Monday, 27 February 2017

Lulusan Kampus Swasta Bisa Ikut Program SM3T?

Tags
Lulusan Kampus Swasta Bisa Ikut Program SM3T? _ Program SM3T lahir pada tahun 2011 yang digagas oleh bapak Agus susilohadi dan mendapat respon positif dari menteri pendidikan saat itu yakni Muhammad Nuh. Setelah melalui beberapa pertimbangan akhirnya akhirnya program SM3T mulai bergulir pada tahun 2011.

Kampus Swasta Bisa Ikut Program SM3T?

Pada awalnya program SM3T masih asing dikalangan alumni perguruan tinggi, selain itu informasi yang beredar tentang konsekuensi ketika ikut SM3T cukup berat karena harus mengabdi di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) selama 1 tahun. Hal yang cukup menantang ketika berada di lokasi 3T adalah sarana dan prasarana di beberapa lokasi 3T yang kurang memadai sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi peserta 3T.

Namun seiring berjalannya waktu program SM3T mulai menjadi pilihan alumni fresh graduate (lulusan 3 tahun terakhir) untuk membangun karir. Program SM3T adalah program yang unik dan istimewa, ada banyak keuntungan ketika menjadi peserta SM3T mulai dari gaji yang cukup lumayang (2,5-2,7 juta/bulan) selain itu setelah menyelesaikan pengabdian di lokasi 3T selama 1 tahun, peserta SM3T akan dibiayai oleh pemerintah untuk mengikuti pendidikan profesi guru (PPG).

Dalam kegiatan pendidikan profesi guru alumni SM3T akan mendapat berbagai fasilitas, seperti asrama, gaji/bulan, uang kesehatan, uang untuk membeli buku dan yang paling luar biasa adalah peserta pendidikan profesi guru yang berhasil menyelesaikan endidikan selama satu tahun dan lulus akan mendapat gelar Guru profesional (Gr) dan berhak mendapat tunjangan sertifikasi.

Tidak hanya sampai disitu Alumni SM3T yang telah menyelesaikan pendidikan profesi gurunya juga bisa mendaftar menjadi calon guru garis depan (GGD) dan Guru SILN (sekolah indonesia luar negeri). Masalah gaji jangan dipertanyakan gaji guru GGD sekitar 8 juta menurut informasi yang beredar dan gaji Guru SILN sekitar 15 juta/bulan.

Yang menjadi pertanyaan apakah mahasiswa lulusan dari kampus swasta bisa ikut SM3T? dan jawabanya adalah lulusan atau alumni kampus swasta bisa ikut  program SM3T. Tapi kemungkinan lulusan/alumni kampus swasta yang boleh ikut program SM3T adalah yang kampusnya resmi terdaftar di kemenrisdikti atau lebih tepatnya ijazah mahasiswa lulusan kampus swasta terdaftar disitus kemenrisdikti.

Jadi bagaimana apa anda berminat ikut program SM3T ? jika iya, maka sebaiknya anda mempersiapkan mental dan tenaga karena ikut SM3T sudah pasti akan penuh dengan tantangan namun tantangan-tantangan itulah yang akan menempah anda menjadi orang sukses.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon