Saturday, 14 January 2017

5 Syarat Sekolah Yang Diizinkan Tarik Uang SPP

5 Syarat Sekolah Yang Diizinkan Tarik Uang SPP_ Pendidikan gratis yang telah nikmati oleh sebagian besar siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA nampaknya mulai memasuki fase baru, hal tersebut terjadi karena kebijakan beberapa provinsi yang membolehkan sekolah untuk menarik uang SPP dari siswa namun hal yang patut disyukuri bahwa kebijakan tersebut hanya untuk sekolah menengah atas (SMA) dan berlaku dibeberapa provinsi saja. Namun pendidikan gratis yang selama ini digalakkan pemerintah mulai menemui berbagai tantangan dan rintangan.


 5 Syarat Sekolah Yang Diizinkan Tarik Uang SPP

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ‎Muhadjir Effendy mengeluarkan aturan baru. Mulai tahun ini, semua sekolah diizinkan menghimpun dana masyarakat, seperti dari donatur dan alumni, hal itu berarti pendidikan gratis secara kasat mata mulai di kebiri dengan berbagai kebijakan yang mengatasnamakan kemajuan pendidikan. Ditambah lagi dengan semakin meningkatnya biaya hidup membuat beberapa pihak khawatir banyak siswa yang akan putus sekolah karena tidak sanggup membayar biaya sekolah.

Baca juga:

Namun kabar baiknya ialah mendikbud telah memberi batasan atau syarat-syarat sekolah yang bisa melakukan pungutan SPP, hal ini dinilai sangat perlu agar penghimpunan dana bisa terkontrol dan sesuai dengan jalur yang telah disepakati.

Apa saja syarat yang harus dipenuhi sekolah sehingga diperbolehkan menghimpun dana atau memungut pembayaran SPP? berikut Syarat-Syarat Sekolah Yang Diizinkan Tarik Uang SPP.

"5 Syarat Sekolah Yang Diizinkan Tarik Uang SPP"
 

#1. Sekolah dibolehkan menghimpun dana dari masyarakat asalkan tidak memaksa.

#2. Tujuan penarikan dana untuk memperkuat pendanaan sekolah dengan semangat gotong royong.

#3. Resmi dan tidak melanggar undang-undang dan pemanfaatannya untuk pengembangan sekolah serta transparan,".

#4.Kepada alumni yang sudah sukses seperti menteri, pejabat di instansi pemerintah maupun swasta bisa dijadikan donatur karena saatnya mereka memberikan sumbangan bagi adik-adik di sekolahnya dulu.

#5. Jenis pungutan yang ditarik dari masyarakat bukan pungutan liar.

Demikianlah 5 Syarat Sekolah Yang Diizinkan Tarik Uang SPP, semoga dengan kebijakan ini bisa menjadi lokomotif yang akan mendorong kemajuan pendidikan di indonesia dan dapat melahirkan generasi yang berkualitas dan berakhlak.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon