Thursday, 22 December 2016

Resmi Terbuka Pendaftaran Tenaga Kesehatan Program Nusantara Sehat, Silahkan Daftar Disini

Bagi rekan-rekan yang memiliki latar belakang pendidikan dari tenaga kesehatan dan memiliki loyalitas serta kredibilitas dalam bidangnya, serta memiliki niat untuk mengabdi bagi masyarakat maka mungkin inilah kesempatan yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut karena pemerintah sedang membuka perekrutan tenaga profesional melalui program nusantaran sehat di bawah naungan kementrian kesehatan. berikut sedikit ulasan tentang program nusantara sehat, formasi yang disediakan serta jadwal pendaftarannya.


A. Program Nusantara Sehat
Program Nusantara Sehat mengadopsi model Pencerah Nusantara (PN), sebuah inisiatif lintas sektoral yang diprakarsai oleh Kantor Urusan Khusus Presiden RI untuk Millennium Development Goals (KUKP-RI MDGs) dan menggabungkan tenaga kesehatan, masyarakat, sukarelawan, pemerintah, swasta, lembaga swadaya masyarakat dan pemuda dalam upaya bersama memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer di Indonesia, terutama di daerah terpencil. Setelah mencermati model PN serta mengevaluasi program-program yang selama ini sudah dilaksanakan termasuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Team-Based, Kemenkes mengharapkan program Nusantara Sehat dapat menjadi mekanisme efektif untuk memperkuat yankes primer, terutama di daerah-daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan.

Peserta program adalah para tenaga profesional kesehatan dengan latar belakang medis seperti dokter umum, perawat, bidan, ahli gizi, ahli kesehatan lingkungan, analis kesehatan, tenaga kefarmasian, tenaga kesehatan masyarakat yang berusia di bawah 30 tahun dan bersedia mengabdikan dirinya untuk terjun langsung memberikan pelayanan ksehatan kepada masyarakat dan memiliki semangat untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan umum.

Peserta ditetapkan melalui proses seleksi calon berdasarkan resume, tes tertulis dengan esai, wawancara tatap muka, tes psikologi serta Focus Group Discussion (FGD) untuk menilai individu dalam dinamika kelompok. Mereka yang lolos seleksi adalah peserta yang memperlihatkan kemampuan sosialisasi dan berkomunikasi yang baik, memperlihatkan inisiatif dan pengambilan keputusan yang baik, serta berkomitmen terhadap tanggung jawab yang disepakati.

Kemenkes senantiasa mendorong seluruh tenaga kesehatan profesional untuk ikut serta dalam program Nusantara Sehat dengan mendaftarkan diri baik secara online melalui situs resmi Nusantara Sehat atau langsung menemui panitia pendaftaran program yang berada di Kemenkes.

Kesehatan adalah investasi terbaik untuk masa depan bangsa yang lebih cerah. Untuk mewujudkannya maka diperlukan penguatan akses pelayanan kesehatan di daerah. Kementerian Kesehatan mengajak para generasi muda untuk berperan serta memperkuat kesehatan terutama di daerah terpencil melalui program penempatan tenaga kesehatan yang berbasis tim (team based).

Program ini merupakan sebuah upaya peningkatan pelayanan kesehatan mencakup preventif, promotif, dan kuratif dengan melibatkan lima jenis tenaga kesehatan yaitu dokter, perawat, bidan, ditambah dukungan dari dua tenaga kesehatan lainnya seperti tenaga kesehatan gizi, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga analis kesehatan/ahli teknologi laboratorium medik, tenaga kefarmasian dan tenaga kesehatan masyarakat yang akan ditempatkan ke pelosok nusantara.





B. Formasi yang dibutuhkan dalam program nusantara sehat

Lowongan Kerja Tenaga Kesehatan di Program Nusantara Sehat Kemenkes. Kementerian Kesehatan mengundang kembali semua putra putri Indonesia tangguh untuk menjadi tenaga kesehatan melalui Lowongan Kerja Non CPNS Kementerian Kesehatan tahun 2017 sebagai berikut :

Formasi yang dibutuhkan adalah :
Dokter

Dokter gigi
Bidan
Perawat
Tenaga Kesehatan Masyarakat
Tenaga Kesehatan Lingkungan
Ahli Tehnologi Laboratorium Medik
Tenaga Kefarmasian
Tenaga Gizi

C. Persyaratan Pendaftaran  

Warga Negara Indonesia (WNI)
Usia maksimal 35 tahun untuk dokter dan dokter gigi, 30 tahun untuk tenaga kesehatan lainnya
Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain pemerintah/swasta dan tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri
Belum menikah, dan bersedia tidak menikah selama 6 bulan masa penugasan
Sehat jasmani rohani
Bebas narkoba
Berkelakuan baik
Wajib memiliki STR yang masih berlaku (Surat Keterangan STR yang sedang diproses tidak berlaku/tidak diterima)
Bersedia ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan

File-file yang harus diupload saat pendaftaran :

Pas Foto
Scan Ijasah
Scan STR yang masih berlaku
Scan KTP
Scan Kartu Keluarga
Sertifikat pelatihan

Semua file yang diupload harus kurang dari 250kb. **Bagi peserta yang sudah pernah mengikuti proses pendaftaran pada periode yang lalu, akun masih dapat digunakan dan apabila lupa password dapat mengakses menu lupa password pada saat login.
D. Jadwal Pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 18 Januari 2017.
Bagi peserta yang sudah pernah mengikuti proses pendaftaran pada periode yang lalu, akun masih dapat digunakan dan apabila lupa password dapat mengakses menu lupa password pada saat login.
Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi HALO KEMKES : Telp : (021)500567, Fax : 021-52921669
Rekrutmen Peserta Nusantara Sehat ini tidak dipungut biaya.
sumber: cpns.link E. Tata Cara Pendaftaran
Bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan, silakan melakukan pendaftaran secara online pada laman resmi Nusantara Sehat di bawah ini 


Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon