Tuesday, 1 November 2016

Formasi CPNS Guru Garis Depan (GGD) Hanya Untuk Alumni Sm3t?

Tags
Formasi CPNS Guru Garis Depan (GGD) Hanya Untuk Alumni Sm3t?
Guru Garis Depan (GGD) adalah suatu Program dari Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta pemerintah daerah dalam memeratakan pelayanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, yang utama dalam hal mendistribusikan guru-guru. dan biasanya akan didistribusikan ke daerah-daerah terpencil yang tujuannya adalah pemerataan pelayanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Pelaksanaan program guru gari depan juga tak lepas dari komitmen pemerintah untuk membangun indonesia mulai dari daerah yang terluar.
Formasi CPNS Guru Garis Depan (GGD) Hanya Untuk Alumni Sm3t?
Guru Garis Depan
Gaji Guru Garis Depan (GGD) bisa mencapai Rp. 8 Juta perbulan, dan pemerintah sendiri juga menjamin kelayakan gaji mereka, karena mereka mengajar di daerah yang sulit terjangkau atau pedalaman Indonesia. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk mendaftar CPNS Guru Garis depan (GGD) mengingat banyaknya fasilitas yang akan diteriman oleh Guru Garis Depan nantinya, namun menjadi guru garis depan tidak lepas dari tantangan yang akan menguji mental para guru garis depan nantinya, mulai dari harus berpisah dari keluarga dan orang-orang yang disayang serta harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat pengabdian, mungkin hal tersebut tidaklah mudah, terutama harus berpisah dari keluarga akan tetapi menjadi guru garis depan adalah tugas mulia serta hanya orang-orang yang memiliki semangat dan tekad besar yang mau mendedikasikan diri untuk mencerdaskan bangsa, yang mau memilih jalan ini.

Formasi CPNS guru garis depan tiap tahun semakin bertambah dan memberi peluang lebih besar bagi yang berminat manjadi guru garis depan (GGD) untuk lulus seleksi. Akhirnya Banyak pertanyaan yang muncul mengatakan bahwa " siapakah yang bisa mendaftar menjadi guru garis depan (GGD) ?, Apakah orang yang telah kuliah pendidikan profesi guru (PPG) juga bisa mendaftar menjadi Guru Garis Depan meskipun tidak pernah ikut Sm3T?

Adapun persyaratan untuk mendaftar menjadi Guru Garis Depan (GGD) adalah sebagai berikut: 

Syarat mengikuti Program Guru Garis Depan;
1. Harus Lulusan dari LPTK (lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
2. Mengikuti Program sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T)
3. Pengabdian selama 1 tahun di daerah 3T atau pedalaman Indonesia
4. Mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pasca SM3T yang berasrama selama 1 tahun
5. Lulus Tes Ujian Tulis LPTK(UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN) untuk mendapatkan Serfifikat Pendidik.
6. Mengikuti tes CPNS formasi Khusus SM3T, Jika lulus maka langsung dinobatkan Sebagai Guru Garis Depan.

Berdasarkan persyaratan tersebut sudah dapat dipastikan bahwa yang berhak ikut CPNS guru garis depan hanya alumni SM3T yang telah mengikuti pendidikan profesi guru serta lulus LPTK dan UTN dan mendapatkan sertifikat pendidik. hal tersebut wajar jika hanya alumni Sm3t yang bisa mendaftar guru garis depan karena alumni sm3t sudah mengetahui bagaimana gambaran menjadi guru di daerah terpencil karena telah melalui masa pengabdian mengajar selama satu tahun di lokasi 3T.
#Formasi CPNS Guru Garis Depan (GGD) Hanya Untuk Alumni Sm3t?

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon