Saturday, 24 December 2016

Kelebihan penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran

Kelebihan penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran _Saat ini, berbagai program aplikasi telah tersedia untuk mendukung pembuatan bahan ajar atau pembuatan media yang berbasis multimedia terutama bahan ajar atau media multimedia interaktif salah satunya adalah media presentasi berupa Microsoft office power point. Sebenarnya, hampir semua jenis media pada dasarnya dibuat untuk disajikan atau dipresentasikan kepada sasaran. Yang membedakan antara media presentasi dengan media pada umumnya adalah bahwa pada media presentasi pesan/materi yang akan disampaikan dikemas dalam sebuah program komputer dan disajikan melalui perangkat alat saji (proyektor). Pesan/ materi yang dikemas bisa  berupa teks, gambar, animasi dan video yang dikombinasi dalam satu kesatuan yang utuh.

Pada dasarnya media presentasi yang menggunakan program komputer ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari media transparansi yang disajikan melalui OHP. Berbeda dengan transparansi OHP tidak bisa menampilkan unsur audio visual, maka media presentasi dengan program komputer ini, kita bisa menampilkan unsur audio-visual dalam pembelajaran. Berkat  keefektifannya dalam menyajikan pesan, maka  saat ini media presentasi banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran.  Tentu saja ini bukan berarti bahwa media presentasi merupakan media yang paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.


Kelebihan dan kelemahan media presentasi
 

Kelebihan media presentasi
a. Dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video sehingga lebih menarik
b. Dapat menjangkau kelompok banyak
c. Tempo dan cara penyajian bisa disesuaikan
d. Penyajiannya masih bisa bertatap muka
e. Dapat digunakan secara berulang-ulang

Kelemahan media presentasi

a. Ketergantungan arus listrik sangat tinggi
b. Media pendukungnya harganya relatif mahal karena harus ada komputer dan LCD
c. Penggunaan media ini sangat tergantung pada penyaji materi.
d. Masih sangat terbatas guru yang mampu membuat media presentasi

Program Power Point salah satu software yang dirancang khusus untuk mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, mudah dalam penggunaan dan relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data (data storage).

Microsoft Power Point 2003 merupakan program aplikasi presentasi yang sangat populer dan paling banyak digunakan saat ini untuk berbagai kepentingan presentasi, baik pembelajaran, presentasi produk, meeting, seminar, lokakarya dan sebagainya. Dengan menggunakan power point 2003 kita dapat membuat presentasi secara professional dan dan jika perlu hasil presentasi dapat dengan mudah ditempatkan diserver web sebagai halaman web untuk diakses sebagai bahan pembelajaran atau informasi lainnya. Microsoft Power Point 2003 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Program ini menjadi lebih mudah untuk membuat dan menggunakannya dengan fasilitas integrasi ke internet menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu program Power Point 2003 ini dapat diintegrasikan dengan Microsoft yang lainnya seperti Word, Excel, Acces dan sebagainya.
 

Manfaat program Power Point
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena Microsoft Power Point akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang mudah ditampilkan di layar monitor komputer.

Manfaat program Power Point
a. Materi pembelajaran akan menjadi lebih menarik.
b. Penyampaian pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
c. Materi pembelajaran disampaikan secara utuh, ringkas, dan cepat melalui pointer-pointer materi.

Dilihat dari kaidah pembelajaran, meningkatkan kadar hasil belajar yang tinggi, sangat ditunjang oleh penggunaan media pembelajaran. Melalui media potensi indera peserta didik dapat diakomodasi sehingga kadar hasil belajar akan meningkat. Demikianlah Kelebihan penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon