Tuesday, 31 January 2017

Kuliah Itu Ada Berapa Semester?

Tags
Kuliah Itu Ada Berapa Semester_ Bagi anda yang masih awan dengan dunia kampus atau memiliki niat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pasti masih bingung atau belum sepenuhnya memahami regulasi dari perguruan tinggi misalkan jumlah semester yang mesti dijalani agar bisa selesai kuliah atau berapa tahun yang mesti dijalani untuk menyelesaikan kuliah. 

Baca juga:

Banyak yang sering bertanya atau melakukan pencarian di google untuk mengetahui lamanya menenpuh pendidikan di perguruan tinggi, biasanya mereka mencari di google dengan format pertanyaan "kuliah itu ada berapa semester"?.


Kuliah Itu Ada Berapa Semester?

Berdasarkan pertanyaan netizen maka sengaja saya menulis artikel ini untuk menjawab pertanyaan tentang berapa semester yang mesti dilalui untuk menyelesaikan kuliah. langsung saja kita mulai bahas satu persatu normalnya menyelesaikan suatu studi berdasarkan tingkat gelar yang akan diraih.

Baca juga: 11 Cara Memilih dan Menentukan Judul Skripsi Yang Baik dan Benar

Jumlah semester kuliah berdasarkan gelar yang akan diraih

Diploma Satu (D1) dengan delar Ahli Pratama (AP)
Untuk menyelesaikan kuliah diploma satu biasanya atau normalnya hanya membutuhkan waktu selama 1 tahun (2 semester)

Diploma Dua (D2) dengan gelar Ahli Muda (A.Ma)
Untuk menyelesaikan kuliah diploma dua biasanya atau normalnya hanya membutuhkan waktu selama 2 tahun (4 semester)

Diploma Tiga (D3) dengan gelar Ahli Madya (A.Md)
Untuk menyelesaikan kuliah diploma tiga biasanya atau normalnya hanya membutuhkan waktu selama 3 tahun (6 semester)

Diploma Empat (D4) dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.St)
Untuk menyelesaikan kuliah diploma empat biasanya atau normalnya hanya membutuhkan waktu selama 4 tahun (8 semester)

Strata satu (S1) dengan gelar sesuia dengan jurusan kependidikannya (misalkan gelar bagi sarjana kependidikan S.Pd, gelar bagi sarjana ekonomi S.E)
Untuk menyelesaikan kuliah strata satu biasanya atau normalnya juga membutuhkan waktu selama 4 tahun (8 semester) dan maksimal 7 tahun (14 semester) jika belum bisa menyelesaikan pendidikan selama batas waktu 7 tahun akan otomatis di drop out (DO) dari kampus.

Strata dua (S2) dengan gelar sesuai dengan jurusan kependidikannya (misalkan gelar bagi pascasarjana kependidikan M.Pd)
Untuk menyelesaikan kuliah strata dua biasanya atau normalnya juga membutuhkan waktu selama 2 tahun (4 semester) namun jika anda giat belajar anda bisa menyelesikan kuliah hanya dalam jangka waktu 1 tahun lebih selain itu jangka waktu maksimal adalah 4 tahun (8 semester) jika belum bisa menyelesaikan pendidikan selama batas waktu 4 tahun akan otomatis di drop out (DO) dari kampus.

Strata tiga (S3) dengan gelar Doktor (Dr)
Untuk menyelesaikan kuliah strata tiga biasanya atau normalnya juga membutuhkan waktu selama 3 tahun (6 semester) namun beberapa mahasiswa bisa menyelesaikan pendidikannya hanya dalam jangka waktu 2,5 tahun dan kuliah S3 tidak memiliki batas waktu maksimal, jadi biarpun 10 tahun baru anda bisa menyelesaikan kuliah S3 anda juga tidak apa-apa.

Demikianlah artikel "Kuliah Itu Ada Berapa Semester?". semoga artikel ini bisa menjawab apa yang menjadi pertanyaan dalam benak anda tentang berapa semester yang dibutuhkan dalam menyelesaikan kuliah. Intinya semua tergantung anda! jika anda serius maka kemungkinan anda bisa selesai lebih cepat namun jika anda malas kuliah bisa jadi akan membutuhkan waktu lebih banyak.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon