Monday, 23 January 2017

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli_ Media berasal dari bahasa latin “medius” yang secara harfiah berarti “tengah”, perantara atau “pengantar”, pesan dari pengirim kepada penerima.  Menurut Gerlach dan Ely (1971) dalam Arsyad (2007 : 3) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi, sehingga membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.

Pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat peraga, sebagai perantara dalam menangkap, memproses, menyusun kembali informasi visual atau verbal.  Sementara itu pengertian lain tentang media dikemukakan beberapa pendapat, dalam (Ahmad Rohani, 2007 : 3) sebagai berikut :
 

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli

#1. Media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang penyebar ide, sehingga ide atau gagasan itu sampai pada penerima (Santosa. S. Hamijaya).

#2. Media adalah channel (saluran) karena pada hakikatnya media telah memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan, mendengar dan melihat dalam batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu, dan dengan media batas-batas itu hampir menjadi tidak ada (Mc Lauhan).

#3. Media adalah medium yang digunakan untuk membawa / menyampaikan pesan, dimana medium ini merupakan jalan atau kilat dengan satu pesan berjalan antara komunikator dengan keunikan (Blacke and Harolsen)

#4. Media adalah segala benda yang dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang digunakan untuk kegiatan tersebut NEA (National Education Association)

#5. Selanjutnya menurut Donald P. Ely & Vernom S. Gerlach mengatakan bahwa media terbagi atas dua bagian yaitu arti sempit, berwujud grafik, foto, alat mekanik chard, yang dapat digunakan untuk menangkap, memproses serta menyampaikan informasi dan arti luas yaitu suatu kegiatan yang dapat menciptakan suatu kondisi sehingga memungkinkan peserta didik dapat  memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap yang baru.

Uraian beberapa pendapat tentang media penulis dapat menarik satu kesimpulan bahwa media adalah segala sesuatu yang berfungsi sebagai alat perantara dalam proses berkomunikasi atau proses belajar mengajar agar lebih mudah untuk dipahami. demikianlah artikel tentang Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon