Sunday, 15 January 2017

3 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun 2017

Tags
3 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun 2017_  Pendaftarn mahasiswa tahun 2017 akan segera terbuka, ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftar di kampus yang mereka favoritkan. Namun kadang beberapa calon mahasiswa baru tidak mengetahui jalur pendaftaran mahasiswa serta apa saja kelebihan dari masing-masing jalur pendaftaran mahasiswa tersebut.

3 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun 2017


Bagi anda yang memiliki niat untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi namun belum mengetahui seluk beluk dan jenis-jenis jalur pendaftaran atau penerimaan mahasiswa baru tahun 2017 maka alangkah baiknya anda membaca artikel ini sampai selesai.

Baca juga

Menristekdikti menjelaskan, SNMPTN dan SBMPTN 2017 dilaksanakan dengan landasan konseptual sebagai berikut:
a. Membangun satu kesatuan sistem pendidikan nasional melalui integrasi vertikal pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi;
b. Memberikan pengakuan terhadap semua prestasi akademik siswa  selama menempuh pendidikan menengah sebagai pertimbangan dalam penerimaan mahasiswa baru di PTN;
c. Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh siswa lulusan sekolah menengah yang mempunyai prestasi akademik terbaik di seluruh Indonesia untuk dapat mengikuti pendidikan tinggi program sarjana di seluruh PTN di Indonesia  tanpa diskriminasi;
d. Memberikan peran kepada sekolah menengah untuk ikut bersama-sama dengan PTN dalam proses penerimaan mahasiswa baru;
e. Membangun budaya akademik yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dan edukasi nasional penggunaan teknologi informasi; danf. Sebagai wahana perekat bangsa karena diikuti oleh siswa lintas wilayah di seluruh Indonesia sehingga dalam kampus PTN terbangun komunitas Bhineka.




"3 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun 2017"


Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor Nomor 126 Tahun 2016  tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN, diatur bahwa  Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN meliputi:

#1. Jalur SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri)

Pertama, jalur SNMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa; kelebihan mendaftar melalui jalur SNMPTN adalah jika anda lulus biaya pembayaran SPP berada pada level minimal atau paling murah.

#2. Jalur SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri)

Kedua, SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa; dan kelebihan mendaftar pada jalur SBMPTN adalah biaya SPP akan disesuaikan dengan kemampuan calon mahasiswa, hal itu diketahui melalui wawancara dengan mahasiswa yang terkait namun biaya SPP pada jalur SBMPTN sedikit lebih mahal dari pada jalur SNMPTN

#3. Jalur Mandiri

Ketiga, Seleksi Mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN. pada jalur mandiri biaya pembayaran SPP berada pada tingkat maksimal atau paling mahal.

Jika anda memiliki niat melanjutkan studi di perguruan tinggi alangah baiknya memilih mendaftar melalui jalur SNMPTN namun jika anda belum lulus selanjutnya anda bisa mendaftar lagi  melalui jalur SNMPTN namun jika belum lulus lagi maka jalur terakhir adalah jalur mandiri.


Adapun mengenai jumlah alokasi daya tampung 100 % pada setiap program studi PTN untuk ketiga jalur tersebut, menurut Menristekdikti, distribusinya sebagai berikut: 


SNMPTN paling sedikit  30%; SBMPTN paling sedikit  30%; dan Seleksi Mandiri paling banyak 30%.

“Pelaksanaan seleksi melalui SNMPTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik,” jelas M. Nasir.

Ia menyebutkan,  persyaratan sekolah untuk SMA/SMK/MA dapat mendaftarkan siswanya sebagai berikut: Akreditasi A : 50 % terbaik di sekolahnya;  Akreditasi B : 30 % terbaik di sekolahnya; Akreditasi C : 10% terbaik di sekolahnya; dan Akreditasi lainnya :  5%  terbaik di sekolahnya.

Adapun pelaksanaan  SBMPTN, menurut Menristekdikti, berdasarkan UJIAN TERTULIS dengan bentuk Computer Base Testing (CBT) atau Paper Base Testing(PBT),  atau kombinasi hasil UJIAN TERTULIS DAN UJIAN KETERAMPILAN.

“Untuk ujian berbentuk CBT pada SBMPTN 2017 ditetapkan peningkatan jumlah peserta mencapai 30.000 peserta. Sedangkan untuk jalur Seleksi Mandiri, dilaksanakan sendiri oleh masing-masing PTN setelah pengumuman SBMPTN. Seleksi Mandiri oleh masing-masing PTN salah satunya dengan menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat,” ungkap M. Nasir.

Pelaksanaan Seleksi Mandiri oleh masing-masing PTN, lanjut Menristekdikti,  hanya dilakukan  1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun.

Menristekdikti menambahkan, calon peserta dari kalangan keluarga tidak mampu dapat mendaftar Program Bidikmisi dan harus mendaftar terlebih dahulu sebagai Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu ke laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi

Kemudian, guna menjamin kelancaran dan kemudahan dalam pelaksanaan SBMPTN Panitia telah bekerjasama dengan PT Telkom, Bank Mandiri, dan Bank BNI, serta Bank BTN. Panitia telah mendapat jaminan bahwa  sekolah dan siswa  yang berasal dari daerah-daerah dengan keterbatasan akses, dapat menggunakan jasa outlet Plasa Telkom setempat untuk membantu proses pendaftaran online.

Kepada masyarakat khususnya para calon apabila memerlukan informasi lebih lanjut dapat menggunakan layanan informasi resmi melalui : laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id dan  http://halo.snmptn.ac.id serta call-center 0804 – 1450  450.

Adapun layanan informasi resmi untuk SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.iddan http://halo.sbmptn.ac.id dan call-center 0804 – 1456 – 456. (EN/Humas Kemenristekdikti/ES)


Demikianlah 3 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun 2017 serta beberapa penjelasan penting lainnya, semoga setelah membaca artikel 3 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun 2017 anda bisa mengetahui dan memutuskan mau mendaftar melalui jalur mana dalam seleksi atau penerimaan mahasiswa baru tahun 2017.

Sumber: setkab.go.id

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon