk makan agar hal yang tidak baik tidak menimpa dirinya dan orang tuanya.

Demikianlah  11 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Mau Makan yang bisa anda coba lakukan jika anak anda tiba-tiba suah makan. semoga artikel tentang Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Mau Makan bermanfaat. jika anda memiliki cara mengatasi anak susah makan yang belum ada diatas anda bisa menuliskannya di kolom kemantar. terima kasih

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon