Thursday, 9 March 2017

10 Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius

Tags
10 Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius_ Banyak orang tua menginginkan dan berharap anaknya menjadi anak yang pintar dan menjadi juara di sekolah maupun dalam berbagai kegiatan perlombaan. Tapi tidak sedikit orang tua yang menyadari bahwa pintar saja tidak cukup jika ingin menjadi juara dan kelak ketika anak tersebut telah dewasa bisa menjadi orang sukses, memberi banyak manfaat untuk orang lain dan menjadi kebanggaan keluarga. Sebelum kita melanjutkan pembahasan ke topik artikel ada baiknya terlebih dahulu kita ulas apa perbedaan orang yang pintar, orang yang cerdas dan orang yang jenius. Ketiga istilah tersebut memang menjadi gambaran bagi seorang anak yang memiliki kemampuan intelektual (kemampuan kognitif) di atas rata-rata akan tetapi kata pintar, cerdas dan jenius memiliki makna yang berbeda.

10 Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius
10 Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius

Orang pintar adalah orang yang memahami sesuatu hal berdasarkan teori dan aturan yang telah dia pelajari misalkan dalam menyelesaikan masalah biasanya akan terpaku pada pemahaman konsep yang dia ketahui sedangkan orang yang cerdas adalah orang yang menyelesaikan suatu masalah tidak terpaku kepada teori dan konsep yang dia pelajari namun memiliki kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah ,berpikir secara abstrak, memahami gagasan dan memiliki kemampuan kognitif yang tinggi, mampu berpikir secara kritis menggambungkan kemampuan analisa dan logika dalam menyelesaikan masalah dan terakhir orang jenius adalah ungkapan untuk menyebut seseorang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata dalam aspek intelektual, hal tersebut ditunjukan dalam hasil kerja ayang kreatif dan orisinal, selain itu orang yang jenius memiliki sikap individual dan imajinasi yang tinggi, kreatif dan inovatif.

Setelah kita mengetahui apa perbedaan antara anak yang pintar, cerdas dan jenius selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat anak menjadi cerdas dan jenius. dalam artikel ini akan diulas dengan seksama cara/strategi/metode yang bisa anda lakukan dalam mendidik anak anda menjadi pribadi yang cerdas dan jenius. berikut Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius


10 Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius

1. Memberikan ASI (air susu ibu) eksklusif pada anak
Mungkin anda bertanya-tanya apa hubungan antara pemberian asi eksklusif dengan kecerdasan anak. Hubungan sangat erat, tahukah anda bahwa dalam asi (air susu ibu) terdapat 3 zat yang memiliki manfaat yang sangat besar terhadap perkembangan otak dan kecerdasan anak dan bayi yaitu Laktosa, arachidonic acid (AA) dan asam lemak decosahexaenoic acid (DHA). DHA dan AA terbukti dapat membantu meningkatkan penglihatan dan respon motorik pada bayi sedangkan kandungan laktosa berperan penting dalam perkembangan sistem syaraf pusat bayi. Asi juga memiliki kandungan asam lemak dan bioaktif lainnya yang disinyalir sebagai komponen yang berpengaruh dalam perekmbanga mental anak. Dan masih banyak lagi manfaat lain ASI bagi anak yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Oleh karena itu mulailah memberi anak anda ASI eksklusif dan kurangi memberi anak susu instan (susu sapi) karena bagaimanapun anak anda adalah anak manusia bukan anak sapi yang sudah pasti memiliki perbedaan.

2. Menperdengarkan Ayat Suci AL-Quran
Jika beberapa Ahli menyarankan agar memperdengarkan musik kepada anak karena menurut penelitian musik bisa meningkatkan kecerdasan anak namun anda bisa mencoba cara lain dan terbukti ilmiah. Dr Al Qhadi dalam penelitiannya di amerika serikat membuktikan bahwa dengan mendengarkan ayat suci al-quran kepada seseorang baik dia mengerti atau tidak dengan arti ayat al-quran tersebut ternyata dapat meningkatkan kecerdasan termasuk bagi anak yang diperdengarkan al-quran. Menambah kecerdasan, menurunkan depresi./stress dan menghadirkan ketenangan batin bagi yang mendengarnya.

3. Memenuhi kebutuhan gizi anak
Makanan yang di konsumsi anak sangat berperan terhadap kemampuan anak secara keseluruhan baik kemampuan psikis dan intelektual. Oleh karena itu sebaiknya anda memberikan makanan yang memiliki gizi dan nutrisi yang tinggi yang bisa menambah kecerdasan anak. Tak perlu membeli makanan dengan harga yang mahal karena ada begitu banyak makanan yang memiliki gizi, protein, nutrisi yang tinggi dengan harga yang cukup terjangkau. misalkan saja daging, ikan, telur, tempe, tahu dll. Usia anak-anak adalah fase dimana kemampuan otak anak dalam belajar berada dalam periode emas jadi suplai gizi dan nutrisi yang cukup akan berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan anak. 

4. Bermain dengan metode yang efektif
Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius yakni dengan bermain. Bermain adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kebiasaan anak-anak, manfaat bermain bagi anak memang besar mulai dari melatih mental anak, menumbuhkan kreativitas anak dan meminimalisri perasaan stress pada anak, meningkatkan kemmapuan motorik, meningkatkan daya analisa anak, mengembangkan otak kanan anak. Namun dalam memilih permainan sebaiknya memilih jenis permainan yang memiliki nilai edukatif kepada anak, misalkan saja games, tebak-tebakan dan permainan yang mengajak anak untuk melakukan pemecahan masalah. Oleh karena itu sebaiknya anda mulai merubah persepsi terhadap kebiasaan bermain yang biasa dilakukan anak dengan memandang bermain merupakan aktivitas yang tidak memiliki banyak manfaat bagi anak. Tugas anda sebagai guru/orang tua adalah mengarahkan anak dalam memilih permainan yang tepat dan dapat menunjang kecerdasan dan kejeniusan anak.

5. Memupuk rasa ingin tahu anak
Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius adalah memupuk rasa ingin tahu anak. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar apalagi terhadap hal baru. Lihat saja ketika membawa sesuatu ke rumah dan belum pernah anak anda melihat benda tersebut sebelumnya sudah pasti anak anda akan mengajukan pertanyaan terkait benda tersebut seperi "itu apa ibu, benda apa itu dll". Dengan rasa ingin tahu yang besar terhadap banyak hal, sebenarnaya bisa anda maksimlakan rasa ingin tahu anak anda dengan metode atau cara yang tepat. Misalkan saja anak anda bertanya tentang suatu hal baik itu benda atau semacannya, maka sebaiknya anda jangan langsug menjawabnya namun ajukalnlah pertanyaan balik kepada anak anda yang bisa memancing rasa ingin tahunya dan membuat keinginannya untuk segera mengetahui hal tersebut semakin besar, contoh ketika anak anda bertanya dengan peranyaan seperti berikut; " apa itu ibu?" maka jawablah dengan bertanya balik seperti ini "coba tebak benda apa ini?" dengan begitu anak akan mulai melakukan analisa terhadap benda/objek tersebut sehingga bisa membuat anak berpikir kritsi dan analitis.

6. Biarkan anak belajar secara mandiri
Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius adalah memberikan kesempatan anak belajar secara mandiri. Pembelajaran bermakna adalah pembalajaran yang mengarahkan anak untuk menemukan sendiri jawaban dari masalah/tugas yang diberikan kepadanya. Kelebihan pembelajaran yang bermakna adalah ilmu yang didapatkan anak akan lebih kuat melekat dalam ingatan/khazanah pengetahuan anak. Maka dari itu biarkan anak anda berkreasi dan melakukan hal-hal yang baru, menemukan masalah dan memecahkannya sendiri. tugas anda hanya perlu mengarahkan dan membimbing. Anak yang terbiasa bergelut dengan suatu masalah ataupun tugas dan mampu menyelesaikannya secara mandiri akan menumbuhkan daya berpikir anak menjadi lebih cerdas dan jenius.

7. Menumbuhkan rasa percaya diri anak
Kebiasaan sebagian orang tua adalah merasa khawatir ketika melihat anaknya dihadapkan pada masalah yang menantang padahal hal-hal yang menantang bisa menumbuhkan motivasi anak dalam mencari solusi atau jalan penyelesaian. Justru membiasakan anak dalam zona nyaman (kemudahan) akan membuat anak tersebut tidak mampu memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

8. Biarkan anak mengeksplorasi kemampuannya
Pada usia dini orang tua maupun guru masih kesulitan dalam menemukan bakat dan minat yang dimiliki anak. solusi yang tepat mengatasi hal tersebut adalah jangan membiarkan atau membatasi anak hanya fokus melakukan satu hal saja tapi biarkan anak anda bereksplorasi dan memcoba berbgai hal sampai dia menemukan hal yang paling menyenangkan untuk dilakukannya. Hal yang cenderung anak sukai dan terus menerus dia lakukan biasanya merupakan indikasi dari bakat dan minat ada pada hal tersebut, kecerdasan dan kejeniusan anak biasanya berbanding lurus dengan bakat dan minatnya. misalnya saja anak yang jenius dan cerdas menyukai hal yang berbau teka-teki atau pemecahan masalah.

9.  Belajar di alam terbuka
Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius dengan belajar di alam terbuka. Belajar adalah kunci untuk membuat anak menjadi pintar, cerdas dan jenius. jika selama ini anda mengartikan belajar berarti berada di dalam kelas sambil membaca buku atau fokus mendengarkan penjelasan ibu guru atau tinggal seharian dirumah untuk membaca buku maka persepsi tersebut kurang tepat memang hal tersebut bagian dari proses belajar namun makna sebenarnya dari belajar tidak terbatas dalam hal tersebut saja. Belajar melalui pengalaman, penemuan juga merupakan kegiatan belajar bahkan hal tersebut lebih efektif. Anda bisa mengajak anak anda belajar dialam terbuka unutk melihat hal-hal yang baru, menikmati keindahan alam. Selain akan belajar banyak hal anak perasaan gembira dan senang dalam hati anak akan meningkat dan pembelajaran yang berbasis kontektual (nyata) membuat anak menggunakan seluruh kemampuan dalam dirinya untuk belajar mulai dari kemampuan audio, visual dan audio visual secara bersamaan.

10. Memberikan kasih sayang kepada anak
Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius terakhir tahukah anda bahwa suasana keluarga cukup berpengaruh terhadap maksimalnya kecerdasan dan kejeniusan anak. Anak yang berada dilingkungan keluarga yang tidak komunikatif dan acuh tak acuh membuatnya tidak maksimal dalam memngembangkan kemampuannya. Oleh karena itu bangunlah komunikasi yang baik dengan anak anda, berbicara dengan lemah lembut, perhatian dan penuh cinta agar anak anda merasa nyaman berada di rumah. perasaan yang selalu riang gembira akanmembuat pikiran anak lebih tenang dan lebih mudah belajar dan menyerap hal-hal positif yang ada disekitarnya.

Demikianlah 10 Cara Membuat Anak Cerdas Dan Jenius yang sempat penulis sampaikan, sebenarnya masih ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan yang bisa membuat anak menjadi cerdas dan jenius namun keterbatasan ilmu penulisalah yang membuat penulis hanya bisa menulis 10 cara saja untuk saat ini. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon