Dampak Positif dan Negatif Penghapusan Ujian Nasional

Dampak Positif dan Negatif Penghapusan Ujian Nasional_ Wacana penghapusan sistem ujian nasional yang digagas oleh menteri pendidikan dan kebudayaan bapak Mudhajir efendy tinggal menunggu intruksi presiden (Inpres). Kebijakan penghapusan ujian nasional memang bukan hal baru lagi,  karena dalam era pemerintahan sebelumnya, kontroversi tentang perlu atau tidaknya ujian nasional selalu menjadi hal yang selalu diperdebatkan oleh berbagai kalangan civitas akademik. Selama ini memang pelaksanaan ujian nasional salah satu tujuannya adalah sebagai tolak ukur pemetaan pendidikan diindonesia namun jika ujian nasional dihapus bagaimana cara pemerintah dalam memetakan pendidikan di indonesia?
Dampak Positif dan Negatif Penghapusan Ujian Nasional

Hal yang juga menjadi pro dan kontra ujian nasional selama ini adalah ujian nasional menjadi salah satu penentu kelulusan siswa, sehingga banyak siswa yang mengalami tekanan psikologis ketika dihadapkan pada ujian nasional. bahkan selama ini banyak kasus yang negatif karena efek adanya ujian nasional.

Baca juga:  
Hal yang sudah pasti terjadi jika ujian nasional dihapus tentunya akan memberikan dampak positif dan negatif bagi dunia pendidikan namun sebelum membahas dampak positif dan negatif penghapusan ujian nasional, sebenarnya ujian nasional juga memiliki beberapa manfaat, berikut 5 manfaat dari ujian nasional:

1. Penetapan mutu satuan dan atau program pendidikan di seluruh Indonesia,
2. Seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau berikutnya, 
3. Pertimbangan penentuan kelulusan peserta didik dari satuan dan atau program pendidikan,
4. Pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan dan atau program pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan untuk mencapai tingkat kelulusan tertentu, dan
5. Perbaikan sarana dan prasarana untuk guru, laboratorium, perpustakaan, tenaga kependidikan dan keperluan sekolah lainnya.

Jika ujian nasional dihapus maka beberapa manfaat ujian nasonal yang selama ini menjadi standar dan patokan dalam menentukan kebijakan lain akan sedikit bias. oleh karena itu pemerintah diharapkan memiliki solusi lain yang bisa menjadi alternatif sehingga penghapusan ujian nasional tidak terlalu memberi efek terhadap dunia pendidikan.

Dampak positif dan negatif penghapusan ujian nasional 

A. Dampak positif penghapusan ujian nasional

1. Beban psikologis siswa berkurang
Dengan dihapusnya kebijakan ujian nasional, siswa tak terlalu terbebani untuk belajar yang melebihi proporsinya, toh selama ini ketika ujian nasional sudah dekat siswa dituntut untuk belajar ekstra. siswa harus mengorbankan hal yang cukup urgent untuk belajar dan belajar hanya demi target bisa lulus ujian nasional. Frekuensi belajar yang tidak lazim dan cenderung dipaksakan justru akan membuat pelajaran sulit untuk dipahami serta akan berdampak negatif terhadap psikologis siswa.

2. Menghadirkan rasa keadilan siswa di indonesia
Hal yang sangat tidak bijaksana dalam pelaksanaan ujian nasional adalah siswa diseluruh indonesia diberikan soal yang sama secara nasional. padahal jika dilihat secara kasat mata pemerataan pendidikan di indonesia belum sepenuhnya terealisasi dan sekolah-sekolah yang ada hanya 30% yang berada di atas standar nasional. hal tersebut memunculkan rasa ketidakadilan bagi siswa dengan sarana dan prasarana serta tenaga pendidik yang masih sangat memprihatinkan karena mereka harus bersaing dan menjawab soal yang sama dengan siswa yang berada di perkotaan dengan fasilitas pendidikan yang layak dan berstandar nasional

3. Meminimalisir pemahaman yang keliru tentang makna belajar
Hal yang menjadi rahasia umum lagi adalah terkadang seorang anak, orang tua dan masyarakat mengukur kemampuan seorang anak berdasarkan prestasi akademik yang diraihnya. lulus ujian nasional menjadi acuan anak tersebut dikatakan berprestasi atau tidak. hal ini justru menimbulkan pemahaman yang keliru tentang makna belajar karena hakikat belajar adalah membuat seorang anak menjadi lebih memahami hal yang baik dan salah. sebagian orang tua juga menjadikan ujian nasional yang diraih anaknya sebagai sebagai acuan anaknya layak untuk melanjutkan sekolah atau tidak.

B. Dampak negatif penghapusan ujian nasional

1. Motivasi belajar siswa berkurang
Tak dapat dipungkiri bahwa pelaksanaan ujian nasional selama ini justru berefek pada meningkatnya semangat belajar siswa selain memiliki target untuk lulus ujian nasional  sebagian dari mereka juga menganggap ujian nasional sebagai ajang rivalitas untuk melihat siapa yang terbaik. Dan seperti yang kita ketahui bahwa mental sebagian anak-anak indonesia memang butuh dipaksa agar bisa berprestasi, jadi ujian nasional juga sebagai wadah yang melecut semangat siswa untuk belajar dan berprestasi.

2. siswa akan menjadi acuh tak acuh untuk belajar
Salah satu dampak negatif penghapusan ujian nasional adalah sebagian siswa akan menjadi acuh tak acuh untuk belajar. dimana pada saat pelaksanaan kebijakan ujian nasional pun masih ada siswa yang malas belajar dan menganggap belajar sebagai hal yang tidak penting apalagi jika ujian nasional dihapus. Memang peranan ujian nasional selama ini adalah memunculkan rasa khawatir tersendiri bagi yang memancing siswa untuk lebih giat belajar.

3. Anak-anak akan sulit mengetahui potensi dalam dirinya
Ujian nasional selain yang berfungsi sebagai standarisasi nasional untuk mengetahui kemampuan siswa dalam skala nasionalselain itu ujian nasional  juga menjadi tolok ukur tersendiri bagi siswa untuk mengukur kemampuan dirinya. melalui hasil yang diraih melalui ujian nasional siswa akan memahami kemampuan serta potensi yang dimilikinya. akan tetapi ketika ujian nasional dihapus siswa akan kesulitan mematakan kemampuan dalam dirinya dalam menentukan pilihan dalam studi ditingkat pendidikan selanjutnya.

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Penghapusan Ujian Nasional"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close